Saya percaya setiap kita niscaya ingin memiliki suatu Rumah Idaman

Namun tidak siapa saja bisa berbelanja rumah, meskipun ada beberapa cara yg bisa ditempuh untuk berbelanja suatu rumah.

Salah satu cara yg cukup lazim yakni dengan mengajukan Kredit,

Kredit yang mengakomodir pembelian rumah kebanyakan dinamakan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). KPR ini kebanyakan tersedia di Bank Bank Konvensional, bukan Bank Mikro yg cuma menawarkan bisnis simpan pinjam.

Untuk proses pengajuan KPR ini sendiri sanggup dibilang mencakup mudah, tetapi kebanyakan mengkonsumsi waktu yg cukup usang ketimbang mengajukan kredit Tanpa Agunan (KTA)
Untuk Suku bunga yg dikenakan juga bervariasi, tetapi kalau ketimbang produk yang lain di Bank, KPR memiliki suku bunga paling rendah dengan rentang waktu kredit bisa meraih 15 Tahun, dan untuk kredit karyawan Bank (Kredit Internal), seringkali sanggup meraih 20 tahun.

Lihat juga :  Dana Cair Kredit Bank Syariah Berdikari Untuk Pns

Untuk proses pengajuannya sendiri sanggup dibilang mudah, tetapi mungkin standar yg diminta cukup rumit, hal ini berhubungan dengan hukum BI (Bank Indonesia) tentang pinjaman kredit oleh Bank. beberapa alur pengajuan yg sanggup aku sampaikan yakni sbb :
1. Temukan rumah yang hendak dibeli, alasannya kalau tidak ada rumah yg akan dibeli, maka kredit sudah niscaya akan ditolak.
2. Pastikan harga jual dan ongkos – ongkos lain yg akan muncul
3. Hitung kesanggupan dana apakah bisa untuk dana permulaan atau tidak, kebanyakan untuk pengajuan KPR, nasabah diwajibkan apalagi dulu untuk mengeluarkan duit Down Payment (DP) atau Uang Muka atas pembelian rumah tsb.
4.  Hubungi Developer rumah yg akan dibeli atau pemilik rumah (jika rumah lama) untuk meminta kelengkapan berkas rumah yg akan dibeli dan juga mengontrol cara pembayaran DP dan kapan akan dibayar.
5. Setelah bukti pembayaran DP diterima, datangi bank yang hendak kita pakai untuk mengajukan KPR rumah tersebut, lazimnya akan dilayani oleh marketingnya.
6. Di Bank yg anda tuju, jangan lupa untuk menanyakan berapa suku bunga angsuran yg akan dikenakan, dan tipe perkiraan bunganya, ada beberapa Bank yg memiliki suku bunga tetap hingga selesai tenor, ada juga yg cuma 2 tahun pertama gres lalu tergantung pada suku bunga berjalan, kalau memungkinkan lebih baik yang menerapkan suku bunga tetap sd selesai tenor, agar tidak mengusik cash flow dimasa depan.
7. Setelah oke dengan jlh angsuran, usang kredit (tenor) dan plafond atau jumlah pinjaman, serahkan semua kelengkapan dokumen yg diminta, dokumen ini bermacam-macam tergantung Bank masing – masing.
8. Nikmati waktu berlangsung seraya proses kredit berjalan, lazimnya akan ada survey lapangan, berupa kunjungan ke tempat tinggal yg akan dibeli, ke wilayah kerja atau lokasi usaha, dan mungkin berulang kali telpon konfirmasi atau verifikasi oleh pihak Bank.
9. Setelah proses selesai, akan dipanggil utk kontrak kredit, dan setelah itu tinggal kita mengerjakan angsuran hingga selesai masa tenor dan Rumah akan menjadi milik kita.

Lihat juga :  Dana Cair 15 Produk Proteksi Kredit Tanpa Agunan (Kta) Dari Bank

Untuk bunga KPR, kebanyakan dijumlah secara tahunan dengan kisara 7,6 % hingga dengan 12 % per tahun. Selamat mencoba…

Mohon komentar dan pertanyaan kalau dibutuhkan..


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/
Pendaftaran.net