Cara Cek Biaya Hidup Mahasiswa di Lampung untuk Anak Kost

Biaya Hidup Mahasiswa di Lampung untuk Anak Kost — Biaya Hidup Di Lampung, Biaya Hidup Kuliah di Lampung, Biaya Hidup Anak Kost di Lampung, Kota Dengan Biaya Hidup Termurah Di Indonesia untuk Mahasiswa, Kota Dengan Biaya Hidup Termahal Di Indonesia, Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa di Lampung, Kisaran Biaya Hidup Anakan Kos di Lampung, Biaya di Lampung.
Pada kesempatan yang baik ini admin akan memberikan informasi mengenai Biaya Hidup Mahasiswa di Lampung untuk Anak Kost. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang ada di Lampung. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.
Biaya Hidup Mahasiswa di Lampung untuk Anak Kost Cara Cek  Biaya Hidup Mahasiswa di Lampung untuk Anak Kost
Biaya Hidup Mahasiswa di Lampung untuk Anak Kost nampaknya bisa menjadi sebuah informasi yang akan Anda butuhkan yang saat ini sedang ada rencana untuk meneruskan pendidikan di salah satu kampus terbaik yang ada di Lampung.
Seperti yang kita ketahui Kota Bandar Lampung merupakan ibu Kota dari Provinsi Lampung yang memang merupakan bagian dari Pulau Sumatera. Lampung sendiri saat ini menjadi kota yang maju serta memiliki banyak Universitas, Akademi, Institut serta Sekolah Tinggi.
Bahkan bisa dikatakan penyebaran tempat pendidikan di Lampung saat ini telah merata di setiap bagian kota ini. Pilihan tempat belajar di Lampung juga cukup lengkap karena ada kampus PTN dan PTS yang siap memberikan pendidikan terbaik dan berkualitas. 
Ada beberapa kampus yang cukup favorit di Lampung yakni Politeknik Negeri Lampung, Poltekkes Lampung, Universitas Negeri Lampung, Universitas Malahayati, UIN Raden Intan Lampung, dan lain sebagainya. Beberapa kampus tersebut selalu menjadi favorit setiap masa penerimaan calon mahasiswa baru.
Banyak calon mahasiswa dari Lampung dan dari luar daerah Lampung yang ingin mengenyam pendidikan tingkat Diploma, Strata 1, Strata 2, Strata 3 di kota Lampung.
Karena hal inilah sehingga banyak mahasiswa yang lebih memilih Lampung sebagai tempat mereka melanjutkan pendidikan guna bisa menjadi pribadi yang lebih baik serta memiliki ilmu yang bermanfaat kedepannya.
Tak hanya itu saja, di Lampung juga banyak tempat wisata yang biasa di kunjungi para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan dengan harga tiket masuk yang terjangkau bagi para anak Kost tentunya.
Seperti Taman Nasional Way Kambas yang ada di Lampung Timur, Wisata Danau Ranau, Wisata pantai yang ada di Lampung Selatan dan Lampung Barat yang mana kesemuannya sudah sangat dikenal namanya.
Tak ketinggalan beragam makanan yang harus di coba sesekali ketika Anda sedang menempuh pendidikan di Lampung. Kenapa harus di coba, ini karena harga jual makanan yang ditawarkan cukup terjangkau di kantong anak Kost.
Makanan tersebut ialah ; Gabing, Tempoyang, Seruit, Pisro, Gulai Taboh, Umbu yang kesemuaanya merupakan makanan khas Lampung yang cukup terkenal karena memang memiliki rasa yang enak dan lezat.
Tetapi buat Anda yang sedang ngekost maka harus bisa mengatur kapan waktunya menikmati makanan yang enak. Ini karena keuangan Anak Kost pada umumnya masih mengandalkan uang kiriman dari orang tua.
Untuk itu, sebagai anak kost tidak ada salahnya jika harus bisa mengatur keuangan tiap bulannya agar bisa dialokasikan kepada pengeluaran yang memang dibutuhkan untuk keperluan kuliah dan jangan terlalu menuruti keinginan saja.
Secara umum biaya hidup anak kost yang harus dikeluarkan oleh seorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Lampung setiap bulannya dikisaran Rp. 3.000.000,- hingga Rp. 6.000.000,- meliputi biaya makan, tempat tinggal, biaya transportasi serta biaya lain – lain.
Adanya Universitas, Akademi, Institut serta Sekolah Tinggi tidak hanya fokus untuk memberikan tempat pendidikan untuk mereka yang baru saja lulus Sekolah SMA, MA, SMK saja. Tetapi buat mereka yang saat ini sedang bekerja di Lampung juga bisa untuk melanjutkan pendidikan di salah satu kampus yang mereka inginkan dengan mengambil kelas karyawan yang mana jam perkuliahan bisa disesuaikan dengan jam kerja di pabrik atau perusahaan.
Dengan banyaknya minat untuk melanjutkan pendidikan ini tentunya berdampak pada kualitas SDM yang sangat berguna dalam menunjang kemajuan suatu daerah dari segala lini serta lapisan masyarakat.
Di bawah ini akan dibahan lebih rinci mengenai Biaya Hidup Mahasiswa di Lampung untuk Anak Kost yang terdiri dari Biaya Tempat Tinggal, Biaya Makan, Biaya Transportasi, dan Biaya Lainnya.
A. Biaya Tempat Tinggal di Lampung untuk Anak Kost
Bagi Anda yang sudah menentukan tempat kuliah di Lampung maka harus segera memikirkan mengenai dimana tempat Anda tinggal selama menempuh kuliah, apakah ingin tinggal di asrama mahasiswa atau tempat kost.
Umumnya kampus yang ada di Lampung terutama kampus negeri memiliki asrama mahasiswa tetapi karena tempatnya yang terbatas sehingga tidak bisa menampung seluruh mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan.
Sedangkan peminat calon mahasiswa yang ingin tinggal di Asrama Kampus peminatnya selalu meluber tiap tahun ajaran baru dan hal ini tidak diimbangi dengan penambahan kuota kamar Asrama.
Mahasiswa yang bisa tinggal di Asrama Mahasiswa sendiri kebanyakan adalah mahasiswa yang memang telah lolos tahapan seleksi dari pihak kampus untuk bisa tinggal di lingkungan Asrama.
Perlu Anda ketahui jika mahasiswa yang masuk melewati jalur bidikmisi atau prestasi lah yang lebih diprioritaskan untuk bisa tinggal di Asrama Mahasiswa selama menempuh kuliah di Lampung.
Buat Anda yang tidak bisa tinggal di Asrama kampus tidak perlu khawatir karena masih bisa memilih tinggal di Kost yang letaknya juga tidak jauh dari tempat Anda kuliah. Tetapi harus membayar biaya sewa kamar lebih mahal jika harus tinggal di Kost.
Fasilitas yang bisa Anda dapatkan di tempat kost ini memang tidaklah seperti fasilitas yang bisa didapatkan seperti saat tinggal di Asrama Mahasiswa. Tetapi hal ini tidak lantas membuat Anda harus patah semangat untuk kuliah.
Untuk mendapatkan tempat Kost ini tidaklah sulit, karena banyak tempat Kost yang bertebaran di setiap kampus yang ada di Lampung. Anda tinggal menentukan ingin tinggal di tempat Kost yang memiliki fasilitas seperti apa.
Harga tempat Kost dikisaran harga Rp. 3.000.000 – 5.000.000 dengan masa sewa selama setahun. Yang mana jika di bagi 12 bulan maka biaya rata-rata setiap bulannya yang harus di bayar ialah Rp. 250.000.
Dengan ukuran Kost standard yakni 3 x 3 meter. Tetapi harga tersebut belum termasuk biaya air dan listrik serta tidak ada fasilitas seperti AC, almari, kasur serta lain – lain.
Tetapi jika Anda ingin mendapatkan tempat kost yang memberikan fasilitas mewah seperti AC, Almari, Kasur serta lain – lain. Maka Anda bisa memilih tempat Kost dengan harga sewa setahunnya berkisar Rp. 5.000.000 – 8.000.000.
Untuk harga yang dipatok ini tentunya masih bisa ditawar dengan pemilik Kost.  Jadi Anda jangan sungkan untuk melakukan penawaran harga. Hal ini perlu Anda lakukan karena kelebihan untuk sewa Kost bisa Anda alokasikan untuk belanja buku kuliah.
B. Biaya Makan di Lampung untuk Anak Kost
Ketika pertama kali Anda ngekost saat menjadi mahasiswa baru hal yang harus di ketahui adalah dimana tempat makan yang murah untuk anak kost. Mungkin diawal ngekost akan mencoba membeli makanan dari beberapa warung yang ada di sekitar Kampus.
Hal ini dilakukan untuk mengetahui dari beberapa warung yang menjual makanan di lingkungan tempat Anda ngekost warung manakah yang menjual makanan dengan harga terjangkau di kantong.
Cara lainnya yakni dengan bertanya kepada senior yang lebih dulu ngekost tentang dimana biasanya dia membeli makanan dan tetntunya jangan lupa tanyaka berapa harga seporsi makanan yang bisa Dia beli setiap harinnya.
Untuk harga makanan akan sangat tergantung pada menu serta dengan lauk apa yang Anda pesan. Biaya makan di Lampung untuk anak Kost di kisaran harga Rp. 7.000 – 15.000 dan jika dikalkulasikan maka untuk biaya makan selama sebulan ialah Rp. 7.000 x 3 x 30 = Rp. 630.000
Biaya tersebut tentunya masih sangat terjangkau bahkan bisa dikatakan murah untuk anak Kost yang sedang menempuh pendidikan Kuliah di Lampung.
Tak jarang biaya makan anak Kost selama sebulan juga tidak selalu diangka Rp. 630.000 tetapi kadang juga bisa lebih dari itu untuk setiap bulannya. Ini karena menu makanan yang dipesan juga tidak selalu sama setiap harinnya.  
C. Biaya Transportasi di Lampung untuk Anak Kost
Selain biaya hidup, biaya tempat tinggal dan biaya makan yang perlu dihitung selama Anda menjadi anak Kost di Lampung ialah biaya transportasi. Untuk anak Kost yang memiliki jarak jauh dari tempat mereka menempuh pendidikan maka harus mempertimbangkan hal ini.
Biaya transportasi yang harus dikeluarkan setiap harinya ialah Rp. 3.000 – 5.000 maka biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk transportasi ialah Rp. 3.000 x 2 x 30 = Rp. 180.000.
Biaya transportasi Rp. 180.000 ini berlaku bagi mereka yang memang memiliki kelas perkuliahan setiap hari senin – jumat dan memiliki kegiatan organisasi kampus di hari sabtu dan minggu.
Tetapi jika bagi mahasiswa yang hanya memiliki kegiatan kuliah saja maka biaya harus dikeluarkan senilai Rp. 3.000 x 2 x 22 = Rp. 132.000 ini adalah biaya yang harus di keluarkan setiap bulannya.
Biaya ini juga akan berbeda buat mereka yang hanya kuliah di hari sabtu dan minggu saja maka biayanya ialah Rp. 3000 x 2 x 8 = 48.000 ini adalah biaya yang harus di keluarkan setiap bulannya.
Untuk pilihan transportasi yang bisa digunakan mulai dari Ojek, Taxi, Ojol, Angkot dan Bus. Kesemua pilihan ini bisa Anda sesuaikan mana yang menurut Anda nyaman dan aman. Setiap pilihan moda transportasi ini tentunya memiliki biaya yang tidak sama satu dan lainnya.
Kesemua perhitungan biaya ini masih dalam tahap perkiraan saja karena. Biaya secara pastinya tentu akan berbeda pada setiap harinnya karena tergantung dari banyak sebab juga tentunya.
D. Biaya Lain-lain untuk Anak Kost Selama Kuliah di Lampung
Biaya terakhir yang perlu Anda persiapkan secara baik dan terperinci selain biaya hidup, biaya tempat tinggal, biaya makan dan biaya transportasi ialah biaya lain – lain selama Anda kuliah di Lampung. 
Seperti yang sudah di jelaskan di atas jika Biaya Hidup Mahasiswa di Lampung untuk Anak Kost selama sebulan ialah Rp. 3.000.000 hingga Rp. 7.000. 000. 
Apakah biaya tersebut cukup untuk biaya selama kuliah.?
Kalau ditanya masalah cukup atau tidak cukup maka jawabannya relatif. Karena jika Anda sebagai mahasiswa yang tinggal di kost selama di Lampung mau berhemat maka biaya tersebut pastinya cukup bahkan bisa lebih.
Tetapi jika selama kuliah Anda suka nongkrong di cafe serta hobi nya jalan – jalan dan belanja maka biaya hidup itu tidak akan cukup untuk menutupi biaya – biaya yang harus di bayar.
Untuk rincian biaya lain – lain ini akan sangat banyak di pengaruhi oleh jenis fakultas serta jurusan yang Anda pilih dan tak lupa gaya hidup Anda selama menjadi Mahasiswa yang tinggal di ngekost seperti apa.
Jika Anda kuliah di Fakultas Kedokteran, Perawat dan Tehnik maka Anda akan sering melakukan praktikum untuk meningkatkan kemampuan inteletual serta akademisi Anda sebagai mahasiswa.
Setiap praktikum tentunya Anda akan mendapatkan tugas berupa hasil penelitian atau tugas makalah yang mana untuk membuat tugas ini harus ada uang yang harus dikeluarkan seperti biaya foto copy, biaya print, biaya penjilidan dan biaya pengetikan.
Untuk biaya pengetikan ini, berlaku jika Anda menyerahkan tugas penulisan makalah melalui jasa pengetikan yang ada di lingkungan kampus karena Anda memang sedang sibuk dengan beragam kegiatan kampus dan organisasi sehingga tidak sempat mengetik sendiri.
Beberapa kisaran biaya fotocopy, print, pengetikan, dan penjilidan, yaitu :
  • Untuk biaya foto copy perlembarnya di kisaran harga Rp 100 – 500
  • Untuk biaya print perlembarnya di kisaran harga Rp 1.000 – 2.000
  • Untuk biaya pengetikan perlembarnya di kisaran harga Rp 1.000 – 3.000
  • Untuk biaya penjilidan di kisaran harga Rp 2.000 – 10.000

Untuk kesemua biaya ini umumnya untuk satu tugas makalah menghabiskan uang Rp 25.000 – 50.000 untuk sekali pengerjaan tugas yang diberikan oleh dosen pengampu setiap mata kuliah yang Anda ikuti.
Selain untuk pengeluaran biaya tugas kuliah masih ada biaya membayar iuran wajib oranisasi apa saja yang Anda ikuti di kampus. Semakin banyak UKM yang Anda ikuti maka akan semakin banyak pula biayanya.
Mengikuti kegiatan UKM ini memiliki dampak positif bagi Anda yang saat ini sedang kuliah karena Anda bisa belajar bagaimana cara berorganiasi yang baik serta bisa membentuk karakter kepemimpinan dan tanggung jawab.
Untuk kebutuhan bulanan seperti Detergen, Shampoo, Minyak rambut, Pewangi, Sabun, Pasta gigi dst. Ini juga masuk dalam biaya lain – lain yang harus diperhitungankan selama Anda tinggal ngekost. Untuk kebutuhan diri ini juga berlaku bagi Mahasiswa yang tinggal di Asrama Mahasiswa juga. 
Belanja baju setiap bulannya selama kuliah ini mungkin lebih banyak dilakukan mahasiswi yang memang selalu ingin tampil enak dipandang sehingga perlu memberikan anggaran khusus untuk belanja baju setiap bulannya Rp 100.000 – 200.000.
Kegiatan belanja ini semakin mudah dilakukan karena di Lampung sendiri saat telah banyak berdiri Mall dan Distro sebagai tempat surga belanja yang menawarkan beragam kebutuhan pakaian untuk anak milenial yang sedang menempuh pendidikan kuliah.
Sebagai Mahasiswa yang tinggal di Kostsan Anda tidak boleh kalap saat sedang belanja, karena saat Anda belanja sedang ada diskon gede-gedean. Anda harus tetap bisa mengerem keingginan untuk membeli ini itu.
Selain kegiatan belanja, hal yang biasa dilakaukan ialah jalan – jalan. Untuk tempat wisata di Lampung ini ada banyak sekali mlai dari wisata alam, wisata air, wisata malam dan wisata kuliner.
Untuk pilihan wisata kuliner di Lampung sendiri cukup banyak pilihan dengan harga mulai dari Rp. 12.000 – Rp. 30.000 untuk tempat makanan seperti warung dan Caffe yang mana harganya masih terjangkau untuk anak Kost.
Sesekali Anda perlu untuk meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan berwisata bersama teman – teman kuliah untuk menghilangkan penat atau sekedar ingin mengobati rasa penasaran tempat wisata yang sedang populer.
Banyak tempat wisata di Lampung bisa dijadikan tempat refreshing ini. Untuk itu Anda bisa melakukannya disaat liburan kuliah, sehingga tidak bentrok dengan jam kuliah yang harus Anda ikuti.
Informasi Terkait : Biaya Kuliah UNILA
Semoga informasi mengenai Biaya Hidup Mahasiswa di Lampung untuk Anak Kost ini bermanfaat buat Anda yang saat ini sedang ada rencana untuk meneruskan pendidikan di Kota Lampung. Terima kasih dan salam sukses selalu.
Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.