[Maba] Biaya Kuliah Universitas Palangka Raya – UPR 2024

[Maba] Biaya Kuliah Universitas Palangka Raya – UPR 2024 – Besaran biaya kuliah Universitas Palangka Raya – UPR memakai kelompok duit kuliah tunggaL (UKT) yang berpedoman pada penghasilan orang bau tanah atau wali mahasiswa. Sebagai dasar penentuan kelompok UKT, kandidat mahasiswa yang diterima mesti mengisi secara online di laman ukt-upr.id dengan prosedur selaku berikut:

  • Melakukan pengisian dengan lengkap dan benar Data Penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di laman ukt-upr.id pada tanggal yang sudah diputuskan.
  • Pengumuman besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tanggal yang diputuskan di laman ukt-upr.id (pada akun masing-masing kandidat mahasiswa baru)
  • Melihat Pengumuman Registrasi Mahasiswa Baru pada tanggal yang telah ditentukan (Jadwal Pembayaran UKT dan Registrasi, Tata Cara Pembayaran UKT dan Tata Cara Registrasi Online lewat Sistem Informasi Akademik Universitas Palangka Raya) di laman pmb.upr.ac.id

Data atau dokumen yang perlu dipersiapkan utamanya menyangkut penghasilan orang bau tanah beserta slip gaji atau penghasilan yang sudah disahkan instansi terkait serta jumlah tanggungan.

Jalur SNBP & SNBT

Biaya kuliah jalur SNBP dan SNBT dikenakan UKT per semester tanpa dibebani duit pangkal. Besaran UKT ini sama sampai tamat kuliah. Penetapan UKT sesuai dengan kesanggupan ekonomi yang didukung dokumen data penghasilan.

Surat Keterangan Penghasilan kedua orang tua/wali penanggung biaya, berupa gaji dan atau penghasilan yang lain yang disahkan oleh :

– Bendahara honor bagi pekerja sektor formal, seperti PNS,Tentara Nasional Indonesia/POLRI,karyawan swasta, pensiunan;

– Lurah/Kepala Desa bagi yang tidak bekerja atau pekerja sektor informal, antara lain buruh, petani, nelayan, pedagang, wiraswasta.

Berikut biaya kuliah UPR Palangka Raya:

Prodi Agribisnis (S1):
Kelompok I      500.000
Kelompok II   1.000.000
Kelompok III   2.500.000
Kelompok IV   3.241.000
Kelompok V   3.982.000
Kelompok VI   4.724.000
Kelompok VII   5.466.000
Kelompok VIII   6.750.000

UKT program studi yang lain dapat dilihat pada daftar di bawah ini:

UKT UPR

Jalur Mandiri

Mahasiswa baru Universitas Palangka Raya yang diterima melalui jalur SMMPTN Wilayah Barat selain UKT juga dikenakan biaya Iuran Pengembangan Institusi (IPI). Bagi mahasiswa jalur SNMPTN dan SBMPTN cuma dikenakan UKT per semester.

IPI merupakan tunjangan pengembangan yang ditanggung mahasiswa baru jalur mandiri Program Sarjana di lingkungan Universitas Palangka Raya dan dibayarkan 1 (satu) kali selama kala studi dengan rentang waktu pembayaran sampai selama 2 (dua) semester semenjak registrasi.

Ada skema angsuran hingga 3 kali tergantung acara studi.

Bagi mahasiswa kurang bisa, bisa dibebaskan dari Iuran Pengembangan Institusi (IPI) atau masuk kelompok I.

Iuran Pengembangan Institusi (IPI) pada Kelompok I  ini dikenakan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu, mampu dibuktikan lewat dokumen sah seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dan/atau Kartu Peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

Besaran IPI mahasiswa jalur mampu berdiri diatas kaki sendiri ditetapkan sesuai dengan Keputusan Rektor Universitas Palangka Raya, nominal terbesar dengan dipunyai fakultas Kedokteran dengan jumlah IPI meraih Rp 150 Juta.

SPI UPR

Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.