[Maba] Biaya Kuliah Universitas Mataram 2024

[Maba] Biaya Kuliah Universitas Mataram 2024 – Biaya pendidikan di Universitas Mataram – Unram mulai tahun akademik 2013/2014 telah mengacu pada uang kuliah tunggal (UKT). UKT dikelompokkan berdsarkan kesanggupan ekonomi orang bau tanah atau pihak yang membiayai. Ada perbedaan ongkos kuliah antara jalur reguler (SNBP dan SNBT) dengan jalur mandiri.

Jalur SNBP dan SNBT cuma dikenakan UKT saja per semester sedangkan jalur mampu berdiri diatas kaki sendiri juga dibebankan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) , jadi jalur berdikari mesti membayar UKT per semester dan IPI yang juga dikelompokkan mirip halnya UKT.

Jalur SNBP dan SNBT

Penentuan atau penetapan UKT mahasiswa jalur SNBP dan SNBT menurut biodata dan dokumen pendukung yang diisikan saat melakukan registrasi pendaftaran ulang lewat laman sireg.unram.ac.id.

Selanjutnya pada tanggal yang sudah diputuskan calon mahasiswa gres Unram mampu login untuk menyaksikan besaran UKT yang ditetapkan.

UKT Universitas Mataram

UKT Program Vokasi BIMA

Jurusan:

  • Kesehatan Hewan,
  • Produksi ternak,
  • Budidaya Perairan
  1. Kelompok 1 Rp Rp. 500.000
  1. Kelompok 2 Rp. 850.000
  1. Kelompok 3 Rp. 1.650.000
  1. Kelompok 4 Rp. 2.750.000
  1. Kelompok 5 Rp. 3.850.000
  1. Kelompok 6 Rp. 5.100.000
  1. Kelompok KIP Rp. 2.400.000

Jalur Mandiri

Selain jalur SNMPTN dan SBMPTN Unram juga membuka pendaftaran mahasiswa jalur mampu berdiri diatas kaki sendiri untuk jenjang D III dan Sarjana S1. Berbeda dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN mahasiswa yang lulus dari jalur mandiri dibebankan uang pangkal atau Iuran Pengembangan Institusi (IPI) yang dibayarkan sekali selama perkuliahan, disamping UKT yang harus dibayarkan per semester.

Perlu dimengerti UKT jalur mampu berdiri diatas kaki sendiri besarannya tidak berlainan dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN dengan memperhatikan kemampuan ekonomi orang renta.

BesaranIuran Pengembangan Institusi (IPI)  juga dikelompokkan layaknya kategori uang kuliah tunggal (UKT). Jumlahnya beragam menurut golongan dan acara studi. Untuk program studi Kedokteran jumlah IPI ditetapkan minimal Rp 75 Juta, sedangkan program studi Farmasi IPI ditetapkan minimal Rp 30 Juta.

Program S1

Berikut besaran Iuran Pengembangan Institusi (IPI) untuk jenjang S1

Program D III

Sesuai ketentuan bahwa untuk acara D III seleksi penerimaan mahasiswa gres tidak lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN, tetapi diselenggarakan melalui prosedur jalur Mandiri. Biaya kuliah program D III Unram juga terdiri atas UKT dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI).

UKT DIII Unram

IPI DIII Unram

Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.