Tanya Jawab (FAQ) seputar Pendaftaran CPNS di SSCN BKN 2019 — Pertanyaan Umum (FAQ – Frequently Asked Questions), Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Pendaftaran CPNS di SSCN BKN, Masalah dan Solusi Terkait Pendaftaran CPNS di SSCN BKN, Tanya Jawab tentang CPNS.

Informasi yang disampaikan kali ini berjudul Tanya Jawab (FAQ) seputar Pendaftaran CPNS di SSCN BKN 2019 – 2020. Dengan adanya isu ini mudah-mudahan sanggup menjadi penyelesaian atau pencerah untuk anda yang mengalami kebingunan dalam melakukan registrasi CPNS di SSCN BKN. Langsung saja baca pertanyaan dan respon seputar Pendaftaran CPNS di SSCN BKN berikut ini.

 Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Pendaftaran CPNS di SSCN BKN Tanya Jawab (FAQ) seputar Pendaftaran CPNS di SSCN BKN 2021 - 2022

Ketika melakukan pendaftaran CPNS di SSCN BKN, mungkin ada sebagian orang yang mengalami kesusahan atau risau mengenai pengisian data dan problem yang mungkin terjadi.

Nah, disini akan turut membagikan contoh-contoh pertanyaan lazim yang sering timbul terkait registrasi CPNS di SSCN BKN. Informasi ini dikutip eksklusif dari situs resmi SSCN BKN.

Contoh dari pertanyaan dan respon berikut dikehendaki dalam menjadi penyelesaian atau pencerah untuk anda yang mengalami problem tersebut. Langsung saja baca dan ketahui di bawah ini.


A. Tanya Jawab (FAQ) seputar Pendaftaran

1. Apakah SSCN itu?

2: Apakah SSCASN itu?
  • SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara yakni situs resmi registrasi ASN secara nasional selaku pintu registrasi pertama seleksi ASN ke seluruh instansi baik Pusat maupun Daerah dan dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara RI selaku Panitia Seleksi Penerimaan Nasional. SSCASN sanggup diakses dengan alamat https://sscasn.bkn.go.id
3. Bagaimana cara mendaftar Seleksi CPNS?
  • Untuk mendaftar Seleksi CPNS, silahkan masuk ke halaman https://sscn.bkn.go.id
4. Siapa saja yang sanggup mendaftar pada Seleksi CPNS?
  • Warga Negara Indonesia yang berminat dan menyanggupi syarat sesuai peraturan masing-masing instansi (Formasi, Jabatan, dll) selama batas usia yang dipersyaratkan terpenuhi.
5. Bagaimana kalau data Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), Nama Lengkap sesuai KTP, Tempat Lahir sesuai KTP, Tanggal Lahir sesuai KTP saya tidak didapatkan / tidak cocok di halaman Akun?
  1. Pendaftar mengontak Dinas Dukcapil Kab/Kota masing-masing untuk konsolidasi data dan
  2. Menghubungi call center Halo Dukcapil, dengan mengantarkan data sesuai format berikut:
    • NIK
    • Nama_Lengkap
    • Nomor_Kartu_Keluarga
    • Nomor_Telp
    • Permasalahan
Layanan Helpdesk Ditjen Dukcapil:
  • Hotline : 1500537
  • WA : 08118005373
  • SMS : 08118005373
  • Email : callcenter.dukcapil@gmail.com
6. Bagaimana pengisian data “Nama” yang benar?
  • Nama” yang diisikan yakni sesuai nama yang tertera pada ijazah tanpa gelar.
7. Bagaimana apabila saya salah memasukkan “Nama” identitas saya?
  • Identitas “Nama” tidak sanggup diubah setelah klik “Akhiri Pendaftaran” dihalaman di SSCN, tetapi sanggup diperbaiki di saat Anda sudah lulus seleksi CPNS dengan melampirkan “Nama” yang tepat pada ijazah tanpa gelar.
8. Apakah saya sanggup melamar lebih dari 1 (satu) jabatan?
  • Untuk formasi CPNS tahun 2019, setiap pelamar CPNS HANYA sanggup mendaftar 1 (satu) formasi jabatan pada 1 (satu) instansi dalam 1 (satu) kali periode pendaftaran.
9. Apakah yang dimaksud dengan periode pendaftaran?
  • Periode registrasi yakni satu kurun waktu tertentu dimana beberapa instansi yang membuka registrasi pada periode yang bersamaan.
10. Apa yang dimaksud dengan formasi khusus?
  • Formasi khusus yakni formasi lain yang dikelola sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2019 yaitu:
    1. Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat “Dengan Pujian”/Cumlaude;
    2. Diaspora;
    3. PenyAndang Disabilitas;
    4. Putra/Putri Papua dan Papua Barat; dan
    5. Tenaga Pengamanan Siber (cyber security).
11. Bagaimana kalau arahan Captcha tidak terbaca atau tidak tampil?
  • Lakukan clear history (bersihkan riwayat dan cookies) kemudian refresh browser Anda.
12. Bagaimana kalau data tempat lahir saya tidak ada di referensi?
  • Data tempat lahir yang dipakai hingga pada Daerah Tingkat II (Kab/Kota) pada di saat Anda lahir dan bukan data wilayah pemekaran di saat ini. Pastikan data tempat lahir yang Anda ketikkan benar. Jika masih memerlukan penambahan acuan maka sanggup melakukan ajakan penambahan data tempat lahir dengan menuju ke halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn
13. Setelah melakukan registrasi akun SSCN 2019, apakah sanggup eksklusif login untuk melanjutkan pengisian biodata pendaftaran?
  • Setelah melakukan registrasi akun SSCN 2019, maka Anda sanggup eksklusif melakukan pengisian biodata registrasi dengan login menggunakan NIK serta password yang sudah dibentuk di halaman akun.
14. Dapatkah saya merubah / membatalkan instansi yang sudah saya pilih?
  • Anda sanggup merubah instansi yang sudah Anda pilih selama Anda belum mengklik tombol “Akhiri Pendaftaran”. Apabila Anda sudah menyelesaikan pendaftaran, Anda tidak sanggup melakukan pergeseran kembali.
15. Apakah instansi yang ingin saya lamar menawarkan lokasi test di wilayah saya?
  • Silahkan mengontak instansi yang Anda lamar untuk menegaskan lokasi test.
16. Bagaimana kalau timbul isu “NIK sudah terdaftar” di saat menghasilkan akun pendaftaran?
  • Silahkan jalan masuk halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn kemudian pilih santapan “NIK didaftarkan orang lain” dan lengkapi form isian yang tersedia.
17. Bagaimana kalau Perguruan Tinggi saya tidak tersedia di referensi?
  • Silahkan jalan masuk halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn kemudian pilih santapan “Perguruan Tinggi Tidak Ditemukan” dan lengkapi form isian yang tersedia.
18. Bagaimana kalau Program Studi saya tidak tersedia di referensi?
  • Silahkan pilih “Lain-lain” di kolom agenda studi, kemudian teruskan registrasi ke tahap selanjutnya.
19. Bagaimana cara menganalisa lowongan isu yang tersedia?
  • Silahkan jalan masuk halaman SSCN di https://sscn.bkn.go.id dan kemudian pilih santapan Layanan Informasi -> Info Lowongan kemudian lengkapi form isian yang dibutuhkan.
20. Apa yang dimaksud dengan masa sanggah?
  • Masa sanggah yakni waktu pengajuan sanggah yang diberikan terhadap pelamar untuk melakukan sanggahan terhadap pengumuman hasil seleksi tata kelola dan waktu respon sanggah oleh instansi untuk memverifikasi kembali kesesuaian tolok ukur lazim dan khusus yang ditetapkan Instansi dengan dokumen tolok ukur yang diajukan pelamar hingga dengan penetapan keputusan sanggah.
21. Apakah pelamar sanggup mengajukan sanggahan?
  • Apabila setelah dijalankan pengumuman seleksi tata kelola terdapat pelamar yang keberatan terhadap hasil keputusan Instansi, pelamar sanggup mengajukan sanggahan paling usang 3 (tiga) hari kalender setelah pengumuman hasil seleksi administrasi.
22. Kapan deadline pengumuman ulang Instansi setelah masa sanggah?
  • Apabila pelamar sanggup pertanda bahwa dokumen tolok ukur yang sudah diunggah / disampaikan sudah sesuai dengan tolok ukur lazim dan khusus yang diputuskan oleh instansi, instansi wajib memberitahu ulang hasil seleksi tata kelola paling usang 7 (tujuh) hari kalender setelah berakhirnya waktu pengajuan sanggah.
  • Dengan catatan, dokumen tolok ukur yang dipakai untuk sanggahan, yakni data pelamar di saat permulaan mendaftar di SSCN 2019.
23.  Bagaimana cara pelamar sanggup melakukan sanggahan?
  • Anda sanggup melakukan sanggahan pada halaman SSCN di https://sscn.bkn.go.id setelah pengumuman selekasi Administrasi.
B. Tanya Jawab (FAQ) seputar Persyaratan
1. Berapa batas usia Pelamar CPNS Tahun 2019?
  • Saat mendaftar batas usia pelamar CPNS Tahun 2019 minimal 18 tahun dan optimal 35 tahun atau optimal 40 tahun bagi pelamar yang melamar jabatan Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis.
  • Dosen, Peneliti, dan Perekayasa yang memiliki kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor) sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2019.
2. Apakah diperbolehkan menggunakan Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk pendaftaran?
  • Surat Keterangan Kependudukan sanggup dipakai untuk tolok ukur melamar CPNS Tahun 2019.
3. Apakah diperbolehkan menggunakan Surat Keterangan Lulus dari Universitas untuk pendaftaran?
  • Silahkan cek syarat registrasi pada masing-masing Instansi yang membuka registrasi SSCN 2019.
4. Apakah diperbolehkan mendaftar kembali menjadi CPNS kalau sudah pernah mengundurkan diri dari CPNS?
  • Calon PNS yang mengundurkan diri pada di saat menjalani masa percobaan sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, dikenakan hukuman tidak sanggup mengikuti seleksi pengadaan PNS untuk periode selanjutnya.
5. Apakah diperbolehkan memutuskan formasi yang lebih rendah dari ijazah yang saya miliki?
(Misal: Saya memiliki ijazah S2 untuk melamar formasi S1)
  • Gunakan ijazah untuk melamar sesuai dengan formasi dan kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan.
6. Apakah ada kontak yang sanggup saya hubungi kalau ada problem dengan STR saya?
Helpdesk KFN (Komite Farmasi Nasional) :
  • Jalan H.R. Rasuna Said Blok X 5 Kav. 4-9, Jakarta 12950
  • Telp: (021) 5201590, ext.5809
  • Email: sekretariat.kfn@gmail.com
Helpdesk KKI (Konsil Kedokteran Indonesia) :
  • Whatsapp: 081113102210 / 081113102211
  • Telp: (021) 31923193
  • Instagram: @official.kki
  • Twitter: @kkigoid
  • Email: inamc@kki.go.id
Helpdesk KTKI (Komite Tenaga Kesehatan Indonesia) :
  • Whatsapp: 087787214141
  • Email: helpdesk.ktki@kemkes.go.id
C. Tanya Jawab (FAQ) seputar Perbaikan Data
1. Apakah Akreditasi Jurusan yang dipakai di saat mendaftar yakni status pengakuan pada di saat pelamar lulus atau pengakuan di saat ini?
  • Akreditasi yang diakui yakni status pengakuan yang tertera pada di saat kelulusan sesuai dengan tanggal ijazah.
2. Apakah ada tolok ukur khusus lainnya?
  • Setiap instansi memiliki tolok ukur khusus. Untuk itu pelamar diwajibkan mengerti secara cermat dan teliti sebelum menetapkan mendaftar atau memutuskan formasi.
3. Apakah boleh memperbaiki data kalau sudah klik “Akhiri Pendaftaran” di halaman Resume?
  • Anda TIDAK DAPAT memperbaiki data kalau sudah klik “Akhiri Pendaftaran” di halaman Resume. Untuk itu Anda mesti BERHATI-HATI dalam mengisi data. Namun demikian, apabila ternyata masih terdapat data yang perlu diperbaiki setelah terkirim maka data tersebut sanggup diperbaiki setelah lulus ujian dan akan diproses pada waktu pemberkasan penetapan NIP.
4. Bagaimana cara merubah opsi instansi pendaftaran?
  • Selama Anda belum klik “Akhiri Pendaftaran” di halaman Resume Anda masih sanggup merubah opsi instansi yang dilamar. Namun, kalau Anda sudah klik “Akhiri Pendaftaran” maka TIDAK DAPAT MELAKUKAN PERUBAHAN opsi instansi yang dilamar.
D. Tanya Jawab (FAQ) seputar Pencetakan Kartu
1. Bagaimana kalau hasil cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2019 tidak cocok dengan isian?
  • Lakukan clear history/bersihkan riwayat pelacakan, cache, cookies kemudian refresh browser Anda.
2. Bagaimana cara mencetak ulang Kartu Informasi Akun SSCN 2019?
  • Silahkan login ke halaman https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan password yang sudah Anda buat, kemudian tekan tombol Cetak Kartu Informasi Akun.
3. Bagaimana kalau Kartu Pendaftaran SSCN 2019 saya hilang?
  • Silahkan login ke halaman https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan password yang sudah Anda buat, kemudian tekan tombol Cetak Kartu Pendaftaran.
E. Tanya Jawab (FAQ) seputar Dokumen
1. Bagaimana cara unggah dokumen persyaratan?
  • Pastikan ukuran file dan jenis file yang hendak di unggah tidak melampaui dari batas-batas masing masing dokumen yang dipersyaratkan di SSCN. Apabila melampaui dari batas-batas ukuran yang ditetapkan, maka secara otomatis file atau dokumen yang Anda unggah akan ditolak oleh sistem.
2. Bagaimana kalau saya gagal unggah dokumen persyaratan?
  • Silahkan refresh halaman dan tentukan ukuran file dan jenis file yang hendak di unggah tidak melampaui dari batas-batas masing-masing dokumen yang dipersyaratkan dalam aplikasi SSCN.
3. Dokumen apa saja dan berapa ukuran dan tipe file yang diunggah?
Scan Pas Foto berlatar belakang merah optimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg.
  • Scan Swafoto optimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg.
  • Scan KTP optimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg.
  • Scan Surat Lamaran optimal 300 Kb bertipe file pdf.
  • Scan Ijazah + Serdik/STR optimal 800 Kb bertipe file pdf.
  • Scan Transkrip Nilai optimal 500 Kb bertipe file pdf.
  • Scan Dokumen Pendukung yang lain optimal 800 Kb bertipe file pdf.
4. Bagaimana agar proses unggah dokumen sanggup lebih cepat?
  • Bersihkan riwayat pelacakan, cache, cookies, gunakan koneksi internet yang stabil, space bandwith yang cukup sehingga dalam pengantaran file atau berkas tidak mengalami kendala.
5. Saya sudah melamar secara online, apakah perlu mengantarkan berkas fisik untuk seleksi administrasi?
  • Berkas fisik untuk seleksi admin tergantung pada keperluan masing-masing instansi. Untuk itu amati pengumuman dari masing-masing instansi.
6. Apakah saya sanggup merubah dokumen yang sudah saya unggah?
  • Dokumen yang sudah diunggah masih sanggup diganti selama Anda belum klik “Akhiri Pendaftaran”.
F. Tanya Jawab (FAQ) seputar Koneksi
1. Bagaimana kalau Portal Pendaftaran yang diakses lambat atau tidak sanggup diakses?
  • Pastikan koneksi internet Anda dalam keadaan stabil dan layanan internet yang dipakai memiliki cukup bandwidth. Serta browser yang dipakai yakni yang terbaru.
2. Bagaimana kalau di saat pengisian registrasi koneksi terputus?
  • Pastikan Koneksi internet yang dipakai dalam keadaan stabil. Refresh ulang browser yang digunakan. Login kembali kalau diperlukan, kemudian ulangi proses pendaftaran.
G. Tanya Jawab (FAQ) seputar Login
1. Bagaimana kalau saya lupa password login ke Pendaftaran SSCN?
  • Silahkan jalan masuk halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn kemudian pilih santapan “Reset Password Akun SSCN” dan lengkapi form isian yang tersedia.
2. Bagaimana kalau saya lupa Jawaban Pengaman-1?
  • Silahkan jalan masuk halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn kemudian pilih santapan “Lupa Jawaban Pengaman 1” dan lengkapi form isian yang tersedia.
3. Bagaimana kalau saya lupa Jawaban Pengaman-2?
  • Silahkan jalan masuk halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn kemudian pilih santapan “Lupa Jawaban Pengaman 2” dan lengkapi form isian yang tersedia.
H. Tanya Jawab (FAQ) seputar Aduan
1. Bagaimana kebijakan penambahan nilai SKB untuk formasi jabatan Guru yang memiliki Sertifikasi Pendidik?
  • Pelamar pada formasi jabatan Guru yang memiliki Sertifikasi Pendidik sesuai dengan jabatan guru yang dilamar (linier), yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama, akan diberikan nilai optimal SKB.
2. Apakah saya diperbolehkan mengundurkan diri kalau sudah dinyatakan lulus tahap final dan mendapat NIP?
  • Boleh, tetapi Anda tidak diperbolehkan mendaftar Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil pada periode selanjutnya.
3. Bagaimana menganalisa status tiket pengaduan yang sudah diajukan ke halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn?
  • Silahkan jalan masuk halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn pada santapan “Cek Status Pengaduan” kemudian masukkan kembali nomor tiket Anda.
4. Bagaimana kalau saya ingin mengontak Call Center Instansi yang saya lamar?
  • Silahkan jalan masuk halaman SSCN di https://sscn.bkn.go.id kemudian pilih santapan Layanan Informasi -> Kontak Instansi.
5. Apakah ada ongkos registrasi CPNS?
  • Pendaftaran CPNS ini TIDAK DIKENAKAN BIAYA. Segera LAPORKAN terhadap PANSELNAS BKN atau PIHAK BERWAJIB apabila Anda mendapatkan pihak yang mengaku sanggup meloloskan seleksi CPNS.
I. Tanya Jawab (FAQ) seputar Pelamar Kategori P1/TL
1. Siapakah yang tergolong pelamar klasifikasi P1 / TL?
  • Pelamar dari klasifikasi P1 / TL yakni pelamar seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 dan menyanggupi nilai ambang batas/passing grade menurut PermenPAN-RB Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 serta masuk dalam 3 (tiga) kali formasi jabatan yang dilamar dan dinyatakan tidak lulus hingga dengan tahap akhir.
2. Apakah saya diharuskan untuk melakukan pengecekan di Helpdesk SSCN untuk mengenali saya pelamar P1 / TL?
  • Anda tidak diharuskan melakukan pengecekan di Helpdesk SSCN. Sistem SSCN BKN akan memperlihatkan data pelamar P1/TL tersebut meliputi jenis formasi yang dilamar, kualifikasi pendidikan, nilai SKD Tahun 2018, status masuk atau tidak pada 3 (tiga) kali formasi pada jabatan yang dilamar, dan status lulus atau tidak hingga dengan tahap final pada seleksi CPNS tahun 2018 di saat Anda login ke Akun Pendaftaran Anda.
3. Bagaiamana saya sanggup menganalisa apakah saya tergolong didalam klasifikasi pelamar P1/TL?
  • Silahkan jalan masuk halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn pada santapan “Cek Status P1/TL” kemudian masukkan NIK dan Nomor Pelamar Seleksi CPNS 2018.
4. Apakah kalau saya tergolong klasifikasi pelamar P1/TL, saya akan otomatis lolos seleksi Administrasi?
  • Pelamar dari P1/TL wajib mendaftar di SSCN dengan menggunakan NIK yang serupa pada di saat registrasi seleksi CPNS Tahun 2018.
  • Pelamar dari P1/TL wajib melakukan pendaftaran/pengunggahan dokumen sebagaimana yang dipersyaratkan oleh instansi yang dilamarnya.
  • Instansi berikutnya melakukan seleksi tata kelola sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dan apabila Anda tidak menyanggupi tolok ukur tata kelola maka sanggup digugurkan.
5. Jika saya klasifikasi pelamar P1/TL, apakah saya diperbolehkan melamar di formasi yang berlainan dengan formasi yang saya lamar pada SSCN 2018?
  • Anda diperbolehkan untuk melamar ke formasi, jabatan dan instansi yang berlainan sepanjang Pendidikan yang dipakai sama dengan SSCN 2018.
6. Jika saya tergolong klasifikasi pelamar P1/TL, apakah saya sanggup menggunakan Nilai saya pada SSCN 2018 untuk mendaftar pada SSCN 2019?
Secara sistem, nilai SKD tahun 2018 sah dipakai oleh pelamar apabila:
  • Nilai SKD tahun 2018 menyanggupi nilai ambang batas/passing grade SKD tahun 2019 untuk jabatan dan jenis formasi yang hendak dilamarnya;
  • Kualifikasi pendidikan pada formasi jabatan yang dilamar tahun 2019 mesti sama dengan kualifikasi pendidikan yang sudah dipakai pada di saat pelamaran tahun 2018.
7. Jika saya klasifikasi pelamar P1/TL, apakah saya mesti mengikuti ujian SKD kalau nilai saya pada SSCN 2018 menyanggupi passing grade SSCN 2019?
Pelamar dari P1/TL mesti memutuskan untuk mengikuti atau tidak mengikuti SKD Tahun 2019 pada metode SSCN.
  1. Bagi pelamar P1/TL yang memutuskan untuk mengikuti SKD Tahun 2019, kemudian tidak hadir mengikuti Seleksi SKD, maka pelamar P1/TL dinyatakan gugur.
  2. Bagi pelamar P1/TL yang memutuskan untuk tidak mengikuti SKD Tahun 2019, maka nilai SKD yang dipakai yakni nilai SKD Tahun 2018.
  3. Apabila nilai SKD Tahun 2019 yang diperoleh pelamar menyanggupi nilai ambang batas/passing grade SKD tahun 2019 untuk formasi jabatan yang dilamarnya, maka nilai SKD yang dipakai yakni nilai terbaik antara nilai SKD Tahun 2018 dengan nilai SKD Tahun 2019.
8. Apakah kalau saya tergolong klasifikasi pelamar P1/TL, saya akan otomatis lolos SKD?
  • Nilai SKD pelamar P1/TL, akan diperingkat dengan nilai SKD dari pelamar Seleksi CPNS Tahun 2019 yang lain yang menyanggupi nilai ambang batas/passing grade pada jenis formasi dan jabatan yang dilamar untuk memutuskan pelamar yang sanggup mengikuti SKB paling banyak 3 (tiga) kali formasi menurut peringkat tertinggi.

Itulah pertanyaan dan respon seputar registrasi CPNS di SSCN BKN. Untuk pertanyaan lain yang mungkin anda alami sanggup anda tanyakan eksklusif pada Call Center pada instansi masing-masing.
Baca juga :
Demikianlah isu yang sanggup admin bagikan tentang Tanya Jawab (FAQ) seputar Pendaftaran CPNS di SSCN BKN. Semoga isu tersebut sanggup memperlihatkan pencerahan untuk anda. Terima kasih sudah membaca postingan ini dan silahkan baca juga postingan terkait yang lain yang dibutuhkan.