Cara Cek Tips Memilih Kost yang Baik bagi Mahasiswa agar Kuliah Lebih Optimal

Tips Memilih Kost yang Baik bagi Mahasiswa agar Kuliah Lebih Optimal — Tips Memilih Kost yang Baik bagi Mahasiswa Baru, Tips Mencari Kos-Kosan Terbaik, Tips Memilih Kos Ideal untuk Mahasiswa Baru, Tips Memilih Kos Bagi Mahasiswa, Tips Memilih Kost yang Wajib Diketahui, Tips Memilih Kos yang Nyaman, Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kost, Tips Ngekost, Tips Memilih Kost yang Sehat, Kost Tipe A – B – C, Harga Kost Dekat Kampus Ternama.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Tips Memilih Kost yang Baik bagi Mahasiswa agar Kuliah Lebih Optimal. Informasi ini ditujukan khususnya bagi para calon mahasiswa yang masih bingung mencari kost tang baik itu seperti apa. Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Tips Memilih Kost yang Baik bagi Mahasiswa agar Kuliah Lebih Optimal Cara Cek Tips Memilih Kost yang Baik bagi Mahasiswa agar Kuliah Lebih Optimal

Tips memilih kost harus menjadi pertimbangan bagi para mahasiswa untuk bisa mendapatkan kost yang paling baik. Mulai dari yang jaraknya dekat, strategis, memiliki lingkungan baik, murah, dan lain sebagainya.
Para mahasiswa harus bisa mempertimbangkan kost yang paling baik untuk tempat tinggalnya selama berkuliah. Dengan demikian, kuliah bisa berjalan dengan lancar, nyaman, dan tentunya tetap aman.
Bagi para mahasiswa tentunya memiliki kost adalah salah satu kebutuhan pokok dalam menempuh pendidikan di kota lain. Ketika harus menempuh pendidikan di tingkat Sarjana atau bahkan Magister, bagi para mahasiswa perantau tentu membutuhkan kost.
Bahkan, bagi para mahasiswa yang kuliah di kota asalnya, seringkali juga masih membutuhkan kost. Sebab, tidak jarang pula rumahnya memiliki jarak yang cukup jauh dengan universitas untuk menempuh pendidikan.
A. Fungsi dan Manfaat Kost bagi Mahasiswa
Kost sendiri memilki banyak sekali fungsi dan manfaat bagi para mahasiswa. Berikut ini beberapa manfaat dan fungsi kost bagi para mahasiswa:
1. Sebagai Tempat Istirahat
Yang paling pokok dari kost adalah mampu memberikan tempat bagi para mahasiswa untuk beristirahat. Setelah seharian beraktivtas di kampus atau berkegiatan di luar, tentu mahasiswa akan merasa letih.
Fungsi utama dari kost adalah sebagai tempat istirahat. Dengan demikian, para mahasiswa bisa kembali mengembalikan dan menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Dengan beristirahat, maka tubuh yang letih akan bisa kembali bugar.
2. Sebagai Tempat Belajar
Sebagai mahasiswa, tentu kita juga harus selalu belajar. Mulai dari mempelajari materi pembelajaran yang belum disampaikan oleh dosen, mengerjakan tugas, hingga mengulang materi yang telah diperoleh.
Dengan adanya kost, maka mahasiswa bisa memiliki tempat yang cocok untuk belajar. Di dalam kosnya sendiri, tentu para mahasiswa akan merasa bebas dan santai, sehingga proses belajar juga akan terasa lebih ringan dan menyenangkan.
Selain itu, mahasiswa juga bisa belajar sembari rebahan, mendengarkan musik, makan, minum, dan sebagainya agar belajar lebih santai.
3. Sebagai Tempat Singgah
Mahasiswa juga seringkali memiliki aktivtias di luar kampus yang cukup padat. Tugas kuliah atau tugas organisasi seringkali menuntut para mahasiswa untuk melakukan aktivitas di luar kampus.
Dalam menjalankan berbagai aktivitasnya, tentu para mahasiswa memerlukan waktu untuk istirahat atau singgah sejenak. Hal ini bertujuan agar tubuh tetap bugar di tengah padatnya agenda kegiatan.
Hal ini bisa dilakukan di kost mahasiswa. Ketika banyak agenda yang harus dilalui dan ada sedikit waktu jeda, mahasiswa bisa kembali ke kost sejenak untuk beristirahat.
Meskipun, mahasiswa bisa di kantin, musholla, perpustakaan, atau tempat lain, tapi kost menjadi tempat yang paling pas untuk singgah sejenak.
4. Sebagai Tempat Berbagai Perlengkapan
Bagi setiap mahasiswa yang menempuh pendidikan di suatu perguruan tinggi, tentu membutuhkan berbagai perlengkapan. Mulai dari pakaian, buku, peralatan elektronik, tempat tidur, atau berbagai perlengkapan yang dibutuhkan lainnya.
Berbagai perlengkapan tersebut tentu juga tidak dapat selalu dibawa oleh para mahasiswa. Hal ini menjadikan para mahasiswa membutuhkan tempat yang cukup untuk menampung berbagai perlengkapannya.
Dalam hal ini, kost bisa menjadi jawaban terbaik bagi para mahasiswa. Dengan memiliki kost, maka mahasiswa bisa mendapatkan tempat yang tepat untuk menyimpan berbagai perlengkapannya.
Beberapa hal di atas merupakan fungsi dan manfaat yang bisa didapatkan dengan memiliki kost bagi para mahasiswa. Terlebih lagi bagi mahasiswa baru, kost akan sangat diperlukan.
Sebab, mahasiswa baru seringkali memiliki kegiatan yang cukup padat. Mulai dari ospek, kegiatan makrab, maupun kegiatan-kegiatan lain yang tentunya akan membutuhkan banyak persiapan dan juga banyak istirahat.
B. Tips Memilih Kost yang Baik bagi Mahasiswa agar Kuliah Lebih Optimal
Kuliah dengan lancar, nyaman, dan optimal tentu menjadi harapan setiap mahasiswa. Hampir setiap mahasiswa pasti menginginkan untuk bisa belajar di bangku perkuliahan dengan lancar dan tanpa hambatan.
Salah satu hal yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap proses perkuliahan adalah kost. Meskipun hanya sebagai tempat tinggal ketika kuliah, namun kost mampu memberikan berbagai efek yang cukup besar bagi para mahasiswa.
Dalam memilih kost, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dengan memperhatikan berbagai hal ini, maka mahasiswa bisa mendapatkan kost yang baik dan mendukung proses perkualiahannya di suatu universitas.
Berikut ini beberapa tips agar mahasiswa bisa mendapatkan kost yang baik:
1. Dekat dengan Kampus
Jarak antara kos dan kampus akan sangat berpengaruh terhadap proses kuliah Anda. Sebab, dengan memilih kos yang jaraknya dekat dengan kampus, maka Anda bisa lebih mudah dan cepat dalam menuju kampus.
Hal ini bisa menjadikan perjalanan menuju kampus juga semakin singkat. Dengan demikian, Anda bisa berangkat dengan santai dan tidak terburu-buru. Berbeda halnya jika kos jauh dengan kampus.
Ketika harus masuk pagi, maka pasti Anda akan merasa terburu-buru dan takut jika terlambat. Hal ini justru bisa mengakibatkan Anda kurang maksimal dalam mempersiapkan berbagai hal.
Dimungkinkan, Anda akan lupa dalam membawa beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk kuliah. Selain itu, perjalanan juga akan kurang fokus karena pikiran kurang merasa tenang.
Ketika ada tugas atau barang yang tertinggal, maka Anda juga bisa dengan mudah kembali dan mengambil tugas atau barang tersebut. Kuliah pun aman, dan Anda bisa menjalani perkualiahan dengan optimal.
Lokasi kos yang jauh dari kampus juga bisa mengakibatkan Anda akan kelelahan. Perjalanan yang cukup jauh bisa menjadikan tubuh letih, hingga akhirnya Anda akan mengantuk ketika proses pembelajaran.
Hal ini tentu akan menghambat proses belajar. Berbagai ilmu dan tugas yang disampaikan dosen tidak bisa mudah tertampung. Alhasil, Anda akan tertinggal dalam proses pemahaman materi pembelajaran.
2. Lingkungan yang Mendukung
Lingkungan yang mendukung di sini diartikan sebagai lingkungan yang mampu memberikan pengaruh positif, serta memiliki pengaruh negatif yang sangat minim.
Lingkungan yang kurang baik bisa berupa pergaulan yang cukup bebas, banyak penghuni kos lain yang suka merokok, minum-minuman keras, dan lain sebagainya.
Meskipun Anda tidak termasuk di dalamnya, namun dengan berada di kawasan orang-orang seperti itu, maka Anda juga bisa mendapatkan pandangan yang negatif dari orang lain. Hal ini tentu akan sangat merugikan diri Anda sendiri.
Tidak hanya itu, lingkungan yang tidak kondusif juga akan sangat mengganggu proses belajar maupun istirahat Anda. Di lingkungan yang tidak kondusif, ramai, dan sering digunakan untuk nongkrong dan sebagainya, pasti Anda akan sangat terganggu.
Dengan demikian, istriahat dan belajar Anda menjadi tidak optimal. Maka sangat penting untuk memilih kos dengan lingkungan yang mendukung.
Untuk hal seperti ini, Anda bisa menanyakan pada masyarakat setempat atau ibu kos langsung. Anda bisa menanyakan siapa orang-orang yang ikut menyewa kos di lingkungan Anda, bagaimana kondisi lingkungan ketika malam, dan sebagainya.
3. Tempat yang Strategis
Untuk kuliah yang lebih nyaman, tips memilih kos yang baik bagi mahasiswa lainnya adalah memilih lokasi kos yang paling strategis. Lokasi kos yang strategis adalah kos yang berada di area yang dekat dengan berbagai fasilitas umum.
Lokasi strategis untuk kos adalah dekat dengan tempat makan, tempat ibadah, tempat fotokopi dan print, serta fasilitas umum lainnya. Dengan lokasi kos yang strategis, maka Anda bisa lebih nyaman dan mendukung kuliah Anda.
Kos mahasiswa dengan lokasi yang strategis pasti menjadi incaran banyak mahasiswa. Sebab, lokasi yang strategis akan menjadikan keseharian lebih nyaman dan menyenangkan.
Selain itu, para mahasiswa juga akan mendapatkan berbagai kemudahan. Dalam mencari makanan atau berbelanja berbagai hal lainnya, mahasiswa akan mudah mengakses toko dan restaurant.
Ketika tugas kuliah menuntut mahasiswa untuk mencetak pekerjaan, maka mahasiswa juga bisa mudah dalam mencetak pekerjaan. Dengan demikian, kuliah akan lebih mudah, lancar, dan optimal.
4. Harga Sewa yang Relatif Terjangkau
Bagi para mahasiswa, tentu berupaya untuk bisa sehemat mungkin. Hal ini dilakukan agar perekonomiannya bisa stabil dan tidak kekurangan, sehingga semua kebutuhan bisa tercukupi.
Biaya hidup bagi mahasiswa memang cukup tinggi. Mahasiswa harus bisa mengelola keuangan dengan baik untuk berbagai hal. Mulai dari biaya UKT, biaya untuk berbagai tugas dan membeli buku, biaya makan, biaya transportasi, hingga biaya kos.
Untuk lebih berhemat, maka mahasiswa tentu berupaya dalam menekan biaya hidup selama kuliah. Salah satunya adalah dengan memilih kos dengan biaya yang relatif terjangkau.
Oleh karena itu, Anda bisa memilih kos yang berkualitas dengan harga yang relatif terjangkau. Untuk mengetahui berbagai harga kos di area kampus, Anda bisa menanyakan kepada kakak kelas, atau teman-teman Anda.
Meskipun demikian, jangan sampai tergiur pada harga kos yang murah. Pastikan juga bahwa kualitas kos yang Anda tempati cukup baik. Artinya, lingkungan kos baik, fasilitas cukup lengkap, dan sebagainya.
5. Kelengkapan Fasilitas
Setiap pemilik kos memiliki cara yang berbeda dalam menarik perhatian mahasiswa atau dalam hal memberikan pelayanannya. Ada pemilik kos yang tidak menyediakan berbagai fasilitas yang cukup lengkap.
Namun demikian, tidak sedikit pula pemilik kos yang sangat murah hati dan menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk menyurvei atau berkonsultasi dengan begitu jelas.
Fasilitas yang tersedia mampu memberikan berbagai keuntungan bagi Anda. Dengan adanya fasilitas yang cukup lengkap, Anda tidak perlu menyiapkan berbagai kebutuhan lain untuk tinggal di kos.
Dengan demikian, biaya yang harus Anda keluarkan juga semakin kecil. Selain itu, Anda juga tidak akan direpotken dengan menyiapkan berbagai perlengkapan. Anda tidak perlu lagi berbelanja dan membawa berbagai perlengkapan ke kos Anda.
6. Akses dan Keamanan
Tips memilih kos yang baik untuk mahasiswa yang tidak kalah penting adalah mengenai akses dan keamanannya. Berbagai keunggulan atau harga yang murah dari suatu kos, namun keamanannya tidak terjamin, tentu tidak akan baik bagi mahasiswa.
Terlebih lagi, lingkungan kampus umumnya adalah lingkungan yang ramai. Tentu saja akan banyak orang yang lalu lalang, entah memang tinggal di daerah sekitar, ataupun juga hanya lewat di area sekitar kos-kosan.
Hal ini pastinya akan menjadikan keamanan semakin rapuh. Banyak sekali kasus kejahatan yand terjadi di lingkungan kos-kosan. Mulai dari pencurian, jambret, hingga tindak kejahatan lainnya.
Oleh karena itu, akan sangat penting bagi Anda untuk bisa memilih kos-kosan yang memberikan keamanan yang terbaik. Keamanan dalam area kos bisa diwujudkan dengan memberikan pagar yang mengelilingi area kos-kosan.
Selain itu, keamanan juga bisa dilakukan dengan memberikan satpam, kamera pengintai, hingga kunci kamar-kamar yang berkualitas. Dengan demikian, akan tercipta lingkungan kos yang relatif aman.
7. Khusus Putra dan Khusus Putri
Kost bagi mahasiswa juga sangat bervariasi. Ada sebagian kos yang bebas menerima pengguna kos putra maupun putri, namun tidak sedikit pula yang mengatur kos khusus untuk putra atau putri saja.
Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya berbagai hal yang tidak diinginkan. Bagi Anda yang berniat untuk fokus dalam menempuh pendidikan di jenjang perkuliahan, akan sangat baik jika Anda memilih kos khusus untuk putra atau putri saja.
Selain relatif lebih aman dari berbagai hal yang tidak diinginkan, Anda juga akan merasa nyaman. Bagi kaum muslim dan muslimah pun, tentu hal ini akan sangat mendukung aktivitasnya.
8. Aturan Kos-Kosan yang Sesuai
Bagi para pengguna kos, tentu sudah tahu dengan adanya aturan dalam lingkungan kos. Sebagian pemilik kos ada yang memberikan aturan bagi para pengguna kos. Hal ini dilakukan agar pengguna kos tidak semena-mena dalam menggunakan fasilitas yang ada.
Selain itu, hal ini juga dilakukan agar para mahasiswa pengguna kos tidak melakukan berbagai pelanggaran yang dapat menjadikan masyarakat terganggu.
Meskipun demikian, ada kalanya aturan dalam kos yang menjadikan aktivitas perkuliahan Anda terganggu, misalnya waktu tutup kost.
Pemilik kos seringkali membatasi waktu pulang ke kos-kosan dengan tujuan agar keamanan bisa lebih terjaga. Selain itu, hal ini juga bisa bertujuan agar mahasiswa bisa lebih disiplin dan tidak bebas keluyuran.
Akan tetapi, bagi mahasiswa aktivis, tentu akan banyak agenda kegiatan yang harus diikutinya. Mulai dari tugas, kegiatan sosial, kegiatan organisasi, dan sebagainya.
Seringkali berbagai aktivitas ini dilakukan hingga larut malam atau bahkan hingga berhari-hari. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki aktivitas padat, Anda bisa memilih kos yang baik namun juga memberikan keleluasaan waktu.
Dengan demikian, kuliah dan berbagai aktivtias Anda bisa terlaksana dengan aman dan lancar.
9. Ukuran Kamar Kost
Dalam memilih kos, Anda juga harus memperhatikan ukuran kamar. Agar lebih nyaman dan leluasa, Anda harus bisa memilih kos dengan ukuran yang cukup besar.
Ukuran kos akan berkaitan dengan berbagai perlengkapan yang bisa Anda muat di dalamnya. Selain itu, dengan ruangan yang luas, maka penataan dan penampilan kos juga akan semakin baik. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih kost dengan ukuran yang relatif besar.
10. Konsultasikan Kebutuhan dengan Teman atau Warga Sekitar
Selain melalui berbagai tips di atas, Anda juga harus bisa berkonsultasi dengan teman atau warga sekitar. Bertanya dan berkonsultasi adalah cara yang paling tepat untuk mendapatkan informasi.
Berbagai hal terkait dengan kos-kosan seperti harga, fasilitas, keamanan, dan lain sebagainya bisa Anda dapatkan dengan bertanya. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan informasi sejelas mungkin.
Oleh karena itu, selain memperhatikan berbagai tips memilih kost yang baik bagi mahasiswa di atas, sebaiknya Anda juga bertanya atau berkonsultasi. Tanyakan dan konsultasikan kepada teman atau warga sekitar yang kemungkinan bisa memberikan informasi terkait kos-kosan.

Baca Juga :

Itulah ulasan mengenai Tips Memilih Kost yang Baik bagi Mahasiswa agar Kuliah Lebih Optimal. Semoga informasi ini bisa memberikan gambaran bagi kalian yang akan mencari kost. Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo bagikan informasi ini pada teman lainnya.

Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.