CPNS Kab. Pasaman 2024/2025

Persiapan dan Cara Daftar CPNS/PPPK 2024 di Pemerintah Kabupaten Pasaman

Pemerintah Kabupaten Pasaman, dengan singkatan Pemkab Pasaman, telah mengumumkan persiapan untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024/2025. Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi bagian dari Pemkab Pasaman, berikut adalah informasi penting mengenai persiapan, cara mendaftar, dan tahapan seleksi yang perlu Anda ketahui:

Tentang Kabupaten Pasaman

Kabupaten Pasaman merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Barat, Indonesia, dengan ibu kota berada di Lubuk Sikaping. Wilayah ini memiliki sejarah panjang, termasuk masa penjajahan oleh Belanda.

Penerimaan CPNS/PPPK 2024/2025 di Pemkab Pasaman

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) telah menetapkan keputusan mengenai pendaftaran CPNS/PPPK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman untuk tahun 2024/2025. Pemerintah Kabupaten Pasaman memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan mereka.

Tahapan Pelaksanaan CPNS/PPPK di Kabupaten Pasaman

Proses penerimaan CPNS/PPPK di Kabupaten Pasaman melibatkan beberapa tahapan penting. Berikut adalah tahapan-tahapan tersebut:

  1. Pengumuman Penerimaan: Pemerintah Kabupaten Pasaman akan mengumumkan penerimaan CPNS/PPPK melalui saluran resmi.
  2. Pendaftaran Online: Pendaftaran dilakukan secara online melalui website resmi, yaitu https://daftar-sscasn.bkn.go.id/. Di sana, Anda dapat membuat akun dan memilih unit kerja yang sesuai.
  3. Pengumuman Seleksi Administrasi: Setelah pendaftaran, panitia akan melakukan verifikasi terhadap berkas lamaran dan dokumen yang diunggah oleh pelamar. Pengumuman hasil seleksi administrasi akan diumumkan melalui portal SSCASN dan email pelamar.
  4. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): Peserta yang lolos administrasi akan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). SKD meliputi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
  5. Pengumuman Hasil SKD: Hasil SKD akan diumumkan melalui portal yang ditentukan.
  6. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB): Peserta yang lulus SKD akan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), yang materinya akan disesuaikan dengan posisi formasi yang dilamar.
  7. Pengumuman Kelulusan Akhir: Hasil integrasi nilai SKD dan SKB akan menentukan kelulusan akhir peserta CPNS Kabupaten Pasaman. Pengumuman kelulusan akhir akan diumumkan melalui portal yang ditentukan.

Pengumuman dan Formasi CPNS/PPPK

Rincian kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman akan diumumkan secara resmi. Anda dapat mengunduh pengumuman formasi penerimaan PPPK Guru Kabupaten Pasaman dalam bentuk PDF dari tautan yang akan disediakan.

Materi Tes SKB CPNS/PPPK 2024/2025

Materi tes SKB akan mencakup peraturan yang berlaku, peraturan instansi yang dilamar, serta relevansi dengan latar belakang studi pelamar. Materi tes ini akan disesuaikan dengan posisi formasi yang dilamar.

Jumlah Formasi CPNS/PPPK Tahun 2024/2025

Pemerintah telah menetapkan rencana kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) secara nasional untuk tahun 2023. Namun, informasi lebih lanjut mengenai jumlah formasi CPNS/PPPK untuk tahun 2024 akan diumumkan secara resmi.

Pilihan antara CPNS dan PPPK

Penting untuk dicatat bahwa ada perbedaan antara CPNS dan PPPK. CPNS adalah jalur rekrutmen pegawai negeri yang dilakukan melalui seleksi nasional, sementara PPPK adalah jalur rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bersifat kontrak. Pilihan antara keduanya tergantung pada kebijakan instansi pemerintah yang bersangkutan serta persyaratan yang berlaku.

Demikianlah informasi mengenai persiapan, cara daftar, dan tahapan seleksi CPNS/PPPK 2024 di Pemerintah Kabupaten Pasaman. Pastikan untuk selalu mengikuti pengumuman resmi dari Pemkab Pasaman melalui website resmi mereka untuk mendapatkan informasi terbaru. Semoga Anda berhasil dalam perjalanan menuju menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil atau PPPK di Kabupaten Pasaman

Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.