[Maba] Biaya Kuliah Politeknik Negeri Madura – POLTERA 2024

[Maba] Biaya Kuliah Politeknik Negeri Madura – POLTERA 2024 – Biaya kuliah Politeknik Negeri Madura atau POLTERA dibedakan berdasarkan jalur masuk mahasiswa gres. Pembiayaan perkuliahan memakai sistem uang kuliah tunggal (UKT) di mana mahasiswa cuma mengeluarkan uang sekali dalam satu semester tanpa dibebankan lagi biaya lain-lain seperti duit gedung, ongkos praktek, biaya ujian atau biaya wisuda.

Namun seiring berjalannya waktu, perguruan tinggi negeri diperbolehkan untuk megenakan uang pangkal / duit gedung atau tunjangan pendidikan terhadap mahasiswa yang mendaftar di Jalur Mandiri.

Hal ini dikontrol dalam Permenristekdikti No 22 Tahun 2015 ihwal Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi negeri di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Pasal 9 (1) menyebutkan Perguruan Tinggi Negeri mampu memungut uang pangkal dan/atau pungutan lain selain UKT dari mahasiswa gres Program Sarjana dan Program Diploma

Penerimaan mahasiswa gres POLTERA mencakup 3 (tiga) jalur yakni SNBP, SNBT dan Mandiri.

Biaya kuliah jalur SNBP dan SNBT cuma dikenakan UKT saja, tetapi untuk jalur UM terdapat duit Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPI) sebesar Rp 10.000.000 yang mesti dibayarkan ketika melaksanakan registrasi sebagai mahasiswa gres. Selain itu mahasiswa jalur mandiri juga ditetapkan UKT pada kalangan tetinggi yaitu kelompok VIII.

Bagi mahasiswa jalur SNBP dan SNBT pengelompokan berdasarkan kesanggupan ekonomi orang tua atau pihak yang membiayai.

Pengelompokan ini berdasarkan borang dan bukti penunjang yang mesti ditambahkan dikala melaksanakan pendaftaran secara online.

UKT Jalur SNBP dan SNBT

Biaya Kuliah Poltera Madura

Biaya kuliah Poltera Jalur Mandiri

Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.