Kabar CASN Contoh Ice Breaking dalam Kelas Kreatif

Dalam dunia pendidikan, menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran yang efektif tidak hanya melibatkan penyampaian materi pelajaran yang baik, tetapi juga melibatkan pengelolaan interaksi sosial di dalam kelas. Salah satu cara yang efektif untuk memulai interaksi di antara siswa dan menciptakan suasana yang nyaman adalah dengan menggunakan teknik “ice breaking.” Artikel ini akan membahas pengertian ice breaking, pentingnya penerapannya dalam kelas, dan memberikan beberapa contoh teknik ice breaking yang dapat diadopsi oleh pendidik.

Pengertian Ice Breaking

Ice breaking adalah suatu teknik atau kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi kecanggungan, meningkatkan interaksi, dan membangun keakraban di antara peserta didik. Dalam konteks kelas, ice breaking dapat membantu siswa merasa lebih nyaman, membuka komunikasi yang efektif, dan menciptakan suasana belajar yang positif.

Pentingnya Ice Breaking dalam Kelas

  1. Mengurangi Kecanggungan: Siswa seringkali merasa canggung ketika berada dalam kelompok baru. Ice breaking membantu mengurangi kecanggungan ini, memungkinkan siswa merasa lebih santai dan terbuka untuk berinteraksi.
  2. Membangun Keakraban: Dengan melakukan kegiatan ice breaking, siswa memiliki kesempatan untuk saling mengenal satu sama lain dengan cara yang menyenangkan. Ini membantu membangun keakraban dan meningkatkan kenyamanan di dalam kelas.
  3. Mendorong Komunikasi: Ice breaking dapat merangsang komunikasi antar siswa. Hal ini penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan kolaboratif.

Contoh Ice Breaking dalam Kelas

  1. Nama dan Hobi Unik

Siswa diminta untuk memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama dan hobi unik mereka. Ini membuka kesempatan untuk pembicaraan yang lebih mendalam tentang minat dan kesukaan masing-masing.

  • Bingo Perkenalan

Guru menyusun lembar bingo dengan pernyataan seperti “Seseorang yang suka membaca buku fantasy” atau “Seseorang yang pernah berkunjung ke luar negeri.” Siswa berkeliling kelas untuk menemukan teman sekelas yang sesuai dengan pernyataan tersebut.

  • Tim Bangunan Kertas

Siswa dibagi menjadi kelompok kecil dan diberikan tugas untuk membangun struktur tertentu menggunakan hanya kertas. Kegiatan ini merangsang kerjasama tim dan kreativitas.

Halaman Selanjutnya

Peta Keliling Dunia…

Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.