Cara Cek Cara Menabung Ala Anak Kost Mahasiswa yang Efektif dan Cepat

Cara Menabung Ala Anak Kost Mahasiswa / Anak Kuliah Kost — Cara Menabung Ala Anak Kost, Cara Menabung Mahasiswa Untuk Masa Depan, Cara Menabung Yang Efektif dan Cepat, Contoh Daftar Belanja Bulanan Anak Kos, Cara Menabung Uang Jajan Mahasiswa, Tips Mudah Menabung untuk Mahasiswa Kost, Cara Menabung Mahasiswa Anak Kos, Tips Menabung Ala Mahasiswa Kos, Cara Atur Uang bagi Anak Kos, Cara Mengatur Keuangan Anak Kos Mahasiswa.
Kali ini admin akan berbagi ulasan mengenai Cara Menabung Ala Anak Kost Mahasiswa yang Efektif dan Cepat. Ulasan ini ditujukan khususnya untuk anak kos yang merantau jauh dari orang tua dan berkeingian untuk menyisihkan uang kiriman untuk menabung. Langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.
 Cara Menabung Mahasiswa Untuk Masa Depan Cara Cek Cara Menabung Ala Anak Kost Mahasiswa yang Efektif dan Cepat
Cara menabung ala anak kost mahasiswa atau anak kuliah kost sangat bervariasi. Mulai dari cara menabung yang unik, yang kreatif, hingga menabung dengan begitu inovatif. Bagi para mahasiswa, menabung bisa bagaimana saja, asalkan uang bisa aman, terkumpul, dan manfaat.
Hemat pangkal kaya menjadi salah satu prinsip dasar yang ditanamkan kepada anak-anak. Apabila prinsip ini terus ditanamkan, maka hingga remaja, mahasiswa, dewasa pun juga akan melaksanakan prinsip ini.
Terlebih lagi, ketika hidup telah banyak memiliki kebutuhan. Sudah pasti setiap orang akan berusaha untuk bisa hidup hemat. Salah satu cara untuk berhemat dan menjaga keseimbangan perekonomian adalah dengan rajin menabung. 
Bagi mahasiswa khususnya, menabung menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Berbagai kebutuhan sudah cukup banyak, seperti biaya kos, biaya kuliah, biaya makan, biaya beli buku, transportasi, dan sebagainya.
Umumnya, mahasiswa yang menempuh pendidikan di perkuliahan tinggal di kost di area sekitar kampus. Hal ini bertujuan agar seluruh kegiatan selama perkuliahan bisa lebih mudah dan cepat untuk ditempuh.
Selain itu, dengan tinggal di kost, mahasiswa juga bisa lebih menghemat biaya, menghemat tenaga, dan menghemat waktunya. Semua ini dilakukan agar kuliah bisa lebih lancar dan tidak mengalami berbagai kendala.
Hidup di kost menuntut para mahasiswa untuk bisa hidup mandiri dengan dana yang secukupnya. Mahasiswa harus bisa mengelola perekonomiannya agar bisa memenuhi berbagai kebutuhannya.
Di samping itu, yang tidak kalah penting adalah mahasiswa juga harus bisa menabung sebagai simpanan. Dengan adanya simpanan ini, mahasiswa bisa mendapatkan sesuatu yang telah direncanakan atau juga bisa sebagai simpanan untuk jaga-jaga.
Menabung di masa perkuliahan juga akan melatih diri para mahasiswa untuk bisa hidup lebih hemat dan rajin menabung di masa depan. Dengan rajin menabung sejak mahasiswa, maka kemungkinan besar kelak akan menjadi orang yang gemar menabung meskipun telah berpenghasilan.
A. Cara Menabung Ala Anak Kost Mahasiswa yang Efektif dan Cepat
Untuk hidup lebih hemat dan memiliki perekonomian yang baik, mahasiswa harus bisa menabung. Bagi mahasiswa yang kost khususnya, menabung akan memberikan manfaat yang sangat besar yang kelak akan dirasakan sendiri.
Bagi para mahasiswa kost, menabung bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari cara yang unik, kreatif, sederhana, hingga inovatif bisa dilakukan untuk menyisishkan uang sehari-hari.
Berikut ini terdapat berbagai cara menabung ala anak kost mahasiswa yang mungkin bisa Anda terapkan:
1. Menyelipkan Uang di Buku
Salah satu cara menabung yang unik ala mahasiswa adalah dengan menyisipkan uang di buku. Untuk cara menabung ini, uang yang dapat ditabung hanya berupa uang kertas, sehingga mudah dan aman. 
Mahasiswa tentunya sangat dekat dengan buku. Dalam perkuliahan sehari-hari, mahasiswa tentu memerlukan buku catatan untuk mencatat berbagai informasi penting yang disampaikan oleh dosen maupun teman.
Berbagai macam buku bacaan tentu juga banyak dimiliki oleh para mahasiswa sebagai penambah ilmu. Bahkan seringkali para dosen juga mewajibkan mahasiswanya untuk memiliki buku pegangan, sehingga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih.
Buku yang digunakan untuk menabung bisa menggunakan buku bacaan, buku catatan, atau buku-buku lainnya. Dengan cara ini, uang kertas tidak akan mudah terlepas dan tertiup angin.
Tak hanya itu, uang kertas yang disimpan di dalam buku juga bisa menjadi lebih rapi. Dengan menata uang kertas secara benar, maka dalam waktu sehari lebih, maka uang kertas akan lebih rapi dan tidak kusut.
Meskipun nominal uang yang ditabung di buku tidak besar, namun jika dilakukan dengan rutin, maka nantinya dana yang terkumpul akan cukup besar. Dana ini pun bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan.
2. Menabung Uang dari Meminimalisir Kebutuhan
Untuk hidup lebih hemat, Anda bisa meminimalisir pengeluaran dari berbagai kebutuhan yang tidak perlu. Anda bisa mendata berbagai kebutuhan yang bisa Anda minimalisir.
Selanjutnya, Anda bisa mempertimbangkannya kembali, apakah kebutuhan tersebut memang harus dipenuhi, atau bisa diminimalisir. Apabila bisa diminimalisir, maka Anda bisa menahannya untuk Anda tabung.
Misalnya Anda telah menganggarkan dana untuk membeli baju dan sepatu pada saat liburan. Anda bisa kembali mempertimbangkannya, apakah sepatu dan baju Anda memang sudah perlu diganti atau ditambah.
Jika tidak, Anda juga bisa meminimalisir pengeluaran dengan mencari diskon yang ada. Dengan adanya diskon, maka Anda bisa mendapatkan sisa dana dari anggaran Anda sebelumnya.
Hal lain yang bisa Anda minimalisir di antaranya adalah transportasi. Jika mungkin Anda merasa transportasi Anda memakan biaya yang cukup besar, Anda bisa menyiasatinya dengan naik angkutan umum, sepeda, atau bahkan berjalan kaki.
Meskipun demikian, pastikan bahwa semua kebutuhan yang Anda minimalkan tidak akan mengganggu kehidupan Anda di kost, atau kegiatan perkualiahan Anda.
3. Mengikuti Program Bantuan Keuangan Tambahan
Untuk hidup lebih hemat dan bisa menabung, Anda juga bisa mengikuti program bantuan keuangan tambahan dari berbagai lembaga atau instansi tertentu. Sejumlah lembaga dan instansi memiliki program untuk memberikan bantuan keuangan kepada mahasiswa.
Meskipun demikian, biasanya program seperti ini mengharuskan mahasiswa untuk memenuhi berbagai persayaratan yang ada. Persyaratan ini misalnya nilai IP yang relatif tinggi, memiliki sejumlah prestasi, dan sebagainya.
Informasi terkait bantuan keuangan bagi mahasiswa ini juga mudah Anda temui di internet. Terkadang, dari organisasi kemahasiswaan atau dari kampus Anda sendiri, memberikan informasi yang cukup jelas.
Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengikuti program bantuan keuangan ini. Meskipun jumlahnya tidak begitu besar, namun bantuan keuangan ini tentu akan memberikan manfaat bagi Anda.
Di samping itu, Anda juga harus menggunakan bantuan keuangan tersebut dengan bijak. Jangan sampai biaya yang Anda dapatkan hanya Anda gunakan untuk berfoya-foya dan sebagainya.
4. Menabung Uang Recehan dalam Toples
Mahasiswa pada umumnya tidak bisa lepas dari hidup yang sederhana. Salah satu cara menabung ala mahasiswa kost adalah menabung uang receh di dalam toples. Untuk cara menabung ini, biasanya uang yang ditabung hanya berupa uang receh saja.
Bahkan uang receh yang ditabung juga hanya yang bernominal Rp 500 rupiah atau Rp 1.000 rupiah saja. Dengan demikian, uang yang ditabung akan mudah dihitung dan dipergunakan.
Meskipun yang ditabung hanya berupa uang receh saja, jika ditabung dalam jangka waktu yang cukup lama dan secara rutin, dana yang terkumpul akan cukup besar. Tak hanya itu, menabung uang receh juga tidak akan terasa berat.
Dana yang terpotong tiap harinya dengan uang receh akan terasa lebih ringan. Misalnya saja, ketika membeli suatu kebutuhan, kemudian mendapatkan kembalian dengan uang receh, maka uang receh ini lah yang ditabung.
Meskipun cara ini begitu sederhana, namun ternyata cukup efektif untuk dilakukan. Para mahasiswa pun juga banyak melakukan cara ini di kostnya. Toples kaca atau plastik transparan bisa digunakan, sehingga akan nampak unik sebagai hiasan kamar kost Anda.
Ketika terkumpul cukup banyak, dan Anda butuhkan untuk membeli atau membayar sesuatu, Anda bisa menggunakannya. Sebelumnya, Anda bisa menghitungnya terlebih dahulu kemudian menukarnya dengan uang kertas ke berbagai tempat.
Minimarket, apotek, atau toko-toko besar, pada umumnya sangat membutuhkan uang receh. Uang receh ini biasanya dibutuhkan sebagai uang kembalian ketika ada pelanggan yang berbelanja. 
Cara unik ini bisa Anda terapkan selama Anda berkuliah. Menabung ringan, namun hasilnya lumayan.
5. Cara Menabung Ala Mahasiswa dengan Sistem Tabungan Kelas
Mahasiswa cenderung memiliki pikiran yang kreatif. Salah satu cara menabung ala mahasiswa adalah dengan tabungan sistem kas di kelas kuliah. 
Ketika Anda kuliah, Anda pasti akan memiliki kelas sesuai dengan program studi Anda. Dalam kelas ini, biasanya juga akan dibentuk kepengurusan, yang akan melancarkan berbagai kebutuhan kelas. 
Tidak jarang pula, dalam kelas ini diadakan tabungan kelas. Sistem ini dilakukan dengan mewajibkan atau secara sukarela untuk menabung bagi mahasiswa anggota kelas. Sistem ini tergantung pada keputusna kelas.
Namun, untuk hasil yang lebih efektif, biasanya dilakukan dengan mewajibkan mahasiswa untuk menabung pada hari tertentu, dengan nominal yang relatif ringan saja. Dengan sistem seperti ini, mahasiswa dituntut untuk menyisihkan sebagian kecil uangnya untuk ditabung.
Dana yang ditabung pun juga dapat digunakan untuk kebutuhan kelas ataupun dibagikan kepada mahasiswa penabung. Agar lebih lancar lagi, ditentukan siapa sang bendahara atau yang bertugas untuk mengurusi tabungan kelas.
Anda bisa menerapkan cara menabung ala mahasiswa ini di kelas kuliah Anda. Sampaikan dan tawarkan kepada teman-teman Anda agar semuanya bisa jelas dan sejalan dengan usulan Anda.
Meskipun nominalnya kecil dan ringan, akan tetapi, jika dilaksanakan secara rutin selama beberapa semester, tentu akan menghasilkan tabungan yang cukup besar.
B. Tips Hidup Hemat yang Mendukung Menabung Ala Anak Kost Mahasiswa
Selain berbagai inspirasi cara menabung ala mahasiswa kost atau anak kuliahan kost di atas, Anda juga harus bisa menerapkan hidup hemat. Rajin menabung tapi hidup tetap boros, maka hasilnya akan percuma.
Mahasiswa kost biasanya merasa senang jika ada cara untuk hidup yang lebih hemat. Berikut ini beberapa tips hidup hemat yang mendukung cara menabung ala mahasiswa:
1. Mengatur Pengeluaran Harian Setiap Bulan
Perencanaan akan memberikan hasil yang sangat besar terhadap aksi Anda untuk hidup hemat dan rajin menabung. Agar perekonomian tetap seimbang meskipun berhemat dan menabung, Anda harus merencanakan pengeluaran harian Anda setiap bulannya.
Anda bisa menuliskan rencana pengeluaran harian dalam satu bulan. Berbagai pengeluaran yang bisa Anda minimalisir bisa Anda atur dalam perencanaan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mengelola keuangan Anda agar lebih seimbang dan stabil.
Setiap satu bulan, Anda bisa mengevaluasi perencanaan pengeluaran tersebut. Kemudian, Anda bisa merencanakan kembali pengeluaran di bulan-bulan selanjutnya. Tentu saja, Anda juga harus belajar dari perencaaan pengeluaran bulan sebelumnya.
2. Mengurangi Penggunaan Kendaraan
Bagi mahasiwa yang memiliki kendaraan dan menggunakannya untuk kuliah, Anda bisa meminimalisir penggunaannya agar keuangan lebih hemat. Anda bisa menggantinya dengan angkutan umum atau dengan menaiki sepeda.
Anda juga bisa mengurangi penggunaan kendaraan untuk hal-hal yang kurang manfaat. Dengan demikian, uang bensin bisa Anda hemat untuk ditabung.
Belum lagi, biasanya ketika Anda mengunjungi tempat tertentu, Anda akan dikenakan biaya parkir. Dengan menaiki sepeda atau angkutan umum, maka biaya parkir bisa Anda minimalisir.
3. Memanfaatkan Diskon bagi Mahasiswa
Mahasiswa tentu sangat senang jika mendengar kata diskon. Dengan adanya diskon, maka mahasiswa yang kost khususnya, bisa hidup lebih hemat. 
Sejumlah toko, rumah makan, atau tempat fotokopi di area kampus, biasanya menyediakan harga khususus atau potongan harga khusus bagi para mahasiswa. Selain membantu perekonomian mahasiswa juga bisa sebagai cara untuk menarik minat konsumen.
Salah satu tips yang pas bagi para mahasiswa untuk hidup hemat adalah dengan memanfaatkan diskon bagi para mahasiswa seperti ini. Dengan demikian, anggaran biaya untuk makan, fotokopi, atau berbelanja bisa lebih Anda minimalisir.
Meskipun diskon atau potongan harga hanya seberapa, namun jika itu menjadi kebutuhan dasar yang Anda butuhkan setiap hari, maka ekonomi Anda akan jauh lebih hemat.
4. Mengurangi Penggunaan Jasa Laundry
Dengan alasan lebih hemat tenaga dan waktu, banyak mahasiswa yang menggunakan jasa laundry untuk mencuci dan merapikan baju. Pakaian yang kotor akan ditumpuk, kemudian dibawa ke jasa laundry untuk dicuci dan dirapikan.
Namun demikian, cara ini ternyata justru dapat menjadikan hidup Anda lebih boros. Untuk hidup yang lebih hemat dan mendukung sistem tabungan Anda, gaya hidup ini bisa Anda minimalisir. 
Sebaiknya, Anda banyak mencuci dan merapikan baju secara pribadi. Dengan demikian, biaya untuk laundry bisa Anda tekan dan Anda tabung. Anda bisa tetap menggunakan jasa laundry hanya ketika Anda sangat membutuhkannya.
Selain menjadikan hidup di kost lebih hemat, dengan mencuci sendiri juga akan melatih Anda untuk hidup lebih mandiri. Dengan demikian, hal ini akan memberikan manfaat di masa yang akan datang.
5. Bekerja Freelance
Cara ini bukan hanya berhemat bagi mahasiswa, namun juga menambah biaya untuk ditabung oleh mahasiswa. Pekerjaan freelance merupakan pilihan yang sangat tepat bagi para mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan di sela-sela kesibukan kuliah.
Freelance berarti pekerjaan lepas yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa dengan waktu yang tidak terikat. Dengan demikian, ketika ada waktu luang, mahasiswa bisa memanfaatkannya untuk bekerja.
Terdapat berbagai jenis freelance, mulai dari penulis, penerjemah, dan berbagai pekerjaan lain yang ditawarkan di berbagai iklan. Anda bisa mendapatkan informasi berbagai freelance melalui internet, koran, atau bahkan dari komunitas Anda.
6. Membawa Bekal Makanan Sendiri
Di area kampus, tentu tersedia kantin atau food court bagi para mahasiswa yang ingin makan dan minum. Akan tetapi, hal ini bisa menjadikan biaya harian yang harus Anda keluarkan lebih besar. 
Untuk menekan pengeluaran dalam hal ini, Anda bisa menyiasatinya dengan membawa bekal sendiri. Dengan memasak sendiri di kos, Anda bisa lebih menghemat biaya makan. Adapun untuk minuman, Anda juga bisa membawa minum dari kost.
Cara ini meskipun sederhana akan berperan besar dalam menghemat pengeluaran Anda. Dana pun juga akan semakin mudah untuk Anda tabung.
Bahkan, selain itu, dengan membawa bekal sendiri juga akan membantu menjaga kesehatan. Anda bisa makan dengan teratur, tepat waktu, serta mengonsumsi makanan yang sehat ala diri Anda sendiri.
Berbagai cara menabung ala mahasiswa kost atau anak kuliah kost di atas beserta dengan berbagai tips untuk hidup hemat, bisa Anda terapkan selama Anda kuliah. Dengan demikian, Anda bisa hemat, mendapatkan tabungan yang cukup untuk berbagai keperluan yang lain.
Demikian ulasan mengenai Cara Menabung Ala Anak Kost Mahasiswa yang Efektif dan Cepat. Semoga ulasan tersebut bisa menginspirasi anda untuk menabung. Terima kasih dan salam sukses.

Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.