Link Panduan Pengisian PDSS dan Login Pendaftaran SNBP 2024/2025

Portal SNPMB 2024 — Panduan PDSS SNBP, Panduan Pengisian PDSS, Cara Pendaftaran Online SNBP, Login Siswa, Pendaftaran SNBP, Panduan Pendaftaran, Panduan Pengisian Data PDSS, Panduan Pengisian Data Pendaftaran SNBP, Tata Cara Pengisian PDSS dan Login Siswa,. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Panduan Pengisian PDSS dan Login Pendaftaran SNBP 2024/2025. Informasi ini diberikan dengan harapan agar bisa memudahkan kalian dalam melakukan pendaftaran SNBP. Simak informasi selengkapnya berikut ini.
Informasi yang diberikan di bawah ini untuk melengkapi informasi sebelumnya mengenai rincian SNBP, silahkan baca terlebih dahulu jika belum membacanya (Pendaftaran SNBP).
Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau yang sering disebut dengan SNBP adalah jalur seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.
Seleksi jalur SNBP ini didasarkan pada nilai akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lain yang mendukung.
Dalam hal ini seleksi dilakukan berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN.
Nilai akademik dapat dilihat dari nilai rerata semua mata pelajaran mulai dari semester 1 sampai dengan semester 5.
Berdasarkan uraian di atas, maka dapat diketahui bahwa tidak semua siswa bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur SNBP. Hanya siswa yang memiliki prestasi yang baik dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut yang bisa mengikuti seleksi SNBP dan merupakan siswa yang akan lulus di tahun ini.
Jika kalian ingin mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur SNBP, maka perlu melakukan pendaftaran melalui Secara online dengan mengikuti ketentuan yang telah ditentukan.
I. Panduan Pengisian Data PDSS SNBP oleh Sekolah
Sebelum melakukan pendaftaran online SNBP, Sekolah ataupun siswa harus melakukan pengisian data di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Sekolah mengisi data siswa di PDSS, kemudian siswa melakukan verifikasi. Jika siswa tidak melakukan verifikasi, maka data tersebut dianggap benar.
Tahapan Pengisian Data PDSS di Portal SNBP :
  1. Login pada  ” target=”_blank”>Registrasi Akun SNPMB untuk Mendaftar SNBP dan UTBK SNBT
Tahapan Pendaftaran SNBP untuk Siswa di Portal SNPMB :
  1. Login di portal SNPMB (portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id) dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan.
  2. Siswa mengisikan “Data Orang Tua” pada halaman PROFIL.
  3. Siswa melakukan pendaftaran SNBP dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman PILIHAN.
  4. Siswa mengisikan portofolio pada halaman PORTOFOLIO, jika prodi yang diplih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka halaman ini tidak perlu diisikan.
  5. Siswa mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib, artinya isiannya tidak wajib ada. Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang pernah Anda dapatkan serta sesuai dengan prodi yang diminati.
  6. Siswa melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah anda melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun.
  7. Siswa mengunduh dan mencetak kartu peserta.
Berikut ini penjelasan lebih detail dari setiap tahapan di atas :
A. Login Siswa
Silakan masuk ke halaman awal dengan login melalui Portal SNPMB yang dapat diakses pada tautan https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id atau melalui langsung ke laman SNBP yang dapat diakses apada tautan https://snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
Masukkan Email dan Password pada form login di. Gunakan alamat Email dan Password yang didaftarkan dan diverifikasi pada portal SNPMB.
Jika anda memenuhi syarat untuk mendaftar SNBP, maka tampilannya seperti pada Halaman Profil yang akan dijelaskan pada bagian B.
Jika Anda tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNBP, maka akan muncul pesan permohonan maaf anda tidak berhak mengikuti SNBP.
Jika Anda memenuhi syarat yang disebutkan sebelumnya di atas namun belum melakukan permanen pada portal SNPMB, akan muncul halaman untuk logout. Silahkan dipastikan untuk permanenkan data.
Begitupun jika Anda bukan siswa lulusan tahun ini, maka tampilan yang muncul untuk logout.
B. Profil
Halaman profil berisi informasi biodata dari siswa. Perlu dicatat bahwa seluruh informasi pada kolom Biodata diambil dari data yang telah diisikan di portal. Demikian juga Nama, NISN, NPSN Sekolah, dan Asal Sekolah. Isian tersebut tidak dapat diubah pada aplikasi pendaftaran SNBP. 
Lengkapi pula kolom Data Orang Tua. Setelah selesai mengisinya lalu tekan tombol SIMPAN. Jika berhasil, akan muncul notifikasi “Berhasil Menyimpan Kelengkapan Data”.
Setelah profil diperbarui dengan isian Data Orang Tua, berikutnya anda bisa melanjutkan ke halaman PILIHAN. Di bagian C penjelasan lebih detailnya
C. Pilihan
Silakan pilih salah satu PTN / Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan pada kolom Pilihan PTN / Politeknik Negeri, setelah itu akan muncul Daftar Prodi yang bisa dipilih oleh siswa.
Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN / Politeknik Negeri atau dua PTN / Politeknik Negeri
  • Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN/Politeknik Negeri pada provinsi yang sama dengan SMA / MA / SMK asalnya.
  • Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN/Politeknik Negeri yang berada di provinsi manapun.
Terdapat juga informasi apakah prodi yang dipilih membutuhkan dokumen portofolio atau tidak pada kolom Portofolio. Jika kolom Portofolio bernilai , maka prodi tersebut tidak membutuhkan dokumen portofolio.
Jika sudah memilih prodi, silakan klik Simpan Semua Pilihan.
Kemudian akan muncul pop-up konfirmasi pilihan jika pilihan prodi anda tidak membutuhkan isian portofolio. 
Pilih Simpan dan jika berhasil akan muncul notifikasi “Berhasil menyimpan pilihan, silahkan mengisi portofiio / prestasi”
Jika anda sudah Simpan Pilihan kemudian anda ingin mengganti pilihan yang sudah dibuat dari prodi yang tidak memerlukan isian portofolio ke prodi yang memerlukan isian portofolio, akan muncul pop-up konfirmasi pilihan. Jika sudah yakin klik Simpan, jika tidak yakin klik batal.
Kemungkinan berikutnya adalah jika anda sudah Simpan Pilihan kemudian anda ingin mengganti pilihan yang sudah dibuat dari prodi yang memerlukan isian portofolio ke prodi yang tetap memerlukan isian portofolio dengan jenis isian portofolio yang sama, akan muncul pop-up konfirmasi pilihan. Jika sudah yakin klik Simpan, jika tidak yakin klik batal.
Terakhir, jika anda sudah Simpan Pilihan kemudian anda ingin mengganti pilihan yang sudah dibuat dari prodi yang memerlukan isian portofolio ke prodi yang tetap memerlukan isian portofolio namun jenis isian portofolionya berbeda, akan muncul pop-up konfirmasi pilihan. Jika sudah yakin klik Simpan, jika tidak yakin klik batal.

Anda dapat melihat kembali prodi yang sudah dipilih dengan menekan tombol Pilihan Anda yang terletak di sebelah tombol Simpan Pilihan Anda. Setelah dipilih, maka akan terlihat pilihan prodi yang sudah anda isikan sebelumnya.
D. Portofolio
Beberapa prodi mensyaratkan untuk mengisikan portofolio, seperti Seni Tari diharuskan mengunggah video tari dan lain sebagainya. Pilih halaman PORTOFOLIO, maka prodi yang anda pilih yang mensyaratkan adanya isian portofolio akan muncul.
Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya portofolio maka halaman pada gambar di atas akan kosong.
Untuk melihat instruksi dan kebutuhan portofolio silakan Unduh Instruksi dan Unduh Dokumentasi yang disediakan.
Untuk mengisi portofolio, pilih Browse untuk memilih file yang akan diunggah kemudian tekan tombol SIMPAN. Unduh PPT digunakan untuk mengunduh PPT portofolio yang sudah anda unggah sekaligus sebagai penanda bahwa sudah ada file yg Anda unggah (tombol akan ganti menjadi Sudah Diunggah, Unduh).
Jika berhasil menyimpan, akan muncul notifikasi berhasil mengunggah file
Jika anda sudah mengunggah portofolio, tetapi sebelum finalisasi dilakukan anda berubah pikiran dan mengganti pilihan prodi yang tidak mensyaratkan adanya isian portofolio, maka isian portofolio sebelumnya akan dihapuskan.
E. Prestasi
Isian prestasi bersifat tidak wajib diisikan, artinya jika memang tidak memiliki prestasi dengan Bidang dan Tingkat Prestasi yang disyaratkan pada pilihan, halaman ini bisa dikosongkan dengan tanpa mengunggah dan mengisi apapun. Prestasi yang dapat diisikan pada halaman ini maksimal 3 buah prestasi.
Silakan mengunggah bukti prestasi terlebih dahulu, unggah Bukti Prestasi dengan menekan tombol Browse kemudian pilih file yang akan anda unggah dengan ukuran maksimal 2MB yang berformat pdf/png/jpg. Kemudian isikan Deskripsi dari prestasi yang Anda unggah, jika Anda memilih untuk mengunggah prestasi maka kolom Deskripsi ini wajib diisi
  • Contoh isian deskripsi sebagai berikut: Juara 1 dari 150 peserta lomba pencak silat tingkat provinsi Sumatera Selatan yang diselenggarakan oleh Dispora Sumsel.
Berikutnya adalah pengisian Bidang Prestasi. Silakan dipilih Bidang Prestasi yang akan diisikan
Berikutnya isi juga Tingkat Prestasi yang harus diisikan.
Terakhir, silakan isikan juga pada kolom Individu / Kelompok mengenai prestasi yang anda dapatkan
Untuk memastikan bahwa file yang diunggah sudah benar, anda dapat mengunduh file tersebut pada kolom Unduh Bukti Prestasi.
Setelah selesai tekan tombol SIMPAN
Setelah menyimpan, jika penyimpan berhasil akan muncul notifikasi berhasil mengunggah file.
F. Finalisasi
Mohon melakukan Finalisasi data pilihan SNBP Anda jika anda memang sudah yakin semua isian sudah diisikan dengan benar. Silakan membaca dengan detail terlebih dahulu pernyataan yang akan disetujui.
Perlu dicatat, ketika sudah melakukan Finalisasi maka seluruh isian data tidak dapat diubah lagi dan anda tidak bisa membatalkan Finalisasi dengan cara apapun.
Jika sudah yakin benar, berikan ceklist pada pernyataan persetujuan “Saya setuju untuk finalisasi”
Kemudian pilih Finalisasi, maka akan muncul pop-up persetujuan. Jika sudah yakin klik Finalisasi, jika tidak yakin klik batal.
Pilih Finalisasi jika anda sudah yakin semua isian anda sudah benar. Setelah itu tampilan halaman finalisasi akan berubah dengan adanya keterangan tanggal dan waktu finalisasi yang sudah dilakukan.
G. Kartu Peserta
Kartu peserta berada pada halaman yang sama dengan Finalisasi. Anda hanya bisa mengunduh kartu peserta jika anda sudah melakukan Finalisasi.
Setelah unduh kartu peserta, maka tahapan pendaftaran SNBP oleh Siswa telah SELESAI.
Kembali lagi ke informasi sebelumnya mengenai persyaratan, jadwal pelaksanaan SNBP, biaya, link, kriteria penerimaan, daftar seluruh PTN pada SNBP, serta keterangan lainnya pada artikel Pendaftaran Online SNBP
Itulah informasi mengenai Panduan Pengisian PDSS dan Login Pendaftaran SNBP yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk sekolah dan para siswa calon peserta SNBP yang membutuhkan informasi ini.
Terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca artikel ini. Semoga peserta SNBP lulus seleksi dan kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin. Toong bantu bagikan informasi ini pada teman lainnya.
Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.