[Maba] Biaya Kuliah Universitas Andalas – Unand 2024

[Maba] Biaya Kuliah Universitas Andalas – Unand 2024 – Besaran ongkos kuliah Universitas Andalas – Unand Padang Tahun 2023 berkisar antara Rp 500.000 hingga tertinggi pada Fakultas Kedokteran sebesar Rp 12.000.000 per semester. Biaya kuliah ini berlaku untuk jalur penerimaan mahasiswa SNMPTN dan SBMPTN.

Biaya pendidikan Unand telah memakai tata cara duit kuliah tunggal (UKT) yang digolongkan berdasarkan kesanggupan mahasiswa, orang bau tanah atau pihak yang membiayai.

Untuk penentuan kelompok UKT calon mahasiswa diharuskan melaksanakan pra registrasi online di laman http://pmb.unand.ac.id atau http://ukt.unand.ac.id.  Bagi calon mahasiwa yang tidak melaksanakan Pra Registrasi online maka UNAND memutuskan UKT pada Level 7 yang merupakan golongan tertinggi.

Data utama yang perlu disediakan adalah slip gaji atau rincian pendapatan kedua orang renta, Surat Pernyataan Penghasilan Orang Tua (Pekerjaan Non Formal) serta bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terakhir.

Alurnya kandidat mahasiswa mengisikan data sesuai yang diminta dengan benar dan setelah terisi semua lalu klik “simpan” maka akan muncul besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang mesti dibayar.

Jalur SNBP dan SNBT

Daftar uang kuliah tunggal (UKT) Universitas Andalas Padang

Keterangan:

  • UKT I Rp 500.000
  • UKT II Rp 1.000.0000

JALUR MANDIRI

Komponen biaya kuliah jalur mampu berdiri diatas kaki sendiri Unand terdiri atas SPP dan Biaya Pengembangan Institusi (PI). Biaya SPP dibayarkan tiap semester sedangkan ongkos pengembangan institusi dibayarkan saat resgitrasi permulaan selaku mahasiswa gres.

Menarik disimak bahwa SPP yang dibebankan kepada mahasiswa jalur mandiri Universitas Andalas Padang lebih besar dari UKT level tertinggi. Sebagai contoh acara studi Ilmu Hukum bila dilihat tabel UKT berada di golongan tertinggi level VII sebesar Rp 3.000.000, tetapi SPP untuk jalur mampu berdiri diatas kaki sendiri meraih Rp 5.500.000.

Daftar SPP dan Biaya PI Unand Padang

Perlu diketahui pembebanan ongkos Pengembangan Institusi berlaku untuk jalur mampu berdiri diatas kaki sendiri menurut Kemampuan Akademik, Kebutuhan Khusus, dan Kerjasama.

Sedangkan untuk jalur seleksi mandiri Universitas Andalas angkatan tahun 2021 menurut Kemampuan Prestasi Unggul (SMBPU) tidak dipungut biaya Pengembangan Institusi (PI)

Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.