[Maba] Biaya Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran – STIP Jakarta 2024

[Maba] Biaya Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran – STIP Jakarta 2024 – Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta berada di Jalan Marunda Makmur Kelurahan Marunda Kecamatan Cilincing,Jakarta Utara yaitu salah satu perguruan tinggi kedinasan di Indonesia di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang dulunya diketahui dengan nama Akademi Ilmu Pelayaran (AIP) atau Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP) Jakarta.

Program studi yang dibuka untuk penerimaan taruna/taruni STIP konsentrasi pada prodi D-IV Nautika, D-IV Teknika dan D-IV KALK (Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan).

Biaya pendidikan di STIP Jakarta besarannya tergantung dengan jenis jalur masuk para pendaftar yang dinyatakan lulus selaku taruna/i. Sebelumnya perlu diketahui jalur penerimaan STIP Jakarta terbagi menjadi 3 jalur penerimaan adalah Pola Pembibitan, Jalur Reguler, Jalur Mandiri.

Biaya pendidikan Pola Pembibitan lebih hemat biaya daripada jalur Reguler, dikarenakan ongkos yang bersifat akademik ditanggung negara.

Sedangkan Jalur Reguler ongkos pendidikan baik yang bersifat akademik maupun non akademik (pendukung/permakanan dll) dibebankan terhadap taruna/i.

Pola Pembibitan

Pola pembibitan ini sama dengan ikatan dinas, penerima pendidikan Pola Pembibitan nantinya setelah menuntaskan masa pendidikan, dapat diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara. Tahapan seleksi akan dikerjakan bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara dengan diselenggarakan Tes Kompetesi Dasar (TKD) dan Tes Potensi Akademik (TPA) dengan tata cara Computer Assisted Test (CAT) seperti pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Sipencatar Pola Pembibitan terbagi atas dua klasifikasi yaitu Pola Pembibitan Kemenhub Pola Pembibitan Daerah. Namun Program Studi Pola Pembibitan Pemerintah Daerah hanya dilaksanakan oleh Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) saja atau STIP Jakarta tidak ada kuota untuk teladan pembibitan Pemda.

Persyaratan lebih lengkap dan tutorial registrasi mampu diakses di https://sipencatar.dephub.go.id/

Selama mengikuti pendidikan contoh pembibitan di STIP biaya akademik (biaya SPP atau Semester) ditanggung oleh Pemerintah.

Sedangkan biaya non akademik (ongkos pendukung akademik, ongkos permakanan, ongkos acara ketarunaan, wisuda, dll) menjadi tanggungan Calon Taruna/Taruni sesuai dengan ketentuan Perundangan yang berlaku pada masing-masing sekolah kedinasan.

Biaya registrasi Pola Pembibitan STIP jakarta sebesar Rp 150.000 ditambah biaya mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar yang diadakan BKN sejumlah Rp 50.000

Biaya Pola Pembibitan STIP Jakarta

Keterangan:

  • Permakanan Taruna Rp 1.350.000/bln x 6 : Rp 8.100.000
  • Pencucian Taruna Rp 100.000/bln x 6 : Rp 600.000
  • Biaya Tinggal di Asrama Rp 100.000/bln x 6 : Rp 600.000

Jalur Reguler

Pada penerimaan mahasiswa baru STIP Jakarta jalur reguler dikenakan biaya pada setiap tahapan seleksi mirip biaya registrasi biaya, tes akademik dan biaya psikotest. Jika masih berlanjut ke tahap berikutnya dikenakan lagi biaya tes keshatan, kesamaptaan dengan daftar selaku berikut:

biaya pendaftaran STIP Jakarta

Perbedaan biaya antara Pola Reguler dengan Pola Pembibitan (ikatan dinas) terletak pada bagian biaya akademik/pendidikan. Taruna/i Pola Pembibitan dibebaskan dari biaya pendidikan yang ditanggung negara sedangkan Pola reguler biaya akademik dibebankan kepada taruna/i.

Komponen biaya yang lain seperti permakanan dan pencucian taruna, Biaya Perlengkapan Calon taruna dan MADATUKAR Calon taruna mesti ditanggung taruna/i untuk semua jalur.

Biaya Pendidikan Jalur Reguler STIP Jakarta

Keterangan:

  • Permakanan Taruna Rp 1.350.000/bln x 6 : Rp 8.100.000
  • Pencucian Taruna Rp 100.000/bln x 6 : Rp 600.000
  • Biaya Tinggal di Asrama Rp 100.000/bln x 6 : Rp 600.000

Jalur Mandiri

Perbedaan ongkos antara Pola dengan jalur lainnya terletak pada besaran biaya semesternya yang lebih mahal. Selisih SPP Semester ketimbang jalur reguler mancapai Rp 6.300.000 s/d Rp 7.300.000 per semesternya.

Diluar biaya semester besaran biayanya jalur mandiri masih sama dengan Polbit dan Reguler.

Biaya Pendidikan Jalur Mandiri STIP Jakarta

Keterangan:

  • Permakanan Taruna Rp 1.350.000/bln x 6 : Rp 8.100.000
  • Pencucian Taruna Rp 100.000/bln x 6 : Rp 600.000
  • Biaya Tinggal di Asrama Rp 100.000/bln x 6 : Rp 600.000
Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.