Perhitungan THR atau cara menjumlah THR bagi karyawan persetujuan dan pekerja harian sesuai a Terbaru!!! Aturan Besaran dan Jadwal  THR Untuk CPNS 2022 ShutterstockPerhitungan THR atau cara menjumlah THR bagi karyawan persetujuan dan pekerja harian sesuai hukum Pembahasan mengenai Tunjangan Hari Raya (THR) masih menjadi perhatian publik jelang lebaran, tergolong besaran THR CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil.

Apakah CPNS sanggup THR 2022? Itulah salah satu pertanyaan yang kerap mencuat. Terlebih, sampai dikala ini masih belum ada keputusan resmi mengenai apakah CPNS sanggup THR dan honor 13 2022.

Kendati demikian, hukum yang berlaku di tahun sebelumnya sanggup dijadikan citra untuk menjawab pertanyaan tersebut, tergolong tentang bocoran besaran THR CPNS 2022.

Jika tak ada perubahan, maka ketentuan derma THR CPNS 2022 akan berlaku menyerupai tahun kemudian sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2021.

Besaran THR CPNS

Pasal 7 PP Nomor 63 Tahun 2021 menyebutkan, THR dan honor ke-13 CPNS terdiri atas:

Lebih lanjut, Pasal 11 regulasi tersebut sanggup dijadikan selaku pola untuk menjawab pertanyaan THR CPNS 2022 kapan cair.

Disebutkan bahwa THR dibayarkan paling cepat 10 hari kerja sebelum tanggal Hari Raya. Meski begitu, dalam hal THR belum sanggup dibayarkan, THR sanggup dibayarkan setelah tanggal Hari Raya.

Lihat juga :  Terbaru!!! Pengadaan Asn Bagi Tenaga Honorer Pada Pppk 2022 Resmi Dari Kemenpan Rb Hasil Raker Komisi Ii Dpr

Sebagaimana PNS, THR dan honor ke-13 THR tidak termasuk:

Gaji CPNS 80 persen 2022

Selain menurut honor CPNS 80 persen 2022, besaran THR CPNS turut memperhitungkan tunjangan lazim CPNS.

Berikut ini detail honor pokok dan tunjangan PNS yang dijadikan dasar perkiraan dan masuk dalam unsur THR CPNS 2022.

Berikut daftar honor pokok PNS menurut golongan:

Gaji pokok PNS Golongan I:

Gaji pokok PNS Golongan II:

Lihat juga :  Terbaru!!! Akan Dihapus Tahun Depan, 11.000 Honorer Di Pemprov Dianjurkan Diangkat Jadi Pppk

Gaji pokok PNS Golongan III:

Gaji pokok PNS Golongan IV:

Tunjangan yang masuk unsur THR CPNS 2022

Sementara itu, daftar tunjangan yang diterima oleh CPNS dan akan masuk dalam besaran THR CPNS sesuai hukum tahun kemudian adalah:

1. Tunjangan suami/istri

Dalam PP Nomor 7 Tahun 1977 disebutkan, PNS yang memiliki istri atau suami berhak memperoleh tunjangan istri atau suami sebesar 5 persen dari honor pokoknya.

Namun bila suami dan istri sama-sama PNS, maka tunjangan cuma diberikan terhadap salah satu, dengan mengacu pada honor pokok paling tinggi di antara keduanya.

2. Tunjangan anak

Berdasar PP yang serupa ditetapkan bahwa besaran tunjangan anak, yakni 2 persen dari honor pokok untuk setiap anak, dengan batas-batas tiga orang anak. Syarat tunjangan anak yakni anak berusia kurang dari 18 tahun, belum pernah kawin, dan tidak punya penghasilan sendiri.

Lihat juga :  Terbaru!!! Kesibukan Pencairan Dan Besaran Honor Ke-13 Asn 2022

3. Tunjangan makan

Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 32/PMK.02/2018 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2019 menyebut, PNS Golongan I dan II memperoleh duit makan Rp 35.000 per hari, Golongan III sebesar Rp 37.000 per hari, dan Golongan IV memperoleh Rp 41.000 per hari.

4. Tunjangan jabatan

Adapun menurut Perpres No. 26 Tahun 2007 tentang Tunjangan Jabatan Struktural, besaran tunjangan jabatan per bulan yakni selaku berikut:

5. Tunjangan umum

Bagi CPNS dan PNS yang tidak memperoleh tunjangan jabatan struktural, tunjangan fungsional, atau tunjangan yang dipersamakan dengan tunjangan jabatan, akan diberikan tunjangan umum.

Dalam Perpres No. 12 Tahun 2006 tentang Tunjangan Umum Bagi PNS diterangkan besaran tunjangan lazim yakni selaku berikut:

Itulah ulasan mengenai kisaran besaran THR CPNS, lengkap dengan prakiraan apakah CPNS sanggup THR 2022 menurut pengalaman tahun lalu.

(Sumber: Kompas Penulis Muhammad Choirul Anwar | Editor Muhammad Choirul Anwar)


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/
Pendaftaran.net