[Maba] Biaya Kuliah Politeknik Negeri Padang – PNP 2024

[Maba] Biaya Kuliah Politeknik Negeri Padang – PNP 2024 – Biaya kuliah Politeknik Negeri Padang PNP besarannya tergantung pada jalur masuk mahasiswa gres. Jalur masuk registrasi akan memilih kelompok UKT serta pengenaan SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi). Hanya jalur berdikari yang diharuskan membayar biaya SPI, sedangkan jalur SNBP dan SNBT tanpa dibebani uang pangkal.

Selain itu unsur ongkos lain yang mesti ditanggung saat melakukan pendaftaran ulang mencakup biaya asuransi dan ongkos Diklat KBN (Kedisiplinan dan Bela Negara). Biaya asuransi Ro 15.000 per tahun, sedangkan Biaya Diklat KBN Rp 950.000  cuma untuk semester I.

Secara biasa teladan penerimaan dan pendaftaran mahasiswa baru PNP terdiri atas:

  • Jalur Nasional SNBP dan SNBT
  • Jalur Mandiri
  • Jalur Kerjasama

Jalur SNBP dan SNBT

Komponen biaya yang mesti ditanggung calon mahaiswa gres Jalur SNBP dan SNBT saat melakukan registrasi ulang ialah UKT + Asuransi + Biaya Diklat KBN. Semester selanjutnya hanya UKT yang mesti dibayarkan.

Penentuan UKT menurut doumen yang diunggah ketika melaksanakan registrasi. Dokumen pendukung tersebut diantaranya berupa surat keterangan penghasilan orang renta, bukti pembayaran listrik/air, foto penampakan rumah dll.

Hasil verifikasi dan validasi pihak kampus akan memilih besaran atau golongan UKT camaba.

Daftar UKT PNP Padang

Biaya lain yang harus dilunasi dikala regitsrasi:

  1. Biaya Asuransi Rp 45.000 untuk DIII, dan Rp 60.000 untuk program sarjana terapan DIV.
  1. Biaya Diklat KBN (Kedisiplinan dan Bela Negara) Rp 950.000

Jalur Mandiri

Perbedaan utama jalur mandiri dengan jalur reguer seleksi nasional (SNBP dan SNBT) PNP Padang ialah wacana Sumbangan Pengembangan Institusi atau SPI. Camaba dari jalur berdikari juga dikenakan SPI dengan nilai nominal tergantung program studi.

Jalur mampu berdiri diatas kaki sendiri juga ada biaya asuransi dan Biaya Diklat KBN (Kedisiplinan dan Bela Negara) yang jumlahnya sama dengan jalur reguler.

Sementara besaran Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) ditetapkan untuk jenjang DIII Rp 6.000.000 dan jenjang Sarjana terapan (DIV) Rp 8.000.000. SPI mampu diangsur 2 kali 50% dibayarkan pada semester I sedangkan sisanya 50% dilunasi pada Smesetr II.

Beriku besaran SPI PNP Padang per acara studi:

Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.