[Maba] Biaya Kuliah Universitas Negeri Manado – Unima 2024

[Maba] Biaya Kuliah Universitas Negeri Manado – Unima 2024 – Standar ongkos kuliah Universitas Negeri Manado ditetapkan pada  angka Rp 1.800.000 sampai Rp 5.000.000 per semester khusus untuk kalangan III s.d V. Range ongkos tersebut merata pada setiap fakultas acara reguler. Sedangkan UKT kalangan I dan II ditetapkan Rp 0 – 500.000 dan Rp 1.000.000

Biaya pendidikan ini yang berlaku mulai TA 2013 semenjak penerapan duit kuliah tunggal secara nasional di perguruan tinggi negeri. Besaran ongkos pendidikan Unima seperti yang disebutkan di atas merupakan penetapan duit kuliah tunggal (UKT) pada Kelompok III dan IV.

Mahasiswa gres tidak akan dibebankan lagi biaya-biaya lainnya tergolong uang pangkal, duit praktik, uang wisuda dan lain-lain.

Dulunya perguruan tinggi yang berlokasi di Tondano ini berjulukan IKIP Manado sebelum dikonversi menjadi Universitas Negeri Manado menurut SK Presiden Republik Indonesia Nomor 127 Tahun 2000.

Konsekuensinya fakultas atau acara studi yang diatur tidak cuma bidang kependidikan saja melainkan juga bidang non kependidikan dengan membuat tenaga andal dan tenaga profesional.

Sampai dikala ini Unima sudah mempunyai 7 (tujuh) Fakultas dengan mengelola sebanyak 55 program studi baik tingkat Sarjana (S1) dan Diploma III.

2022

Biaya kuliah atau UKT Universitas Negeri Manado modern mengacu pada Peraturan Menteri Ristek dan Dikti Nomor: 194/M/KPT/2019.

UKT Unima Manado terbagi menjadi 5 dan 6 golongan sesuai pendapatan orang tua, namun sebagian besar jurusan program studi diklasifikasikan manjadi 5 Kelompok UKT.

Daftar UKT Unima Manado

Jalur Mandiri Unima

Sejauh ini pembiayaaan mahasiswa jalur berdikari Unima Manado melalui Baku Beking Pande (B2P) diberlakukan sama dengan jalur SNBP dan SNBT. Artinya mahasiswa hanya dibebankan UKT per semester tanpa duit pangkal atau SPI.

Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.