Cara Cek Biaya Hidup Mahasiswa di Jogja untuk Anak Kost

Biaya Hidup Mahasiswa di Jogja untuk Anak Kost — Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa Jogja, Biaya Hidup Mahasiswa di Yogyakarta, Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa Di Yogyakarta Dalam Sebulan, Estimasi Biaya Hidup di Johja untuk Mahasiswa Kost, Berapa Biaya Hidup Kuliah di Jogja, Biaya Hidup di Jogja UGM – UNY – Muhammadiyah -UIN -ISI, Tips Hidup Merantau di Jogja.
Pada kesempatan yang baik ini, admin akan berbagi informasi mengenai Biaya Hidup Mahasiswa di Jogja untuk Anak Kost. Informasi ini ditujukan khususnya bagi para lulusan SMA / SMK / MA / sederajat yang ingin menempuh pendidikan tinggi di kampus yang ada di Jogja. Untuk mengetahuinya, langsung saja simak info di bawah ini.
Biaya Hidup Mahasiswa di Jogja untuk Anak Kost Cara Cek Biaya Hidup Mahasiswa di Jogja untuk Anak Kost
Biaya Hidup Mahasiswa di Jogja untuk Anak Kost perlu ditela’ah lebih dalam agar ketika berkuliah di Jogja Anda tidak bingung lagi dengan masalah keuangan antara pemasukan dan pengeluaran tetap stabil.
Berkeinginan masuk kuliah di Universitas favorit tentunya selalu menjadi impian banyak pelajar yang baru lulus SMA sederajat. Karena dengan melanjutkan study ke jenjang lebih tinggi bisa membuat nasib seseorang lebih baik.
Namun, sebelum masuk ke jenjang kuliah, apa salahnya mencoba mencari informasi terlebih dahulu tentang beberapa Universitas yang memiliki fasilitas yang baik dan berkualitas.
Beberapa kota yang memiliki Universitas berkualitas seperti kota Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Banjarmasin, Bogor, Lampung, serta kota-kota besar lainya yang ada di Indonesia.
Salah satu kota besar yang akan kami bahas yakni Kota Yogyakarta. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak yang mengenal kota Yogyakarta sebagai kota pelajar / kota mahasiswa.
Banyak pelajar yang berkeinginan untuk melanjutkan study mereka di kota Yogyakarta Karena memang kota ini dikenal dengan sebutan surganya para pelajar di Indonesia.
Disebut sebagai surganya para pelajar, kota Yogyakarta memang memiliki banyak Universitas yang berkualitas. Bukan hanya itu saja, kebutuhan hidup di kota Yogya lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa kota besar yang ada di Indonesia.
Banyak para pelajar dari penjuru daerah yang berdatangan ke kota Yogya karena banyaknya pilihan Universitas yang berkualitas yang bisa dipilih sesuka hati.
Adapun nama beberapa Universitas terbaik yang bisa menjadi tujuan Anda melanjutkan study di Yogyakarta diantaranya yaitu :

  • Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta
  • Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
  • Universitas Islam Indonesia (UII)
  • Universitas Atma Jaya Yogyakarta,
  • Universitas Ahmad Dahlan (UAD)
  • Universitas AMIKOM
  • ISI Yogyakarta,
  • Universitas Sanata Dharma,
  • dan lain sebagainya
Seperti yang kita ketahui bahwa tinggal di Yogyakarta cukup menyenangkan. Sebagai mahasiswa tentunya anda akan mendapatkan keseruan tersendiri dengan teman-teman baru ketika berkuliah di Yogyakarta.
Selain dikenal dengan surganya mahasiswa, kota Yogyakarta juga dikenal dengan kota wisata. Di kota ini terdapat banyak sekali wisata yang bisa Anda kunjungi untuk melepaskan penat.
Anda bisa berpetualang ke beberapa tempat wisata dengan teman-teman kuliah diakhir minggu atau pada hari libur. Tentunya hal ini sangat menyenangkan bukan?
Dibeberapa Universitas dan juga tempat wisata yang ada di Yogyakarta memiliki banyak fasilitas yang mampu memanjakan Anda.
Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota yang semakin maju. Selain itu, kota ini juga berkembang sangat pesat. Jadi jika Anda tinggal di kota ini dan ingin mencari kebutuhan sehari-hari akan lebih mudah.
Suasana di kota Yogyakarta sangat asri, nyaman dan tentram. Oleh sebab itu, banyak para pelajar yang baru lulus ingin melanjutkan study mereka di kota Yogyakarta.
Nah, jika Anda memutuskan untuk berkuliah dan tinggal di Yogyakarta. Tentunya ada rincian biaya hidup yang perlu Anda pahami.
Jadi, sebaiknya pamahamilah terlebih dahulu mengenai rincian Biaya Hidup Mahasiswa di Jogja untuk Anak Kost.
Seperti apa saja sih rincian biaya hidup sebagai anak kost yang jauh dari orang tua. Nah berikut beberapa rincian biaya hidup yang perlu Anda ketahui.

Biaya Hidup Mahasiswa di Jogja untuk Anak Kost

1. Biaya Tempat Tinggal Di Yogyakarta
Rincian biaya yang pertama yaitu mengenai biaya tempat tinggal di Yogyakarta. Jika Anda sah menjadi mahasiswa, tentunya hal pertama yang harus diperhatikan yaitu tempat tinggal.
Nah, jika kota Yogyakarta sebagai pilihan kota melanjutkan study setelah Lulus SMA. Anda bisa menyewa tempat tinggal yang biasa disebut dengan kost-kostan.
Jangan khawatir jika tidak mendapatkan kost-kostan yang layak karena di Yogyakarta terdapat banyak rumah kost yang deket dengan kampus favorit Anda. Dari tempat kost yang menawarkan fasilitas standart hingga fasilitas lengkap nan mewah.
Jika Anda berasal dari luar kota Yogyakarta dan bahkan luar pulau, sebaiknya teliti terlebih dahulu beberapa tempat kost yang dirasa cocok dan pas untuk Anda dari segi harga, fasilitas dan juga jarak dengan kampus.
Selain itu, Anda juga bisa mencari tempat kost yang dirasa nyaman dan aman di lingkungan tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa di kota Yogyakarta banyak sekali tempat kost yang menawarkan berbagai fasilitas.
Karena di Jogya terdapat banyak Universitas yang mana bisa dibilang Universitas favorit dengan kualitas yang tidak diragukan lagi. Oleh sebab itu, di sekitar Universitas yang ada di Yogyakarta juga terdapat banyak tempat kost-kostan yang nyaman.
Nah tempat kost yang ditawarkan juga dibedakan berdasarkan jenis kelamin, misalnya tempat kost khusus cewek, berarti tempat kost tersebut hanya menerima orang yang berjenis perempuan. Begitu pula sebaliknya.
Jadi jika Anda jauh dari keluarga tak perlu khawatir dengan tempat tinggal yang nyaman dan aman. Nah tempat kost disini juga menawarkan berbagai ragam harga yang bisa Anda pilih.
Harga yang ditawarkan tergantung luas kamar dan fasilitas yang ditawarkan. Misalnya Anda memilih tempat kost yang memiliki fasilitas kamar mandi dalam , kasur, tempat untuk memasak, disediakanya alat-alat dapur, dan AC.
Anda juga bisa memilih tempat kost yang hanya memiliki fasilitas kamar yang berisi kasur nya saja. Jadi Anda bisa memilih tempat kost yang coock dan tentunya yang pas di kantong Anda.
Nah , untuk harga tempat kost yang paling murah dengan fasilitas yang standart dengan kamar mandi luar kurang lebih Rp 100.000 hingga Rp 300.000 per bulannya. Tergantung luas atau ukuran kamar yang akan Anda sewa. Semakin kecil ukuran kamar, semakin murah biayanya.
Sedangkan untuk harga tempat kost yang sudah dilengkapi dengan beberapa perabotan seperti alat masak, TV, dan kamar mandi dalam kurang lebih Rp 500.000 hingga Rp 700.000 setiap bulannya.
Jika Anda mencari tempat kost yang memiliki fasilitas lengkap seperti AC, kamar mandi dalam, wifi, kasur, almari, meja, TV, alat masak serta perabotan-perabotan lainya, harganya kurang lebih antara Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.000 tergantung luas kamar dan jarak dengan kampus.
Dengan pilihan beberapa tempat kost yang kami jelaskan seperti di atas tadi, Anda bisa memilih salah satu tempat kost yang Anda anggap nyaman, aman, dan cocok yang tentunya seperti rumah sendiri.
Jadi sebelum memutuskan untuk kuliah di kota Yogyakarta, sebaiknya carilah info terlebih dahulu mengenai tempat kost yang sekiranya jarak tempat kost yang Anda pilih tidak jauh dari kampus.
Nah, jika Anda kurang cocok dengan tempat kost yang ada di Yogyakarta, Anda bisa juga loh nyewa apartement. Namun untuk harga perbulannya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga kost-kost an.
Untuk harga menyewa apartement yang ditawarkan  kurang lebih Rp 2.500.000 hingga Rp 4.000.000. Bagi orang luar Yogyakarta, khusunya orang Jakarta atau Surabaya untuk harga segitu bisa dibilang murah jika dibandingkan dengan kotanya sendiri.
Nah adapun beberapa nama apartement yang bisa Anda sewa seperti Apartement Sahid Jogja, Vivo Seturan Apartement dan Apartement Hadiningrat Terrace. Tinggal di apartement jelas lebih enak karena fasilitasnya lengkap dan biaya yang dikeluarkan juga lebih mahal.
Dengan pilihan fasilitas yang berbeda di tempat kost ataupun apartement, Anda bisa menentukan salah satu tempat tinggal sementara ketika berkuliah di Yogyakarta yang Anda anggap nyaman dan aman.
Anda bisa memilih sesuai budget yang Anda miliki saat ini. Jika Anda punya uang lebih, Anda bisa menyewa apartement di sekitar kampus yang ada di Jogja. Namun jika budget yang Anda miliki pas-pasan, Anda bisa menyewa tempat kost sebagai hunian sementara.
Oleh sebb itu, mencari informasi mengenai tempat tinggal merupakan hal yang tidak sepele. Intinya sebaiknya carilah tempat tinggal sementara yang Anda rasa nyaman, aman serta dekat dengan Universitas pilihan Anda.
2. Biaya Makan Di Yogyakarta
Rincian biaya yang kedua yaitu mengenai biaya makan di Yogyakarta. Sebelumnya kami membahas biaya tempat tinggal ketika berada di Jogja. Kali ini yang kedua kami membahas biaya makan ketika berkuliah di Jogja.
Membahas biaya makan juga tak kalah penting loh dengan biaya tempat tinggal karena makan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap harinya agar badan selalu fit.
Seperti yang kita ketahui bahwa biaya hidup di Jogja tak semahal dengan biaya hidup di kota Jakarta, Bandung ataupun Surabaya. Di kota Yogyakarta, untuk harga makan serta kebutuhan lainya terbilang murah.
Untuk seporsi makan di warung atau pinggir jalan, hanya sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 tergantung lauk yang Anda pilih. Misalnya Anda memilih lauk tempe, tahu dan sambal saja sekitar Rp 5.000.
Jika Anda makan 3x sehari dalam sebulan, total pengeluaran biaya khusus untuk makan sekitar Rp 5.000 X 3 kali X 30 hari = Rp 450.000.

Namun, jika Anda ingin makan dengan lauk yang lebih enak seperti ayam atau daging, Anda bisa menyiapkan uang sekitar Rp 500.000 hingga Rp 600.000 perbulannya.

Kalau ingin lebih irit untuk anak kost, Anda bisa makan 2x sehari jadi terhitung Rp 5.000 x 2 x 30 = Rp 300.000. untuk satu bulannya, Anda hanya menghabiskan biaya sekitar Rp 300.000 setiap bulannya.
Jika ingin lebih irit lagi, Anda bisa memasak sendiri di tempat kost. Dengan cara patungan atau masak bareng-bareng di kost-kost an. Hal ini tentunya Anda akan lebih berhemat jika dibandingkan beli di warung.
Namun itu semua juga tergantung Anda masing-masing yang sudah memiliki budget masing-masing dari rumah atau orang tua.
3. Biaya Transportasi Di Yogyakarta
Rincian biaya yang ketiga yaitu mengenai biaya transportasi di Yogyakarta. Ketika Anda berkuliah di Jogja, tentunya alat transportasi juga penting dan termasuk salah satu rincian biaya yang harus dikeluarkan.
Jika Anda mau kemana saja, tentunya Anda membutuhkan alat transportasi seperti motor, sepeda, mobil dan bahkan becak. Anda juga bisa memakai alat transportasi umum atau pribadi.
Nah di Yogyakarta, terdapat banyak sekali jenis alat transportasi yang bisa Anda pilih. Seperti contoh transportasi umum, Anda bisa naik Trans Jogja dari kost ke kampus , harga tiketnya sekitar Rp 3.000 . harga segitu termausk murah banget kan ya.
Nah jika Anda naik bus atau angkutan kota harganya sekitar Rp 5.000,- hingga Rp 6.000,-  dan jika Anda naik kereta untuk biayanya sekitar Rp 8.000 sekali jalan yang bisa menuju ke luar daerah seperti Solo.
Jika Anda lebih memilih naik ojek online, becak atau taxi, harganya menyesuaikan dengan jarak yang ditempuh. Namun jika Anda ingin lebih berhemat, Anda bisa membawa motor sendiri di kost-kostan.
Dikatakan lebih hemat karena Anda hanya memerlukan bensin untuk mengisi bahan bakar motor. Selain itu, Anda bisa lebih leluasa untuk pergi kemana saja.
4. Biaya Lain-lain Di Yogyakarta
Rincian biaya yang keempat yaitu mengenai biaya lain-lain di Yogyakarta. Nah yang terakhir ini juga tak kalah penting dengan rincian biaya seperti biaya tempat tingal biaya makan dan biaya transportasi ketika Anda berada di Yogyakarta sebagai mahasiswa.
Rincian biaya lain-lain seperti membeli pasta gigi, sabun, minyak wangi dan keperluan lainya. Tentunya hal tersebut Anda membutuhkan biaya kan ya, karena gak ada gratisan hidup di dunia ini. Hehehehe
Ditambah dengan biaya beli sabun cuci baju atau detergent untuk mencuci baju-baju kotor sekitar Rp 20.000 perbulannya. Namun jika Anda berkeinginan untuk melaundry baju, Anda mengeluarkan biaya sekitar Rp 70.000 hingga Rp 100.000 setiap bulannya.
Seperti yang kita ketahui bahwa biaya hidup di Jogja tak semahal kota-kota besar lainya seperti Jakarta. Anda hanya perlu menyisihkan uang sekitar Rp 200.000 hinga Rp 300.000 untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Jadi jika dihitung dengan semua rincian biaya yang sudah kami paparkan di atas, Anda perlu menyiapkan uang kurang lebih Rp 1.000.000 hingga Rp 2.000.000 setiap bulannya jika Anda tinggal di kost yang standar.

Jika tinggal di kost yang memiliki fasilitas lebih lengkap, Anda perlu menyiapkan uangs ekitar Rp 1.500.000 hingga Rp 2.500.000 per bulannya.

Namun jika Anda tinggal di apartement, Anda perlu menyiapkan uang sekitar Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000.

Biaya hidup di kota Yogyakarta jauh lebih murah dan terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan biaya hidup kota-kota besar lainya. Apalagi jika Anda bisa mengatur keuangan dengan baik.
Tentunya keadaan keuangan Anda tidak akan habis di tengah-tengah bulan. Jika jatah uang selama satu bulan, habis ditengah-tengah bulan, tentunya hal tersebut membuat Anda bingung dan akan lebih membebani orang tua Anda.
Oleh sebab itu, pahamilah terlebih dahulu semua rincian biaya hidup jika Anda menjadi mahasiswa atau mahasiswi di Yogyakarta agar keadaan keuangan Anda tetap stabil dan seimbang antara pemasukan dan pengeluaran.
Jika Anda berkeinginan untuk tidak membebankan orang tua dengan biaya seabrek, Anda bisa keja freelance loh. Ada banyak banget lowongan pekerjaan untuk tingkat mahasiswa / mahasiswi.
Dan enaknya, kerja freelance bisa dilakukan diluar kegiatan kuliah loh. Jadi Anda bisa dengan tenang bekerja tanpa mengganggu kegiatan perkuliahan Anda di kampus. Kerja freelance bisa dilakukan kapan saja ketika Anda memiliki waktu luang.
Meskipun biaya hidup di Jogja terbilang murah, namun apa salahnya berkuliah sambil bekerja yang penting tidak mengganggu jam kuliah di salah satu kampus yang ada di Jogja.

Bacaan Terkait :

Itulah tadi beberapa informasi mengenai rincian Biaya Hidup Mahasiswa di Jogja untuk Anak Kost yang bisa Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan silahkan berbagai info ini pada teman lainnya.
Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.