[Maba] Biaya Kuliah Universitas Negeri Gorontalo – UNG 2024

[Maba] Biaya Kuliah Universitas Negeri Gorontalo – UNG 2024 – Biaya kuliah Universitas Negeri Gorontalo UNG dibedakan menurut jalur registrasi mahasiswa gres: jalur reguler dan jalur mandiri. Jalur reguler terdiri atas SNBP dan SNBT, sedangkan jalur mampu berdiri diatas kaki sendiri merupakan jalur pendaftaran yang diadakan tersendiri oleh pihak universitas.

Jalur SNBP dan SNBT

Biaya pendidikan jalur SNBP dan SNBT menerapkan tata cara duit kuliah tunggal (UKT) dengan pengklasifikasian berdasarkan kesanggupan penghasilan orang renta. UKT Universitas Negeri Gorontalo dibagi menjadi 7 kalangan dengan besaran tergantung program studinya.

UKT yang dibayarkan tiap semester ini telah mencakup semua komponen biaya selama menempuh pendidikan di Universitas Negeri Gorontalo. Tidak ada lagi ongkos lain yang dibebankan lagi kepada mahasiswa selain UKT tersebut.

Untuk memilih kelompok UKT setiap mahasiswa yang dinyatakan diterima harus mengisi biodata secara online pada situs yang telah diputuskan. Selanjutnya mahasiswa mengikuti verifikasi atau pra registrasi yang diadakan pihak universitas pada waktu yang sudah diputuskan dengan membawa tolok ukur diantaranya:

  • Surat Keterangan penghasilan orang renta (termasuk semua jenis dukungan) Ayah dan Ibu/ wali: a. PNS/Tentara Nasional Indonesia/POLRVPegawai BUMN/BUMD, Pegawai Perusahaan Swasta berbentukdaftar honor pegawai (bukan rekapitulasi honor) masing-masing dari ayah dan lbu, ayah atau ibu yang ditandatangani oleh bendahara instansi pemerintahan/perusahaan yang bersangkutan; b. Pekerjaan lainnya disahkan oleh Kepala Desa atau Lurah.
  • Memperlihatkan kartu Jamkesmas dan menyerahkan satu lembar photo copy (jika ada).
  • Memperlihatkan tagihan listrik 3 (tiga) bulan terakhir dan menyerahkan masing-masing satu lembar photo copy. Bagi yang tidak mempunyai anutan listrik, dibuktikan dengan surat informasi dari Kepala Desa atau Lurah.

Berdasarkan data diatas akan ditentukan biaya pendidikan atau UKT bagi mahasiswa gres.

UKT UNG GORONTALO

UKT UNG Gorontalo

Jalur Mandiri

Perbedaan utama ongkos kuliah antara jalur SNBP dan SNBT (dulunya SNMPTN/SBMPTN) dengan jalur mampu berdiri diatas kaki sendiri yaitu pembebanan uang pangkal atau SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi).  Jalur SBMPTN dan SNMPTN bebas dari uang pangkal sementara jalur mampu berdiri diatas kaki sendiri dikenakan UKT per semester ditambah duit pangkal dengan besaran bervariasi sesuai acara studi.

SPI UNG Gorontalo

Biaya Kuliah Program Studi Kedokteran

Mulai tahun akademik 2019/2020 UNG Gorontalo membuka pendaftaran mahasiswa gres prodi Pendidikan Dokter. Fakultas Kedokteran dibuka lewat tiga jalur. Yaitu SNMPTN, SBMPTN, sampai Jalur Mandiri.

UKT Prodi kedokteran ditetapkan sebesar Rp 25.000.000 per semester, sementara SPI berkisar antara 175.000.000 sampai 400.000.000 diabayarkan sekali pada permulaan semester. Nominal SPI dipilih oleh mahasiswa atau orang bau tanah/wali.

Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.