[Maba] Biaya Kuliah PPI Madiun 2024

[Maba] Biaya Kuliah PPI Madiun 2024

Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) di Madiun, Jawa Timur, sudah dipesan 600 lulusannya nanti untuk operasionalisasi mass rapid transit (MRT) di Jakarta. Padahal, ketika ini setiap angkatan hanya menerima 120 mahasiswa untuk dididik hingga tingkat diploma III”. Kompas 1/12/2015

Sengaja admin kutip info di atas untuk menunjukkan bahwa lulusan Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) sangat prospektus. Diperkirakan hingga tahun 2030 Indonesia memerlukan 101.440 tenaga kerja operator perkeretaapian dan 2.330 untuk kebutuhan tenaga kerja regulator perkeretaapian.

Akademi Perkeretaapian Indonesia Madiun secara resmi menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang perkeretaapian berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 30 Tahun 2014 wacana Organisasi dan Tata Kerja API Madiun. Sedangkan dasar aturan penyelenggaraan pendidikan diploma diterbitkan Kemendikbud (waktu itu) dengan Permendikbud No 110/E/O/2014.

API Madiun mengadakan pendidikan Program Diploma dengan 4 (empat) acara studi:

  1. Diploma III Teknik Bangunan dan Jembatan Perkeretapian (TBJP). Pembelajaran Teori 58 SKS, Praktek 56 SKS
  1. Diploma III Teknik Elektro Perkeretapian (TEP). Pembelajaran Teori 59 SKS, Praktek 60 SKS
  1. Diploma III Teknik Mekanika Perkeretapian (TMP). Pembelajaran Teori 61 SKS, Praktek 59 SKS
  1. Diploma III Manajeman Transportasi Perkeretapian (MTP). Pembelajaran Teori 72 SKS, Praktek 48 SKS.

Jalur Penerimaan PPI Madiun

Jalur Pembibitan (Polbit)

Peserta pendidikan Pola Pembibitan nantinya sehabis menyelesaikan abad pendidikan, mampu diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara. Tahapan seleksi akan dilaksanakan melakukan pekerjaan sama dengan Badan Kepegawaian Negara dengan diselenggarakan Tes Kompetesi Dasar (TKD) dan Tes Potensi Akademik (TPA) dengan tata cara Computer Assisted Test (CAT) seperti pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Tahun 2019 API Madiun cuma menerima taruna dari Pola Pembibitan Pusat (Kemenhub), tidak membuka Polbit jalur Daerah. Biaya yang ditanggung pemerintah adalah ongkos akademik yakni duit semester/SPP saja, sedangkan ongkos fasilitas penunjang mirip seragam, laundry dan lain-lain di tanggung para taruna/i.

Jalur Reguler

Perbedaan dengan jalur Polbit lulusan tidak diangkat menjadi ASN, disamping itu semua biaya tergolong ongkos akademik ditanggung sendiri. Waktu pelaksanaan seleksi jalur reguler diselenggarakan sehabis jalur Polbit akhir.

Jalur Mandiri

Perbedaan utama dengan jalur reguler biaya akademik per semester lebih mahal sekitar 14 Juta dibandingkan dengan jalur reguler dengan SPP berkisar antara Rp 3 s/d 5 Juta per semester. Waktu pelaksanaan seleksi dilakukan setelah proses Jalur Reguler tamat.

Biaya Seleksi PPI Madiun

Proses seleksi penerimaan mahassiwa gres API Madiun harus melalui beberapa tahap seleksi. Setiap tahap seleksi akan dikenakan biaya yang umumnya dibayarkan bila akseptor sudah lolos pada tahap sebelumnya.

Berikut besaran biaya pada seleksi penerimaan mahasiswa gres API Madiun:

  1. Pendaftaran: Rp 150.000 – 300.000
  1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): Rp 100.000 – 200.000
  1. Seleksi Tes Potensi Akademik: Rp 150.000 – 200.000
  1. Seleksi Psikotes: Rp 355.000 – 450.000
  1. Seleksi Kesehatan: Rp 1250.000 – 1.500.000
  1. Seleksi Kesamaptaan: Rp 150.000 – 300.000
  1. Seleksi Wawancara: Rp 150.000 – 165.000

Biaya Kuliah PPI Madiun

Pekembangan modern ongkos kuliah API Madiun diatur dalam peraturan Menteri Keuangan Nomor: 124/PMK.05/2022 tentang tarif Layanan Badan layanan Umum Akademi Perkeretaapian Indonesia Madiun pada Kementerian Perhubungan.

Terkait dengan Tarif layanan ini, hal yang perlu diamati bagi yang masyarakat biasa atau calon mahasiswa yang terpikatkuliah di API Madiun yakni tarif layanan akademik.

Tarif layanan akademik mencakup:

  • tarif seleksi penerimaan penerima pendidikan dan pembinaan
  • tarif pendidikan dan training pembentukan
  • tarif pendidikan dan pembinaan teknis
  • tarif akademik yang lain.

Jika sudah diterima atau lulus seleksi, mahasiswa gres harus bersiap-siap mengikuti aktivitas permulaan sebagai taruna API Madiun mirip Diklat era dasar pembentukan huruf (Madatukar).

Biaya pembentukan karakter (Madatukar) sudah dikontrol dalam PMK, tetapi sebenarnya biaya yang terbesar yang harus ditanggung pada awal menjadi mahasiswa gres yaitu ongkos perlengkapan taruna yang meraih Rp 18.800.000 per taruna.

Jalur Polbit

Keuntungan taruna diterima dari jalur mandiri pastinya selepas menyelesaikan pendidikan bisa diangkat selaku PNS di lingkungan Kementerian Perhubungan. Selain ongkos akademik yaitu duit semester/SPP ditanggung pemerintah.

Namun untuk biaya fasilitas penunjang seperti seragam, laundry dan lain-lain di tanggung para taruna/i.

Berikut biaya yang harus dibayarkan kandidat taruna ketika melakukan daftar ulang

Jalur Mandiri

Selain jalur pola pembibibtan dan reguler, API Madiun juga membuka penerimaan kandidat taruna/i lewat jalur berdikari.

Biaya daftar ulang jalur mandiri PPI Madiun

Catatan:

1. Biaya yang sudah dibayarkan tidak mampu dikembalikan dengan argumentasi apapun.

2. Biaya tersebut sudah termasuk ongkos peralatan taruna selama pendidikan.

3. Besaran Biaya Pendidikan adalah Rp. 11.310.000,- per Semester.

Pembebasan Biaya

Terhadap taruna tertentu dapat dikenakan tarif layanan sampai dengan Rp0,00 (nol Rupiah) dari tarif pendidikan dan training pembentukan. Kriteria taruna yang menerima pembebasan biaya paling sedikit mencakup:

a. taruna teladan;

b. taruna berprestasi nasional atau internasional;

c. taruna dari keluarga miskin; dan/ atau

d. taruna terdampak kondisi kahar;

Simak Video Pendaftaran dan Biaya Kuliah API Madiun:

https://youtube.com/watch?v=fjTI6k5I_K4%3Ffeature%3Doembed
Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.