Link Jalur Pendaftaran Kuliah UNIMA 2024/2025

www.unima.ac.id 2024 — Pendaftaran UNIMA Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNIMA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIMA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIMA, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / S1 / S2 / S3 UNIMA, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UNIMA, Pendaftaran Online UNIMA, Penerimaan Online UNIMA, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Negeri Manado (UNIMA), 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNIMA 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan harapan semoga bisa menjadi arahan bagi anda dalam persiapan melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNIMA. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.
 Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIMA Link Jalur Pendaftaran Kuliah UNIMA 2024/2025
Universitas Negeri Manado atau disingkat UNIMA adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara yang tepatnya terletak di bukit Tonsaru Tataaran Tondano, Sulawesi Utara, Indonesia.
Universitas Negeri Manado (UNIMA) didirikan pada tanggal 22 September 1955. Universitas Negeri Manado (UNIMA) pada mulanya berasal dari Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) yang merupakan satu dari empat PTPG yang didirikan pertama di Indonesia yaitu PTPG Batusangkar, PTPG Malang, PTPG Bandung, PTPG Tondano yang sekarang telah menjadi Universitas Negeri Manado (UNIMA).
Program Studi Bidang IPA
  • Fisika Geotermal, Ilmu Biologi, Ilmu Fisika, Ilmu Geografi, Ilmu Keolahragaan, Ilmu Kimia, Pend. Biologi, Pend. Fisika, Pendidikan IPA, Pend. Inf./Kom, Pend. Kimia, Pend. Matematika, Pend. Tek Bangunan, Pend. Tek Elektro, Pend. Tek Mesin.

Program Studi Bidang IPS

  • Akuntansi, Bahasa & Sastra Inggris, Bimbingan Konseling, Ilmu Adm. Negara, Ilmu Hukum, Manajemen, Pend. Agama Hindu, Pend. Anak Usia Dini, Pend. Bahasa Indonesia, Pend. Bahasa Jepang, Pend. Bah Inggris, Pend. Bah. Jerman, Pend. Bah. Perancis, Pend Ekonomi, Pend Geografi, Pendidikan IPS, Pendidikan Sosiologi, Pend. Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Pend. Kepelatihan Olahraga Pend. Kes. Kel, Pend. Sejarah, Pend. Seni Musik Seni Musik, Pend. Seni Rupa, PGSD, PLB/P.KH, PLS, PPKN, Psikologi
Program Pascasarjana UNIMA
  • S3 Manajemen Pendidikan, S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, S2 Manajemen Pendidikan, S2 Biologi, S2 Administrasi Negara, S2 Pendidikan IPA, S2 Pendidikan IPS, S2 PGSD, S2 Ilmu Kimia, S2 Pendidikan Matematika, S2 Pendidikan Bahasa Inggris, S2 Pendidikan Olahraga, S2 Pendidikan Ekonomi, S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan
Itulah sedikit informasi mengenai UNIMA. Dari beberapa Program Studi yang ada di UNIMA, mungkin ada salah satu yang anda minati, untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi mahasiswa baru UNIMA.
Pada tahun ini UNIMA membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru, baik jalur nasional maupun jalur mandiri. Langsung saja kita bahas jalur-jalur tersebut.
1. Pendaftaran UNIMA Jalur SNBP
UNIMA adalah salah satu universitas negeri yang membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP.
Jalur SNBP merupakan jalur seleksi nasional tanpa tes yang ditujukan bagi siswa SMA / SMK / MA sederajat yang akan lulus tahun ini dan berprestasi tinggi yang ditunjukkan secara konsisten.

Bagi siswa yang berminat untuk mendaftar SNBP, maka harus mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah, serta harus mengikuti semua ketentuan seleksi SNBP.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SNBP seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran – seleksi – pengumuman, tahapan pendaftaran lengkap, biaya pendaftaran, cara mendaftar, pilihan PTN dan program studinya, serta ketentuan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNIMA Jalur SNBT
Jalur seleksi nasional berikutnya yang dibuka setelah SNBP adalah jalur SNBT. Jalur SNBT juga merupakan jalur favorit selain dari SNBP.

Perlu kalian ketahui bahwa jalur SNBT ini berbeda dengan SNBP. Pada jalur SNBP hanya siswa yang berprestasi saja yang bisa mendaftarnya, sedangkan pada jalur SNBT tidak ada syarat prestasi untuk mendaftarnya.

Selain itu, pada jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi lulusan tahun ini saja, sedangkan pada jalur SNBT diperuntukkan bagi lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk mendaftar SNBT, maka harus mengetahui alur pendaftarannya dari tahap awal hingga tahap akhir serta harus bisa memenuhi persyaratan dan mengikuti ketentuannya.

Pendaftaran SNBT dilakukan secara online dengan mengisi formulir di laman resminya.

Keterangan lebih lanjut mengenai SNBT dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai persyaratan, link, jadwal, biaya, cara mendaftar, daftar PTN, dan lain sebagainya.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNIMA
Seperti pada Universitas Negeri lainnya, UNIMA juga merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Sebelumnya, KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi. Namun karena adanya kebijakan baru, maka nama Bidikmisi pun ikuti diubah dan kini menjadi KIP Kuliah.

Bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang memiliki kekurangan dari segi ekonomi namun juga calon mahasiswa tersebut memiliki potensi akademik baik selama menempuh pendidikan di jenjang SLTA.

Untuk mendaftar KIP Kuliah, maka dapat dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Apabila mengalami kesulitan, maka bisa meminta bantuan dan arahan pada pihak sekolah untuk mendaftarkan kalian.

Untuk penjelasan lainnya mengenai KIP Kuliah seperti persyaratan KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab KIP Kuliah, dan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

4. Pendaftaran Baku Beking Pande (B2P) UNIMA
Selain membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional, UNIMA juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Jalur mandiri UNIMA disebut dengan Baku Beking Pande (B2P).
Baku Beking Pande (B2P) merupakan jalur seleksi berkas berdasarkan prestasi dilanjutkan dengan ujian tertulis yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Manado (UNIMA). Jalur ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukan bagi program Diploma dan Sarjana UNIMA.
Untuk peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi SNBP atau SNBT tetapi dnyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti jalur seleksi Baku Beking Pande (B2P).
Persyaratan Akademik
  • Calon mahasiswa lulus seleksi berkas dan ujian tertulis bagi yang mengambil jalur B2P
Persyaratan Administrasi
  • Formulir Data Diri (diambil di PERCETAKAN belakang Kantor Pusat UNIMA), 2 rangkap
  • Surat Tanda Tamat Belajar (STTB), 2 rangkap
  • Surat Tanda Lulus (STL), 2 rangkap
  • Bukti / Slip Pembayaran SPP dan Asuransi, 2 rangkap
  • Bukti Lulus Seleksi B2P, 2 rangkap
  • Pas Foto: 3 x 4, 2 rangkap
Tata Cara Pendaftaran Jalur B2P
  1. Mendaftar untuk mendapatkan kode akses pendaftaran (KAP)
  2. Membayar biaya pendaftaran di Bank dengan menunjukkan KAP
  3. Memperoleh PIN
  4. Login ke web untuk memilih program studi dan melengkapi data pendaftaran serta mengunggah dokumen
  5. Mengunci dan mengirim data pendaftaran (submit)
  6. Mencetak bukti pendaftaran dan kartu peserta
  7. Mengikuti tes
  8. Melihat pengumuman kelulusan
Informasi lebih lanjut dapat anda lihat di alamat web resmi UNIMA. yaitu www.unima.ac.id/pmb
5. Pendaftaran Pascasarjana UNIMA
Penerimaan mahasiswa baru untuk Program Magister (S2) dan Doktor (S3) dilaksanakan melalui seleksi oleh Pasca Sarjana Universitas Negeri Manado (UNIMA).
Persyaratan Akademik
  • Calon mahasiswa telah lulus jenjang Sarjana (S1) bagi pelamar jenjang Magister (S2)
  • Calon mahasiswa telah lulus jenjang Magister (S2) bagi pelamar jenjang Doktor (S3)
  • Calon mahasiswa sudah lulus seleksi yang diadakan oleh Program Pasca Sarjana (PPS)
Persyaratan Administrasi
  • Formulir Pendaftaran  
  • Ijazah dan Transkrip Akademik S1 bagi pelamar jenjang Magister (S2)  
  • Ijazah dan Transkrip Akademik S2 bagi pelamar jenjang Doktor (S3)  
  • Pas Foto

Persyaratan lainnya dan informasi lainnya lebih lanjut dapat menghubungi Program Pasca Sarjana (PPS) Universitas Negeri Manado atau dapat anda baca langsung di web resmi UNIMA, yaitu pps-unima.ac.id
6. Pendaftaran Mahasiswa Pindahan
Bagi anda yang ingin pindah kuliah ke UNIMAL, maka anda dapat melakukannya pada setiap awal Semester. Penerimaan mahasiswa pindahan dari PTN maupun PTS ke UNIMAL dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:
Persyaratan Akademik
  • Mahasiswa terdaftar pada PDPT dengan Perguruan Tinggi asal.
Persyaratan Administrasi 
  • Surat keterangan keluar dari Perguruan Tinggi Asal.
  • Ijazah terakhir dan akreditasi mata kuliah.
  • Surat keterangan diterima di Universitas Tujuan, dalam hal ini di UNIMA.
Informasi lain yang belum dimuat disini dapat anda baca langsung di web resmi UNIMA, yaitu www.unima.ac.id/pmb
Itulah informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNIMA yang dapat anda bagikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut dapat menambah atau melengkap informasi yang telah anda miliki.
Silahkan bagikan juga artikel ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan.
Admin turut mendakan semoga ada bisa lulus seleksi masuk Universitas Negeri Manado (UNIMA) melalui jalur yang anda ikuti. Terima kasih admin sampaikan kepada pengunjung setia web ini, semoga kita semua selalu mendapatkan kesuksesan sepanjang hidup. Aamiin.
Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.