Pangkat kelompok PNS sungguh dipengaruhi oleh waktu lamanya mengabdi Terbaru!!! Soal Kasus Kecurangan CASN 2021, Kemenpan RB: Akan Ada Sanksi Pencopotan Jabatan dan Blacklist 
ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN
Pangkat kelompok PNS sungguh dipengaruhi oleh waktu lamanya mengabdi, diklat jabatan yang pernah diikuti, kompetensi, pendidikan, serta prestasi dari PNS bersangkutan. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menindak tegas para pelaku tindak kecurangan tes CASN 2021.

Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Anti Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) Polisi Republik Indonesia sudah mengangkap 30 orang pelaku tindak kecurangan pelaksanaan tes CASN 2021 itu.

30 pelaku berisikan 21 warga sipil dan 9 Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Selain itu, sebanyak 359 penerima seleksi CASN 2021 juga ikut terlibat dalam kecurangan tersebut.

Pencopotan jabatan PNS

Kemenpan RB lewat Plt Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan-RB Mohammad Averrouce menegaskan, PNS yang terlibat dalam permasalahan kecurangan tes CASN 2021 dan dinyatakan bersalah akan memperoleh hukuman berupa pencopotan jabatan.

Lihat juga :  Terbaru!!! Peraturan Gres Pengadaan Pppk Guru Tahun 2022 Untuk Guru Honorer

Hal tersebut selaku respons tegas Kemenpan RB dalam menindaklanjuti kecurangan tersebut.

“Pasti dicopot (jabatannya). Misalnya ia pejabat struktural, (maka) dicopot jabatannya,” kata Averrouce, dikala dihubungi oleh Kompas.com, Selasa (25/4/2022).

Bahkan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa pencopotan jabatan tersebut akan dijalankan secara tidak terhormat.

“Kalau ada oknum PNS yang terlibat, kami proses untuk diberhentikan secara tidak terhormat,” tuturnya, dikutip dari Antara.

Sebelumnya, Tjahjo mengatakan, pihaknya sempat memperoleh aduan dari penduduk serta temuan Badan Kepegawaian Negara (BKN) tentang tindak kecurangan dalam tes CASN 2021.

Usai memperoleh laporan tersebut, Tjahjo secepatnya mengunjungi Mabes Polisi Republik Indonesia dan menampilkan surat terhadap Kepala Badan Reserse dan Kriminal untuk menilik tuntas jaringan kecurangan tersebut.

359 CPNS didisikualifikasi

Selain menindak tegas oknum PNS yang terlibat dalam kecurangan CASN 2021, Kemenpan RB juga menampilkan hukuman terhadap 359 CPNS.

Lihat juga :  Terbaru!!! Afirmasi Dari Kemenpan-Rb Terkait Pppk 2022 Untuk Fresh Graduate

Kemenpan RB memastikan, ratusan CPNS yang terlibat itu akan didiskualifikasi. Nama-nama penerima CPNS itu sudah dikantongi oleh pihak Kemenpan RB.

Bahkan, Deputi SDM Kemenpan RB Alex Denni akan menjalankan blacklist terhadap 359 penerima CPNS yang bertindak curang.

“Kami tidak akan berhenti mendiskualifikasi terhadap kandidat penerima yang terlibat,” kata Alex

“Kalau bisa, kami akan blacklist sekalian. Tidak boleh ikut seleksi selanjutnya,” imbuhnya.

Selain 359 penerima CPNS, terdapat 81 penerima yang sudah lolos tetapi terlibat dalam kecurangan itu.

Sanksi tegas diberikan selaku bukti keseriusan Kemenpan RB dalam reformasi birokrasi lewat perbaikan etos kerja para PNS.

Pencegahan kecurangan

Terungkapnya tindak kecurangan yang dijalankan oleh sejumlah oknum dalam tes CASN 2021 ini diapresiasi oleh Kemenpan RB.

Lihat juga :  Terbaru!!! 15 Jenis Pekerjaan Untuk Honorer Jika Dipecat

Tjahjo mengatakan, pihaknya menampilkan apresiasi tinggi terhadap kinerja jajaran Polda dan tim Bareskrim yang sudah menangkap dan mengungkap pelaku dalam permasalahan kecurangan tes CASN 2021.

BKN mengaku akan mengupayakan tindakan pencegahan tindak kecurangan dengan cara pengetatan. Berikut beberapa upaya pengetatan yang hendak dilakukan:

  1. Melakukan penguatan SOP pengawalan PC di lokasi CAT
  2. Menerapkan penyeleksian Titik Lokasi CAT yang diperketat kriterianya
  3. Melakukan pembekalan teknis dan pengawalan IT secara komprehensif terhadap petugas
  4. Melakukan kerja sama dan kerjasama dengan K/L terkait (BSSN dan BRIN).
  5. Melakukan pendampingan BSSN.

Sebelumnya, penangkapan pelaku tindak kecurangan tes CASN 2021 dijalankan di 10 titik lokasi kecurangan.

Dalam 10 titik lokasi yang berlawanan itu, polisi mengamankan barang bukti berupa 43 unit komputer dan laptop, 58 unit ponsel, 9 unit flashdisk, serta 1 unit DVR.kompas


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/
Pendaftaran.net