Guru Lulus PG PPPK Agar Dapat Formasi PPPK (Update SSCASN 2023)  4 Solusi bagi Guru Lulus PG PPPK Agar Dapat Formasi PPPK
4 Solusi bagi Guru Lulus PG PPPK Agar Dapat Formasi PPPK

Formasi PPPK – Masalah guru lulus PG PPPK 2021 yang belum mendapat deretan masih menjadi problem pelik. Sehingga hal tersebut memerlukan pemikiran dan penyelesaian dari pemerintah maupun pihak-pihak terkait. 

Sejauh ini masih ada ratusan ribu guru yang sebaiknya mendapat pengangkatan PPPK tetapi cita-cita itu tak juga kunjung tiba. 

Proses seleksi guru PPPK sendiri sudah dimulai sejak tahun 2021 yang lalu. Pada tahap pertama tersebut, banyak guru yang kemudian ikut mendaftar.

Tapi ironisnya, sehabis mereka lulus passing grade yang sudah ditentukan, tidak mendapat deretan yang diharapkan.

Sehingga cita-cita untuk menjadi PPPK masih tertunda hingga di saat ini.  Total guru yang sudah lulus PG pada seleksi PPPK tahun 2021 yakni 193.954 guru.

Lihat juga :  (Update Sscasn 2023) 6 Permintaan Guru Lulus Pg Tidak Ada Gugusan Di Pppk 2022

Jumlah itu sanggup dibilang sungguh banyak dan tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga mereka pun berharap akan mendapatkan penyelesaian dari pemerintah untuk menyelesaikan problem ini. 

Di tahun 2022 ini, seleksi PPPK kembali dibuka. Sementara itu guru lulus PG PPPK 2021 menjadi prioritas pengangkatan tanpa tes.

Tapi masalahnya tidak semudah itu, tidak mungkin semua nama guru yang sudah lulus passing grade sanggup diangkat secara otomatis. 

Pasalnya, banyak guru yang lulus PG tetapi mereka mengajar untuk mata pelajaran yang sama. Sehingga deretan untuk sebagian guru tersebut tetap tidak ada. 

Menanggapi problem tersebut, terdapat beberapa penyelesaian yang diberikan untuk pemerintah.

1. Menempatkan di Daerah Kekurangan Guru

Wilayah Indonesia terhampar sungguh luas dari Sabang hingga Merauke. Di daerah-daerah tertentu, niscaya ada yang masih memerlukan guru, terutama tempat tertingga atau yang tergolong ke dalam klasifikasi 3T.

Lihat juga :  Pendaftaran Mahasiswa Gres Upi D3,S1,S2,S3 T.A 2022/2023

Dengan demikian, guru lulus PG yang belum tertampung menjadi ASN akan mendapat formasi.  Untuk mengenali tempat mana saja yang memerlukan guru sanggup dilacak lewat Kemendikbudristek.

Melalui kementerian, keperluan guru tersebut pastinya sanggup dikenali tempat mana yang memerlukan guru ASN. 

Baca juga: Cara Memilih Formasi Pelamar Umum bagi PPPK Guru 2022

Pernyataan di atas memang sanggup menjadi penyelesaian untuk memuat guru lulus PG PPPK 2021 yang belum mendapat formasi.

Namun demikian, belum sanggup ditentukan apakah guru yang bersangkutan mau untuk di luar daerah. Sebab cita-cita para guru yang lulus PG tersebut tetap sanggup melakukan pekerjaan di sekolah asal atau di sekolah-sekolah yang tidak jauh dari kampung halaman. 

Lihat juga :  (Update Sscasn 2023) Cek 60 Pemda Mengajukan Gugusan Pppk Pada Seleksi Pppk 2023


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/
Pendaftaran.net

Pages: 1 2 3