CPNS Prov. Papua 2024/2025

Selamat datang di SSCNBKN.id, sumber informasi terpercaya mengenai tahapan seleksi CPNS 2024/2025. Kami akan membahas langkah-langkah penting dalam proses seleksi ini agar Anda dapat memahaminya dengan mudah.

Pendaftaran CPNS di Indonesia

Pendaftaran CPNS tahun ini akan dilaksanakan secara serentak melalui website resmi SSCASN.BKN.GO.ID. Panduan lengkap mengenai cara mendaftar, membuat akun, dan memilih unit kerja dapat ditemukan di halaman ini.

Seleksi Administrasi

Setelah Anda mendaftar, berkas lamaran dan dokumen yang diunggah akan diverifikasi oleh Panitia Penyelenggara Pengadaan CPNS. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan melalui portal SSCASN.BKN.GO.ID dan email pribadi Anda.

Perbedaan CPNS dan PPPK

Penting untuk memahami perbedaan antara CPNS dan PPPK. CPNS adalah jalur rekrutmen dengan status kepegawaian tetap, sementara PPPK adalah pegawai dengan perjanjian kerja yang bersifat kontrak. CPNS biasanya diumumkan oleh instansi pemerintah pusat atau daerah, sementara PPPK dapat dilakukan oleh berbagai instansi pemerintah.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Peserta yang lulus administrasi akan mengikuti tes SKD dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Tes SKD mencakup Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Peserta yang lulus SKD akan mengikuti tes SKB yang menilai kemampuan dan karakteristik yang sesuai dengan jabatan yang dilamar.

Jumlah Formasi CPNS dan PPPK Tahun 2024/2025

Pemerintah Indonesia telah menetapkan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) secara nasional. Formasi CPNS dan PPPK akan dibagi di antara pemerintah pusat dan daerah. Rincian kebutuhan dapat ditemukan pada [halaman ini](Menunggu pengumuman).

Materi Tes SKB

Materi tes SKB akan mencakup peraturan yang relevan dengan instansi yang dilamar, serta materi yang berkaitan dengan latar belakang studi dan jabatan yang dilamar.

Pengumuman Kelulusan Akhir

Hasil akhir seleksi, yang merupakan integrasi nilai SKD dan SKB, akan menentukan kelulusan akhir. Pengumuman kelulusan akhir akan diumumkan secara online.

Ini adalah langkah penting dalam memastikan bahwa CPNS yang terpilih adalah individu yang kompeten dan berkomitmen untuk melayani masyarakat dan negara dengan sebaik-baiknya.

Terima kasih telah mengunjungi SSCNBKN.id untuk informasi terkini mengenai penerimaan CPNS 2024/2025. Kami harap informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam persiapan mengikuti seleksi. Tetaplah pantau website resmi untuk update terbaru.

Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.