[Maba] Biaya Kuliah Institut Teknologi Sumatera ITERA 2024

[Maba] Biaya Kuliah Institut Teknologi Sumatera ITERA 2024 – Institut Teknologi Sumatera (Itera) berlokasi di Lampung Selatan ialah sekolah tinggi tinggi negeri yang didirikan menurut Perpres No 124 Tahun 2014 tentang Pendirian Institut Teknologi Sumatera. Sebelumnya secara akademik ITERA sudah memulai kegiatannya dengan menerima mahasiswa baru semenjak tahun 2012-2013.

Pada tahun 2015, ITERA menerapkan ketentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa ITERA 2015. UKT yaitu tata cara pembayaran akademik di mana mahasiswa program S1 reguler mengeluarkan uang ongkos satuan pendidikan yang telah ditetapkan program studi masing-masing. UKT dibayarkan dalam jumlah yang serupa setiap semester.

Selama kuliah setiap mahasiswa tidak dikenakan ongkos apapun selain biaya UKT tersebut. Biaya praktikum, uang pangkal, uang gedung, bantuan, jas almamater, dan baju olahraga telah termasuk kedalam UKT. Penentuan besaran UKT berdasarkan kemampuan penghasilan orang renta atau pihak yang membiayai. Mahasiswa jalur SNBP dan SNBT (dulunya SBMPTN dan SBMPTN) mempunyai potensi untuk dikelompokkan UKT pada level I s/d VIII.

Untuk memilih besaran UKT yang dibebankan, Calon Mahasiswa baru wajib mengisi Data Induk Mahasiswa (DIM) dengan login pada situs web: http://dim.itera.ac.id/. Pengisian data juga harus mengunggah (upload) berkas kriteria sebagai dasar penentuan UKT.  Dokumen yang perlu disediakan:

  1. KTP orang tua
  1. Kartu Keluarga
  1. Bukti Tagihan Listrik
  1. Bukti PBB Rumah
  1. Bukti honor Orang bau tanah
  1. Foto Rumah
  1. Surat Kendaraan Bermotor (roda 2 maupun roda 4)
  1. Tagihan Telepon (jikalau ada)
  1. Tagihan PAM (kalau ada)
  1. Pemabayaran kredit (jikalau ada)

Panitia akan memverifikasi kelengkapan dokumen, berikutnya pengumuman penentuan Golongan uang kuliah tunggal (UKT) akan dijadwalkan.

Jalur SNBP dan SNBT

UKT ITERA modern diatur dalam Pemen Ristekdikti Nomor 101/M/KPT/2019 tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 91/M/KPT/2018 Tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal Pada PTN di Lingkungan Kementerianrisetdikti Tinggi Tahun Angkatan 2018.

Perubahan dikarenakan adanya penambahan program studi gres, Besaran dan pengelompokan tetap sama, terdiri dari 8 kelompok dengan nilai nominal antara Rp 500 ribu dan paling tinggi (Kelompok VIII) Rp 9.500.000, berikut daftarnya:

UKT ITERA 2023

Jalur Mandiri

Berbeda dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN yang punya kesempatan untuk masuk kategori I hingga dengan VIII, ongkos kuliah jalur mampu berdiri diatas kaki sendiri ITERA ditetapkan UKT pada level tertinggi atau kalangan VIII yang mengikat hingga akhir kuliah.

Selain dikenakan UKT Golongan VIII (8), calon mahasiswa ITERA jalur berdikari program sarjana juga wajib membayar Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI) satu kali selama abad studi dengan besaran beragam berdasarkan program studi.

SPI ITERA 2023

Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.