[Maba] Biaya Kuliah Undip TA 2024/2025

Sebagai Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN-BH), Universitas Diponegoro Undip dalam menetapkan besaran UKT mengacu pada Peraturan Menteri

Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 25 Tahun 2020.

Dalam ketentuan tersebut, Pimpinan PTN Badan Hukum memutuskan besaran UKT sehabis berkonsultasi kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Penetapan kalangan besaran UKT dan Mahasiswa dilakukan dengan menimbang-nimbang kesanggupan ekonomi.

Penetapan kesanggupan ekonomi dilaksanakan berdasarkan pendapatan dan jumlah tanggungan keluarga dari Mahasiswa, orang tua Mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai Mahasiswa.

Uang Kuliah Tunggal dipungut per semester hingga selesai masa studi (nominal UKT bermacam-macam untuk masing-masing program studi).

Ada pula komponen uang pangkal atau Sumbangan Pengembangan Insitusi (SPI), tetapi SPI cuma dibebankan terhadap mahasiswa jalur mandiri.

Pemerintah telah mengontrol bahwa Perguruan Tinggi Negeri mampu memungut iuran pengembangan institusi selaku pungutan dan/atau pungutan lain selain UKT dari Mahasiswa acara diploma dan acara sarjana yang masuk lewat seleksi mampu berdiri diatas kaki sendiri.

Mahasiswa yang masuk seleksi melalui jalur SNBP dan SNBT dilarang dipungut SPI atau pungutan yang lain selain duit kuliah tunggal (UKT).

Jalur SNBP dan SNBT

Pembayaran studi hanya ongkos SPP menurut UKT dari Golongan 1 – 8. Pembagian kalangan tersebut menurut ajuan dari kandidat mahasiswa yang bersangkutan.

Calon mahasiswa dapat memilih UKT Golongan 8 atau yang lain pada dikala mengisi registrasi online calon mahasiswa baru.

DAFTAR UKT – PROGRAM SARJANA

TA 2024/2025

DAFTAR UKT – PROGRAM VOKASI

TA 2024/2025

JALUR MANDIRI

Khusus jalur mampu berdiri diatas kaki sendiri unsur ongkos pendidikan terdiri dari UKT ditambah ongkos SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi). Biaya SPI cuma dibayarkan sekali selama studi pada permulaan semester 1.

Untuk SPI tersebut terdiri dari Golongan 1 dan 2, dimana calon mahasiswa bisa memilih Golongan dikala mau mendaftar menjadi akseptor Ujian Mandiri S1 (opsi terdapat pada pengisian formulir online).

DAFTAR SPI UNDIP – S1

TA 2024/2025

DAFTAR SPI UNDIP – VOKASI

TA 2024/2025

PSDKU

Program Studi Diluar Kampus Utama Universitas Diponegoro merupakan Program Studi yang dilaksanakan diluar kampus Utama. Program ini akan dilakukan di Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, Kabupaten Demak dan Kabupaten Rembang.

Pada contoh Penerimaan Mahasiswa Baru akan dibuka lewat Seleksi Ujian Mandiri PSDKU Program Vokasi.

Biaya yang dikenakan pada program PSDKU Undip terdir atas UKT ditambah SPI.

UKT menurut kemampuan orang renta dengan pengelompokan kalangan 1 s/d 7. Sedangkan besaran SPI Rp 5.000.000 dibayarkan sekali selama kuliah.

UKT dan SPI D III PSDKU Undip 2022

Program S1 PSDKU

Prosedur Penetapan UKT

Bagi calon mahasiswa yang diterima di Undip yang menentukan UKT pada level tertinggi, tidak mesti melampirkan data pendukung.

Namun Calon Mahasiswa yang menentukan UKT Kelompok lainnya (selain kalangan tertinggi) wajib melampirkan Data Dukung pengajuan keringanan UKT yang terdiri dari :

  1. Surat informasi dari orang bau tanah atau wali dengan memerinci penghasilan, informasi tentang kebenaran data, dan kesediaan untuk diberi hukuman jikalau informasi yang diberikan tidak lengkap dan tidak benar.
  1. Surat keterangan dari RT/RW diketahui oleh Lurah/Kepala Desa setempat mengenai kebenaran data penghasila.
  1. Slip gaji orang bau tanah (ayah dan ibu, atau wali) yang melakukan pekerjaan di sektor formal, atau surat keterangan penghasilan total dari RT/RW yang diketahui lurah/kepala desa setempat bagi yang bekerja di sektor informal.
  1. Fotokopi rekening listrik rumah/kawasan tinggal orang bau tanah/wali, tiga bulan terakhir.
  1. Fotokopi rekening telepon rumah/tempat tinggal orang renta/wali tiga bulan terakhir.
  1. Fotokopi rekening air rumah/daerah tinggal orang renta/wali tiga bulan terakhir.
  1. Fotokopi kartu keluarga dan KTP orang tua/wali yang masih berlaku
  1. Surat pernyataan dari tiga tetangga terdekat yang bukan Saudara yang menjelaskan kondisi ekonomi keluarga kandidat mahasiswa dan kebenaran data
  1. Foto rumah dari luar dan dari dalam.
  1. Fotokopi semua PBB kepemilikan rumah/ tanah.
  1. Fotokopi semua STNK kepemilikan kendaraan bermotor.
  1. Fotokopi SPT, kartu NPWP (jika mempunyai).
  1. Fotokopi kartu pembayaran SPP saat SMU kelas III.
  1. Surat Keterangan dari Kepala Sekolah yang menerangkan besaran biaya Uang Pangkal yang seharusnya dibayar dan besaran ongkos Uang Pangkal yang dibayarkan semasa SMU
  1. Fotokopi SPT orang eksklusif tahun2011 atau tahun 2012 (apabila mempunyai).
  1. Fotokopi SPT Badan Usaha tahun2011 atau tahun 2012 (apabila mempunyai).
  1. Fotokopi Surat Perjanjian Hutang-Piutang (apabia mempunyai).
  1. Surat Pernyataan Bukan Perokok Aktif
  1. Fotokopi Surat Ijin Usaha (kalau mempunyai)

Calon Mahasiswa yang terbukti melakukan kecurangan/tidak jujur dalam pengiriman dan pengisian formulir 1 s/d 8 serta data dukung diberikan sanksi dibatalkan/ digugurkan sebagai mahasiswa gres Universitas Diponegoro.

Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.