[Maba] Biaya Kuliah Universitas Negeri Padang 2024

[Maba] Biaya Kuliah Universitas Negeri Padang 2024 – Biaya kuliah Universitas Negeri Padang UNP telah menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT) untuk semua jalur masuk mahasiswa gres, terutama jalur SNBP dan SNBT.

Penentuan UKT menurut hasil verifikasi pengisian biodata mahasiswa gres yang diinput kandidat mahasiswa di laman http://spmb.unp.ac.id/biodata.

Data atau dokumen penunjang yang perlu disiapkan terlebih dulu sebelum melaksanakan pengisian biodata (data berupa soft copy/file dalam format image atau pdf ) sebagai berikut:

  • Surat Keterangan/bukti Penghasilan/Gaji Orang Tua/Wali. dengan ketentuan sebagai berikut:

– PNS/Tentara Nasional Indonesia/POLRI dari Bendaharawan Gaji.

– BUMN/BUMD/Perusahaan dari Pimpinan Perusahaan.

– Wiraswasta/Petani/Nelayan/Serabutan atau selain 2 point diatas, memakai surat informasi penghasilan dari Lurah/Kepala Desa/Wali Nagari/Camat.

– Jika Sumber ongkos dari orang tua dan ayah masih hidup atau telah meninggal tetapi masih ada penghasilan (pensiun) maka bukti penghasilan ayah mesti diupload berapapun penghasilannya

– Jika Sumber biaya dari orang renta dan Ibu punya penghasilan maka bukti penghasilan ibu juga harus diupload

– Jika sumber biaya dari wali maka bukti penghasilan wali harus diupload berapapun penghasilannya

  • Kartu Keluarga
  • Bukti Pembayaran Rekening Listrik (bagi yang sumber listriknya dari PLN) 1 (satu) bulan terakhir, bagi yang memakai listrik prabayar (token) yang diupload yakni bukti pembelian token tersebut.
  • Bukti Pembayaran Rekening Air (bagi yang sumber dari PDAM) 1 (satu) bulan terakhir
  • Bukti Pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) tahun 3 tahun terakhir. diupload salah satu saja.
  • STNK dan Bukti Pembayaran Pajak kendaraan (bagi yang memiliki mobil/motor) tahun 3 tahun terakhir. diupload salah satu saja.
  • Dokumen lain seperti surat keterangan tidak mampu dari Lurah/Kepala Desa/Wali Nagari/Camat,Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Siswa Miskin (BSM), atau sejenis (jika ada)
  • Selain Dokumen diatas, siapkan juga file foto berikut -Foto Keluarga -Foto Rumah Tampak Depan -Foto Ruang Tamu -Foto Ruang Keluarga -Foto Dapur -Foto MCK

Besaran UKT Universitas Negeri Padang telah berulang kali berubah, peraturan terakhir mengacu pada Kemenristekdikti No NOMOR 194/M/KPT/2019 Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal pada PTN di Lingkungan Kemeterian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Kriteria UKT

UKT UNP dibagi menjadi 5 kelompok dengan besaran range yang serupa per golongan untuk setiap program studi dengan detail selaku berikut:

  1. Kelompok I berada pada rentang 0 s/d 500.000
  1. Kelompok II 500.001 – 1.000.000
  1. Kelompok III 1.000.001 – 2.500.000
  1. Kelompok IV 2.500.001 – 4.000.000
  1. Kelompokk V 4.000.001 – 5.500.000

Jalur SNBP dan SNBT

DAFTAR UKT UNP PADANG

Jalur Mandiri

Berdasarkan pengumuman Rektor UNP Nomor 905/UN35/EP/2022, kandidat mahasiswa jalur mampu berdiri diatas kaki sendiri UNP ditarik ongkos pengembangan fasilitas pendidikan sekurang-kurangnyaRp 5.000.000 dan dibayarkan 1 kali selama menempuh pendidikan.

TA 2019/2020

Berbeda dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN, jalur berdikari UNP Padang dibebankan lagi duit Sumbangan Institusi dan SPP per semester. SPP atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan nyaris ini sama dengan UKT hanya beda penyebutan. Pihak kampus eksklusif menetapkan besaran SPP dan tunjangan institusi kepada kandidat mahasiswa.

Informasi besaran SPP Dan tunjangan institusi serta agenda pembayaran mampu diketahui setelah diadakan verifikasi rapor asli dan nilai UN.

Besaran Sumbangan Pengembanagan Institusi UNP Padang:

  • Kelompok IPS Rp 3.000.000
  • Kelompok IPA Rp 4.000.000

Dasar hukum besaran SPP dan pemberian institusi dikelola dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 6/PMK.05/2018 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Universitas Negeri Padang

SPP dan SUMBANGAN INSTITUSI UNP PADANG

Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.