BEGINI NASIB GURU HONORER SWASTA MUTASI KE SEKOLAH NEGERI PADA PPPK TAHAP  (Update SSCASN 2023)  BEGINI NASIB GURU HONORER SWASTA MUTASI KE SEKOLAH NEGERI PADA PPPK TAHAP 3

Ada beberapa pertanyaan dari kelompok guru honorer sekolah swasta yang mutasi ke sekolah negeri, apakah nantinya masuk ke dalam pelamar prioritas dan pelamar biasa pada seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau P3K Tahun 2022.

Sebelum menjawab hal ini, kita lihat apalagi dulu Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau PermenPAN-RB, Nomor 20, Tahun 2022, yang mana di untuk seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau P3K Guru 2022 pendaftarnya dibedakan menjadi 3 kategori.

3 klasifikasi pendaftar tersebut yakni guru yang sudah lulus passing grade, kemudian guru yang belum lulus passing grade, dan guru yang masuk dalam klasifikasi pelamar umum.

Kategori Guru Lulus Passing Grade.

Untuk guru yang lulus passing grade, artinya guru tersebut sudah mengikuti seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau P3K Guru Tahun 2021, dan sudah meraih nilai ambang batas.

Baik itu guru lulus passing grade klasifikasi 1, klasifikasi 2, maupun klasifikasi 3. Ke 3 klasifikasi guru yang lulus passing grade yakni tenaga honorer klasifikasi 2 atau THK 2, Guru Honorer Negeri, lulusan pendidikan profesi guru atau PPG, dan Guru Sekolah Swasta tersebut nantinya tinggal menanti penempatan.

Kemudian tenaga honorer klasifikasi 2 atau THK 2, yang masuk ke dalam klasifikasi pelamar prioritas 2 untuk penempatannya apalagi dulu akan lewat seleksi kesesuaian atau verifikasi jikalau masih ada formasi, baik dari sekolah atau instansi yang bersangkutan.

Lihat juga :  Pendaftaran Poltekkes Surakarta D3/D4/Profesi T.A 2022/2023

Kategori Guru Belum Lulus Seleksi.

Selanjutnya yang masuk dalam klasifikasi guru belum lulus passing grade masuk ke dalam pelamar prioritas ke 3.

Pelamar prioritas ke 3 ini berisikan guru honorer sekolah negeri yang terdaftar di data pokok pendidikan atau Dapodik, lebih dari 3 tahun, dan tercatat aktif, sehingga dapat mengikut seleksi kesesuaian atau verifikasi.

Kategori Pelamar Umum.

Kemudian yang terakhir yakni pelamar umum. Pelamar biasa ini ialah penerima gres yang berisikan guru honorer sekolah negeri yang terdaftar di data pokok pendidikan atau Dapodik, kurang dari 3 tahun.

Guru sekolah negeri yang terdaftar di data pokok pendidikan atau Dapodik, kurang dari 3 tahun ini, dapat mengikuti seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau P3K 2022, dan akan berkompetisi dengan lulusan pendidikan profesi guru atau PPG, dan guru honorer sekolah swasta lewat seleksi tes Computer Assisted Test Ujian Nasional Berbasis Komputer atau cat UNBK.

Artinya yang masuk ke dalam klasifikasi pelamar umum adalah, guru honorer sekolah negeri yang terdaftar di data pokok pendidikan atau Dapodik, kurang dari 3 tahun, lulusan pendidikan profesi guru atau PPG, dan guru honorer swasta.

Lihat juga :  Daftar Fakultas & Kesibukan Studi Ubd Universitas Bina Darma Palembang

Jawaban atas Mutasi Guru.

Di permulaan sudah dijelaskan, terkait 3 ketegori pendaftar seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau P3K Guru Tahun 2022, menurtut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau PermenPAN-RB, Nomor 20, Tahun 2022.

Lalu bagaimana dengan nasib guru yang sudah mutasi dari sekolah swasta ke sekolah negeri, apakah bisa menjadi pelamar prioritas apabila memiliki Terhitung Mulai Tanggal atau TMT tahun 2016?

Melihat hukum yang sudah diterangkan di atas, kiranya ada 2 kemungkinan, yakni guru yang mutasi tersebut masuk ke dalam pelamar prioritas 3, atau bisa juga masuk ke dalam pelamar umum.

Kondisi ini juga perlu dilihat dari waktu mutasi. Mutasi dari sekolah swasta ke sekolah negeri tersebut sudah berapa lama, agar nasib guru sekolah swasta yang mutasi ke sekolah negeri kedepannya lebih jelas.

Misalnya, guru tersebut pindah ke sekolah negeri pada bulan februari 2022, dan Terhitung Mulai Tanggal atau TMT 2016, yang dimiliki tetap lanjut di sekolah negeri.

Jika kondisinya demikian, maka kemungkinan paling besar yakni guru tersebut tidak bisa masuk ke dalam pelamar prioritas 3.

Hal ini dikarenakan terdaftar di data pokok pendidikan atau Dapodik-nya, gres sekitar 6 bulan, terhitung bulan Agustus 2022. Sedangkan syarat masuk prioritas 3 yakni tercatat aktif di data pokok pendidikan atau Dapodik, dan memiliki masa kerja lebih dari 3 tahun.

Lihat juga :  Pendaftaran Poltekkes Pontianak Ta 2022/2023

Kemudian tentang Terhitung Mulai Tanggal atau TMT 2016. Terhitung Mulai Tanggal atau TMT 2016, yang dimiliki oleh guru ini ialah data masa kerja yang tercatat di sekolah swasta sebelum menjalankan mutasi ke sekolah negeri.

Artinya yang mau dijumlah yakni masa kerja pada sekolah dikala ini. Bukan lagi berpatokan ke masa kerja pada sekolah sebelum mutasi.

Dengan demikian, guru yang mutasi tersebut diakui di sekolah negeri dan tercatat pada tata cara Sistem Seleksi kandidat aparatur sipil Nasional atau SSCASN, yang nantinya terintegrasi ini memiliki masa kerja kurang dari 3 tahun.

Karena tercatat masa kerja di sekolah negeri gres 6 bulan, atau kurang dari 3 tahun, terhitung dari bulan Februari hingga bulan Agustus.

Sehingga guru tersebut akan masuk ke klasifikasi pelamar biasa dan lewat seleksi tes Computer Assisted Test Ujian Nasional Berbasis Komputer atau cat UNBK, dan akan berkompetisi dengan lulusan pendidikan profesi guru atau PPG, dan guru honorer sekolah swasta.


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/
Pendaftaran.net