Cara Cek Biaya Hidup Mahasiswa di Jakarta untuk Anak Kost

Biaya Hidup Mahasiswa di Jakarta untuk Anak Kost — Biaya Hidup di Jakarta, Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa di Jakarta Dalam Sebulan, Biaya Kost – Biaya Transportasi – Biaya Makan – Biaya Tugas Kuliah, Perhitungan Biaya Hidup di Jakarta, Tips Atur Uang untuk Mahasiswa yang Ngekos di Jakarta, Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa Di Jakarta Dalam Sebulan, Estimasi Biaya Hidup di Jakarta, Biaya Hidup Sendiri di Jakarta, Biaya Hidup Kuliah di Jakarta untuk Sebulan.
Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Biaya Hidup Mahasiswa di Jakarta untuk Anak Kost. Informasi ini ditujukan bagi para calon mahasiswa yang ingin kuliah di kampus yang ada di Jakarta. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.
Biaya Hidup Mahasiswa di Jakarta untuk Anak Kost Cara Cek Biaya Hidup Mahasiswa di Jakarta untuk Anak Kost
Salah satu kota yang paling terkenal di Indonesia yaitu kota Jakarta. Yang mana kota ini terkenal dengan kepadatan penduduknya. Selain itu, Jakarta juga termasuk suatu kota metropolitan yang terbesar di Indonesia.
Di dalam kota besar ini terdiri dari berbagai macam kalangan, baik itu suku maupun juga daerah. Sudah kita ketahui bersama jika Jakarta juga dijadikan sebagai tempat tujuan bagi para perantau yang ingin melanjutkan pendidikan berkualitas. 
Tak hanya itu saja, sebagian besar dari perantau juga merupakan seseorang yang ingin mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi. Sebagian besar masyarakat sudah menganggap jika orang kehidupan di Jakarta sangat baik dan serba mudah. 
Namun, di balik semua itu Jakarta juga memiliki banyak sekali kekurangan jika dibandingkan dengan kota yang lainnya. Semuanya tergantung anda dalam menyikapinya dan mengatur gaya hidup anda.
Harus anda tahu jika kota Jakarta tidak hanya dijadikan pusat kegiatan ekonomi dan politik saja. Namun kota ini juga merupakan tempat untuk melanjutkan pendidikan. Sebab, saat ini sudah banyak kampus yang berdiri di berbagai wilayah kota Jakarta. 
Dalam hal ini, sering sekali faktor biaya hidup merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan pada saat akan memilih kuliah di Jakarta. Sebab kuliah di kota Jakarta tidak bisa terpisahkan dengan biaya hidup yang mungkin cukup mahal.
Berdomisili di ibukota sebenarnya juga sama seperti kita tinggal di tempat-tempat yang lainnya. Pastinya ada kekurangan dan kelebihannya.  
Sudah kita ketahui bersama jika sekarang ini berbagai macam kebutuhan dalam hal teknologi, informasi, transportasi dan lainnya sudah mudah untuk kita dapatkan. Yang pastinya ini semua akan mempengaruhi biaya hidup anak kost mahasiswa yang ada di Jakarta. Sebab, di Jakarta biaya hidupnya semakin mahal.
A. Biaya Hidup Mahasiswa Di Jakarta
Banyak orang yang tertarik untuk melanjutkan pendidikannya di kota Jakarta. Menjadi mahasiswa di Jakarta juga termasuk salah satu impian dari sebagian besar pelajar yang telah selesai dari SMA atau dari SMK. 
Mereka akan merasa sangat bangga jika bisa diterima masuk perguruan tinggi di Jakarta. Sebab, perguruan tinggi yang ada di Jakarta mempunyai mutu serta kualitas yang cukup bagus.
Terdapat berbagai macam pilihan untuk jurusan yang terbaik di setiap perguruan tinggi. Yang harus anda hadapi saat ingin menempuh kuliah di Jakarta ini yaitu harus bisa memenuhi biaya hidup yang lebih mahal dibandingkan kota yang lainnya.
Sampai saat ini para perantau yang berasal dari luar daerah banyak yang mengeluhkan tentang biaya hidup. Terutama untuk para pelajar atau para mahasiswa yang pada umumnya belum memiliki pekerjaan yang menghasilkan. 
Oleh sebab itu, sebelum anda memutuskan untuk berpindah ke Jakarta dan resmi menjadi mahasiswa disana sebaiknya anda  membuat estimasi biaya hidup mahasiswa di Jakarta untuk anak kost. 
Walaupun anda hanya tinggal sementara saja di kost selama masa pendidikan. Namun, ini perlu sekali dilakukan supaya anda tidak kehabisan uang bulanan sebelum tiba waktunya.
Berikut ini berbagai macam biaya hidup mahasiswa di Jakarta untuk anak kost, mulai dari biaya untuk kost, biaya makan, biaya transportasi, dan biaya yang lainnya.
1. Biaya Hidup Mahasiswa di Jakarta : Biaya Tempat Tinggal
Biaya hidup mahasiswa yang bisa menjadikan pengeluaran semakin banyak diantaranya adalah biaya untuk tempat tinggal di kostan. Sebab, untuk harga kontrakan yang ada di kota Jakarta ini memang paling mahal jika dibandingkan wilayah lain.

Mungkin dari sebagian besar sarana tempat tinggal yang ada di Jakarta, mungkin anda akan mendapatkan penawaran harga yang tinggi. Dalam hal ini, anda bisa survey tempat kost yang paling dekat dengan kampus yang ingin anda tempuh.

Nah, untuk biaya kos saja paling tidak anda mengeluarkan uang 800 ribu per bulan. Akan tetapi, biaya tersebut sudah dengan fasilitas kamar mandi dalam, kasur dan juga lemari. Dalam waktu setahun untuk biaya kost saja, jika kost 800 ribu pengeluarannya sudah 9.600.0000.

Dan jika anda memilih kos yang tersedia fasilitas tambahan seperti halnya ac, wifi serta terdapat beberapa fasilitas umum harganya lebih mahal lagi, yaitu dengan kisaran harga diatas 1.4juta per bulan.

Pada umumnya, di sekitaran ini banyak sekali penyewaan kost yang ada di sekitar kampus yang memiliki harga yang lebih murah. Sebab, memang tempat tinggal ini dubuat dikhususkan untuk para mahasiswa yang kualiah di kampus tersebut.

Sebagai seorang mahasiswa baru yang hendak tinggal di kota Jakarta yang ramai dan padat penduduk, maka anda semuanya bisa memilih kost mahasiswa Jakarta  yang memiliki harga yang terjangkau.

Tak hanya harganya yang lebih terjangkau, biasanya kost juga berada di lokasi yang sangat strategis. Pada umumnya harga kost yang murah-murah yang berada di sekitar daerah Jakarta banyak dicari oleh para mahasiswa atau calon mahasiswa yang ingin menimba ilmu.

Pada saat anda akan memilih kost yang ada di Jakarta, sebaiknya anda memperhatikan berbagai macam hal. Sangat penting sekali anda semuanya untuk mempertimbangkan jarak dari kost sampai kampus yang menjadi tempat anda belajar.

Karena, jika anda memilih kost yang jaraknya jauh dengan tempat tinggal anda, maka pengeluaran anda akan banyak dan uang bisa habis hanya untuk biaya transportasi saja. Sebab, biaya transportasi juga harus dikeluarkan setiap hari.

Maka dari itu, sebaiknya pilihlah rumah kost yang lokasinya tak jauh dari kampus. Dengan demikian bisa menghemat ongkos transportasi yang dikeluarkan setiap harinya.

Dan uang tersebut bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat lagi. Dalam hal ini anda harus bisa pintar-pintar dalam mengatur keuangan untuk keperluan kost anda semuanya. Sehingga uang bulanan bisa cukup dan tidak habis sebelum waktunya.

B. Biaya Hidup Mahasiswa di Jakarta : Biaya Makan
Hal penting yang selanjutnya yang sebaiknya anda perhatikan apabila memutuskan untuk kuliah di Jakarta diluar biaya kost-kostan di Jakarta yaitu biaya makan atau harga dalam satu kali makan di Jakarta. 
Karena biaya makan di Jakarta juga lumayan mahal, meskipun hanya untuk sekedar nasi, sayur dan lauk sederhana saja yang berkisar antara 10 ribu hingga 20 ribuan. Akan tetapi, itu harus dikeluarkan setiap hari dengan rutin. Belum lagi jika ingin membeli camilan atau makanan ringan lainnya.
Untuk masalah tempat serta menu makanan yang harus anda makan, sebaiknya anda tidak perlu merasa khawatir dan bingung dalam mencarinya. Sebab, di Jakarta sudah ada banyak sekali tersedia rumah makan.
Selain itu juga sudah banyak warteg yang menyediakan berbagai macam menu makanan di pinggir jalan, terlebih lagi di dekat perkantoran dan juga di dekat kampus-kampus. Kisaran harga makanan di warteg yaitu 8 ribu hingga 15 ribu tergantung pilihan makanan.
Pada saat malam hari juga sudah banyak jajanan yang disediakan di pinggir jalan atau pedagang kaki lima yang menjual aneka ragam makanan dengan harga yang relatif terjangkau.
Menu makanan di pedagang kaki lima juga sangat beragam dan memiliki tempat yang nyaman apabila anda merasa bosan dengan menu yang pada umumnya anda makan. 
Jika anda merasa harga makanan yang ada di luar cukup mahal, maka anda dapat mencoba untuk masak nasi sendiri. Dan anda tinggal membeli lauknya saja. Hal ini akan membuat biaya hidup anda semakin sedikit dan bisa lebih hemat.
C. Biaya Hidup Mahasiswa di Jakarta : Biaya Transportasi
Jakarta memang sudah memiliki berbagai macam fasilitas kenyamanannya. Salah satunya tersedianya aneka ragam jenis transportasi umum yang bisa menjadikan aktivitas  anda sehari-hari semakin lancar dan mudah. 
Diantaranya tersedianya bus transjakarta, bus kopaja, metromini, KRL. Selain itu juga ada bus angkutan kota, bajaj. Yang mana pada saat ini sudah banyak tersedia di berbagai daerah yang tersebar di Jakarta. 
Kemudian juga banyak  mahasiswa yang kerap memilih transportasinay dengan menggunakan KRL dan Bus Transjakarta untuk berangkat dari kost ke kampusnya. 
Selain itu, perlu anda tahu jika transportasi biayanya juga memakan biaya yang cukup banyak, terlebih lagi untuk para pengguna kendaraan pribadi. 
Sebagian besar orang yang mempunyai kendaraan pribadi dapat menghabiskan uang untuk bahan bakar bensin sekitar rata-rata 200 ribu sampai 400 ribu rupiah per bulan. 
Kemudian, masih ada tambahan biaya lainnya seperti halnya uang parkir, tol, dan juga servis kendaraan yang sebaiknya anda keluarkan. 
Apabila secara menyeluruh dihitung, maka untuk pengeluaran biaya khusus transportasi dengan kendaraan pribadi bisa sampai sekitar 700 ribu rupiah.
Nah, jika memakai kendaraan umum  rinciannya adalah sebagai berikut ini. Untuk busway, biaya yang anda keluarkan sekitar Rp. 3.500. Lalu apabila anda memutuskan untuk anik commuterline harganya Rp. 3.500 sampai dengan Rp. 4.500.
Jika anda memilih bus patas AC harganya sekitar 9 ribu rupiah hingga 12 ribu rupiah. Namun, apabila anda memilih untuk naik ojek online yang saat ini banyak digunakan dari pada harus menggunakan kendaraan umum, maka anda harus mengeluarkan biaya yang jumlahnya cukup banyak.
Sebab biaya yang harus dikeluarkan untuk jarak antara 10 sampai dengan 15 km, biaya yang harus dikeluarkan paling tidak yaitu Rp15 ribu sampai dengan 25 ribu rupiah. 
Dan apabila anda menggunakannya bolak balik di setiap harinya maka bisa menjadi Rp 30 ribu bahkan bisa sampai Rp 50 ribu dalam sehari. Dan ini akan menjadikan pengeluaran bulanan anda akan menjadi sangat tinggi.
Jika anda ingin lebih cepat dan juga lebih praktis, maka anda dapat memilih ojek online. Namun anda harus menerima resiko jika anda harus membayar biayanya yang lebih mahal. 
Akan tetapi, jika kost anda tidak jauh dari kampus anda, maka anda bisa jalan kaki atau menggunakan sepeda. Ini akan sangat menghemat pengeluaran anda.
D. Biaya Hidup Mahasiswa di Jakarta : Biaya Pulsa
Untuk sebagian besar masyarakat yang ada di ibukota, gadget merupakan benda yang sangatlah penting. Sebab, hampir sema kegiatan akan dilakukan membuthkan benda seperti gadget ini.
Diantaranya seperti bekerja, berbelanja, sampai dengan aktifitas belajar. Maka dari itu, tidaklah mengherankan apabila biaya pulsa yang diperlukan oleh masyarakat Jakarta terutama mahasiswa tergolong cukup besar. 
Untuk kebutuhan pulsa telepon saja, mungkin anda bisa menghabiskan biaya mulai Rp. 50 ribu sampai dengan Rp. 200 ribu lebih. Sedangkan untuk kebutuhan pulsa internet juga akan lebih mahal lagi di setiap bulannya. Bahkan sekali beli harganya diatas 50 ribu.
E. Biaya Lain-lain
Lalu, yang terakhir yaitu biaya lain-lain seperti halnya keperluan yang digunakan untuk mandi, belanja dan masih banyak lagi yang lainnya. Biaya kebutuhan pokok yang ada di Jakarta memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan daerah lainnya, misalnya saja Jogja.
Kemudian, di kota Jakarta juga banyak sekali tersedia tempat makan, tempat hangout dan juga pusat perbelanjaan yang sangat lengkap dan meragam. Dan ini kerap menjadikan kita tergiur. 
Terlebih lagi jika anda merupakan tipe orang yang suka belanja dan suka hangout bersama teman. Dalam hal ini anda juga harus menyisihkan uang untuk mencukupi kebutuhan hiburan anda sendiri. 
Diantaranya yaitu biaya untuk nonton film. Nah, untuk rata-rata bioskop standar yang ada di Jakarta biaya nya untuk satu tiketnya yaitu 35 ribu ke atas.
Dan apabila anda ingin mengurangi pengeluaran untuk berkumpul bersama teman atau nongkrong di kafe, anda dapat sedikit membatasi kegiatan anda di kafe yang harganya memang cukup mahal. 
Anda bisa mencoba nongkrong di halaman atau di taman yang hemat dan tidak harus mengeluarkan biaya seperti di kafe.
Memang pengeluaran untuk hidupndi Jakarta cukup mahal. Namun, apabila anda ingin membantu orang tua serta bisa mendapatkan uang jajan tambahan, anda dapat mencari pekerjaan atau mencoba untuk membuka usaha. 
Dengan begitu, keuangan anda bisa terarahkan dengan benar dan anda bisa lebih hemat dan cukup memenuhi kebutuhan bulanan sebagai mahasiswa yang kost di Jakarta.
B. Tips Mengatur Uang Untuk Mahasiswa Yang Kost di Jakarta
Agar anda bisa mencukupi kebutuhan kost anda dalam tiap bulannya maka sebaiknya anda harus bisa mengatur pengeluaran dengan sebaik mungkin.
1. Jangan Banyak Menghabiskan Uang Dengan Nongkrong
Sudah kita ketahui bersama, jika Jakarta termasuk salah satu kota yang memiliki tempat nongkrong yang jumlahnya paling banyak di Indonesia. Karena menyadari jika kehidupan mahasiswa di perkotaan yang cukup wah, jika anda mengikuti semua kebiasaannya maka bisa boros. 
Oleh sebab itu, sebaiknya anda mencoba untuk menahan diri supaya tidak terlalu sering nongkrong bersama teman dan membeli sesuatu yang kurang bermanfaat.
2. Pisahkan Antara Uang Konsumsi dengan Uang Tabungan
Untuk anda yang merupakan mahasiswa yang masih mendapat kiriman uang saku bulanan dari orang tua, maka sebaiknya anda segera memisahkan uang konsumsi untuk harian dan tabungan pada saat uang tersebut baru anda terima.
Jika bisa, sebaiknya anda bisa memiliki dua atau lebih kartu atm. Karena nantinya ini akan bermanfaat untuk mengatur cash flow di setiap bulannya.
Tak hanya itu saja, dengan menerapkan hal ini maka anda  juga dapat memastikan jika di setiap bulan ada dana yang masuk pada rekening tabungan.
3. Mencoba Untuk Memasak Sendiri
Jika di kosan anda sudah disediakan fasilitas dapur serta anda juga memiliki kemampuan memasak, maka anda bisa memanfaatkan dari kedua hal tersebut. 
Sebab, jika anda semanya bisa masak sendiri, mka pengeluaran yang digunakan untuk konsumsi harian bisa lebih hemat. Bahkan, anda juga dapat lebih dari dua kali lipat lebih hemat dari pada anda harus membeli makan di warung setiap hari nya.
4. Cari Kosan yang Fasilitas Free Wifi
Karena para mahasiswa pada umumnya mempunyai tugas-tugas yang banyak dari dosen, tentu saja internet merupakan salah satu kebutuhan utama yang sebaiknya anda penuhi. 
Maka dari itu, dari pada anda harus menghabiskan uang untuk membeli paket data di handphone lebih baik anda cari kosan yang free wifi.
Meskipun kostan yang free wifi sedikit lebih mahal, namun jika dibanding anda harus membeli banyak kuaota internet maka ini dinilai lebih irit dan hemat.
Baca Juga :
Demikian informasi mengenai Biaya Hidup Mahasiswa di Jakarta untuk Anak Kost. Semoga informasi tersebut bisa memberikan gambaran untuk kalian yang ingin kuliah di Jakarta. Terima kasih telah membaca artikel ini. Baca juga artikel lainnya di blog ini. Cukup sekian dan salam sukses.
Sudah 10 Tahun Menyukai Dunia Tulis Menulis. Menjadi Penulis Konten Website juga.