Penyebab Penyuluh Terganjal Dalam Seleksi PPPK  Terbaru!!! Penyebab Penyuluh Terganjal Dalam Seleksi PPPK 2021

Abdul Mujid, pengelola Forum Komunikasi Penyuluh Nasional. Foto Mesy Sebanyak 2.075 penyuluh pertanian terganjal dalam seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2021.

Mereka tercecer dari 11 ribu lebih tenaga harian lepas tenaga bantu penyuluh pertanian (THL-TBPP) yang lolos PPPK 2019.

Ketua Forum Komunikasi Penyuluh Nasional Gunadi mengungkapkan, dari 2.075 penyuluh tersebut 1.008 di antaranya lulusan SMA.

Sisanya merupakan diploma dan sarjana. Namun, kesemuanya sudah memiliki sertifikasi bidang keahlian. 

Gunadi pun mengaku heran lantara 2.075 penyuluh terganjal dalam seleksi PPPK 2021. Penyebabnya ada dua, pertama, Pemdanya tidak membuka gugusan PPPK penyuluh. Kedua, patokan pendidikan minimal D3.

“Mengapa kawan-kawan kami diganjal oleh PermenPAN-RB 35 Tahun 2020 yang menertibkan syarat pendidikan minimal D3,” kata Gunadi , Selasa (17/5).

Lihat juga :  Terbaru!!! 7 Kiat Lolos Cpns Dan Yang Perlu Kau Siapkan

Dia menegaskan, sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian untuk patokan tersebut. Mereka menuntut mudah-mudahan 2.075 penyuluh itu diperlakukan sama dengan PPPK 2019. 

Saat itu THL TBPP lulusan Sekolah Menengan Atas diberikan afirmasi sehingga dapat diakomodasi di PPPK 2019.

Abdul Mujid, pengelola Forum Komunikasi Penyuluh Nasional, menceritakan bagaimana dirinya dan yang lulusan Sekolah Menengan Atas diberikan tes tambahan. Setelah itu diangkat secara resmi pada 2021.

“Kalau kami dapat diberikan afirmasi, mengapa 2.075 penyuluh tidak diberikan kebijakan sama. Kami lahir dari kandungan yang sama, semestinya perlakuannya sama juga,” tegas Mujid.

Dia menambahkan, dari 24 ribu THL TBPP yang ada, masih kelemahan 32 ribu penyuluh, terlebih yang gres diangkat PPPK sebanyak 11 ribuan.

Lihat juga :  Terbaru!!! Detail Pppk Yang Mengundurkan Diri

Dengan keadaan tersebut Mujid dan Gunadi meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Kementerian Pertanian, Badan Kepegawaian Negara (BKN) memamerkan prioritas pada 2.075 THL TBPP yang tercecer untuk diangkat pada PPPK 2022.

“Kami yang sudah diangkat (11 ribuan) merasa kurang lengkap alasannya ada 2.075 rekan kami belum diangkat,” pungkas Gunadi. (esy/jpnn)


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/