Peserta mengikuti cobaan Seleksi Kompetensi Bidang  Terbaru!!! Jumlah CPNS yang Mengundurkan Diri Berkurang, Bagaimana dengan PPPK Guru dan Nonguru?

Peserta mengikuti cobaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar cobaan SKB yang dibarengi 1.142 akseptor CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.(AFP/JUNI KRISWANTO) Jumlah kandidat pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 yang mengundurkan diri mengalami penurunan, menurut data modern dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Sebelumnya, dari data sampai Jumat (20/5/2022), ada 105 CPNS yang mengundurkan diri.

Namun, angka CPNS yang menetapkan untuk mengundurkan diri turun menjadi 100, merujuk data BKN per Jumat (27/5/2022).

Adapun angka CPNS yang mengundurkan diri tertuang dalam data penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) dan Nomor Induk (NI) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021.

Lihat juga :  Terbaru!!! Pemkab Secepatnya Merumahkan Ratusan Honorer Tempat Penyebab

Selengkapnya sanggup dilihat di sini.

Rincian akseptor lulus CPNS dan PPPK Guru-Nonguru

BKN mencatat, ada sebanyak 112.513 orang yang dinyatakan lulus seleksi CPNS 2021.

Sementara itu, juga tercatat 293.860 pelamar PPPK Guru tahap 1 dan 2 yang dinyatakan lulus.

Kemudian, ada sebanyak 11.918 orang yang dinyatakan lulus seleksi PPPK Nonguru.

Total akseptor yang mengundurkan diri

Berdasarkan update data terbaru, ada ratusan akseptor CPNS dan PPPK Guru yang sudah lulus menetapkan untuk mengundurkan diri.

Pun demikian halnya dengan PPPK Non Guru, ada puluhan akseptor yang mengundurkan diri.

Berikut detail akseptor CPNS, PPPK Guru dan Non Guru yang mengundurkan diri:

Lihat juga :  Terbaru!!! Bayar Honor 1682 Pppk Serang Dprd Pandeglang Jual Radis Lebak Jual Aset Kami Apa Saja Yang Bisa Dijual

Kok sanggup jumlah CPNS mengundurkan diri berkurang?

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Satya Pratama membenarkan adanya penurunan angka CPNS yang mengundurkan diri tersebut.

Ia pun menerangkan penyebab menjadi berkurangnya angka CPNS yang mengundurkan diri.

“Angka CPNS yang mengundurkan diri turun (jadi) 100, dibanding ahad kemarin 105, alasannya merupakan instansi lazimnya masih berupaya mengambil alih akseptor yang mundur sebelum ditetapkan NIP-nya,” ujar Satya, Sabtu (28/5/2022).

Sebab, lanjut dia, CPNS yang mengundurkan diri memang sanggup digantikan oleh akseptor yang menempati ranking atau urutan di bawahnya.

“Namun dengan catatan belum diajukan NIP-nya. Oleh alasannya merupakan itu angka yang mengundurkan diri turun ahad ini,” beber Satya.

Lihat juga :  Terbaru!!! Daftar Honor Pppk Modern 2022

Ada kemungkinan terus berkurang

Satya menambahkan, ada kemungkinan ke depannya dingklik CPNS yang kosong jumlahnya menyusut karena instansi yang ditinggalkan masih berupaya mengambil alih CPNS yang mundur.

Sebelumnya diberitakan, ratusan CPNS akseptor seleksi tahun 2021 mengundurkan diri.

Menurut BKN, ratusan CPNS itu mundur dengan bermacam alasan, salah satunya alasannya merupakan honor dan santunan yang diterima tak sesuai ekspektasi. Para CPNS tersebut menganggap honor yang dipersiapkan terlalu kecil.

“Kaget menyaksikan honor dan tunjangan,” kata Satya, Kamis (26/5/2022).kompas


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/