[Maba] Biaya Kuliah UNY Yogyakarta 2024

[Maba] Biaya Kuliah UNY Yogyakarta 2024 – Biaya kuliah UNY Yogyakarta untuk jenjang studi S1, DIII dan DIV Sarjana Terapan ditentukan berdasar pada Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan memikirkan tingkat kesanggupan sosial ekonomi orang renta/wali mahasiswa.

Dasar aturan pemberlakuan UKT UNY untuk tahun akademik 2024/2025 masih mengacu Kepmen Ristekdikti NOMOR 194/M/KPT/2019 perihal BKT dan UKT.

Biaya pendidikan tersebut telah termasuk untuk PKL/PI, KKN, PPL, yudisium, dan wisuda. Bagi siswa yang hendak melanjutkan studi di UNY tetapi terkendala ongkos dapat mengajukan sumbangan biaya pendidikan lewat acara Bidikmisi.

Pengelompokan UKT mahasiswa yang diterima UNY dikerjakan sesudah apalagi dahulu memasukkan data sosial ekonomi secara online di laman http://ukt.uny.ac.id/ lalu mencetak data tersebut lewat sajian yang telah ditawarkan. Besaran UKT akan diumumkan lalu pada tanggal yang sudah ditentukan lewat laman http://ukt.uny.ac.id/.

Data-data sosial ekonomi yang perlu dipersiapkan:

  • Informasi Keluarga,
  • Informasi tanggungan dan beban keluarga
  • Informasi aset yang dimiliki
  • Informasi keadaan keluarga
  • Informasi pekerjaan dan pendidikan keluarga

Jalur SNBP dan SNBT

Biaya kuliah jalur SNBP dan SNBT menganut tata cara UKT tanpa dibebankan duit pangkal. UKT dibayarkan per semester.

UKT diputuskan berdasarkan kemampuan finansial orang tua atau pihak yang membiayai.

Sebagai dasar pengelompokan UKT digunakan data isian atau dokumen penunjang yang dilampirkan ketika melakukan pendaftaran ulang.

1. UKT Program S-1

2. UKT Program Vokasi

  1. Biaya pendidikan Sarjana (S1) berdasar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan sosial ekonomi orang bau tanah/wali mahasiswa.
  1. UKT jalur Kerja sama dijumlah dari UKT tertinggi ditambahkan biaya Manajemen sebesar Rp 2.000.000,-

Jalur Mandiri

Perbedaan biaya kuliah UNY jalur mampu berdiri diatas kaki sendiri dengan jalur SNBP dan SNBT pada pengelompokan level UKT.

Jalur mampu berdiri diatas kaki sendiri ditetapkan level UKT berada pada klasifikasi III ke atas atau UKT kalangan I dan II ditiadakan.

Perbedaan kedua, jalur berdikari UNY dikenakan duit pangkal yang disebut Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

Pendaftar jalur berdikari mengisi form mengeluarkan uang Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dilampiri dengan Surat Pernyataan Sanggup Membayar bermaterai Rp 10.000.

☐ Rp0,00

☐ Rp5.000.000

☐ Rp10.000.000

☐ Rp15.000.000

☐ Rp20.000.000

☐ dan yang lain

Pendaftar atau kandidat mahasiswa juga mampu mengangsur dana SPI (dahulu istilahnya UPPA) dengan pilhan selaku berikut:

☐ Satu kali lunas

☐ Diangsur 2 kali (50% dan 50%)

☐ Diangsur 3 kali (50%, 30%, dan 20%)

☐ Diangsur 4 kali (50%, 20%, 20%, dan 10%)

Pengajuan Keringanan UKT UNY Yogyakarta

Bagi mahasiswa yang tidak/kurang mampu membayar sebagian atau keseluruhan biaya pendidikan mampu mengajukan surat permintaan dispensasi pembiayaan pendidikan terhadap Rektor/Wakil rektor II melalui blangko yang telah disiapkan unieversitas (form Keringanan UKT dan surat pernyataan), dimana mahasiswa wajib menyertakan bukti-bukti serta argumentasi-alasan yang sah dan mampu diterima untuk memperkuat permohonannya. Pengajuan surat permohonan dispensasi tersebut dapat dikerjakan sebelum melakukan pembayaran semester.

Syarat-syarat dokumen tambahan yang harus disediakan:

1. Foto copy Kartu Keluarga

2. Foto copy rekening listrik

3. Foto copy Pajak Bumi dan Bangunan

4. Surat keterangan penghasilan bermaterai

5. Surat pernyataan bermaterai .

6. Surat informasi tidak bisa dari kepala desa bermaterai.

Keringanan UKT gres mampu diajukan pada semester selanjutnya, artinya mahasiswa baru harus tetap mengeluarkan uang UKT yang sudah ditetapkan meskipun merasa UKT terlalu tinggi.

Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.