Asian doctor holding checking coronavirus or covid Terbaru!!!  Honorer Nakes Kaprikornus Prioritas Rekrutmen PPPK 2022

Foto: Getty Images/iStockphoto/tuachanwatthana

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengutamakan rekrutmen 2022 untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagi tenaga kesehatan (nakes). Dalam hal ini Kementerian Kesehatan diberi potensi untuk pastikan gugusan secara nasional.

Deputi Sumber Daya Manusia Kemenpan-RB Alex Denni menyampaikan tahun 2023 diperlukan telah tidak ada lagi tenaga honorer. Oleh alasannya yaitu itu perlu diberikan potensi apalagi dulu bagi mereka.

“Ini memang tenaga kesehatan masuk menjadi salah satu prioritas kami untuk rekrutmen 2022 ini,” kata Alex dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi IX dewan perwakilan rakyat RI, Senin (11/4/2022).

Persoalan tenaga kesehatan disebut bukan cuma menyangkut kuantitas dan kualitas, tapi juga distribusi antar daerah yang tidak merata. Oleh alasannya yaitu itu, difokuskan pemenuhan dan pemerataan tenaga kesehatan sesuai target RPJMN 2024 dan transformasi metode kesehatan, serta mendorong implementasi PP Nomor 49 Tahun 2018 wacana Manajemen PPPK.

Lihat juga :  Terbaru!!! Bupati Terus Upayakan Guru Honorer Lolos Pppk

Dalam potensi yang sama, Kementerian Kesehatan menyebut tenaga kesehatan non-ASN ketika ini berjumlah 213.249 orang dengan rincian mulai dari perawat, bidan, dokter, luar biasa gizi dan lain-lain. Mereka ketika ini diposisikan di Puskesmas, RSUD, Laboratorium Kesehatan Daerah, serta Dinas Kesehatan Provinsi Kabupaten/Kota.

Dari jumlah itu, disebutkan bahwa masih ada kelemahan tenaga kesehatan sebanyak 114.402 orang.

“Hasil perkiraan keperluan nakes di akomodasi kesehatan utamanya di Puskesmas dan Rumah Sakit pastinya sanggup berubah jikalau masing-masing akomodasi di daerah menjumlah secara terorganisir keperluan menurut analisis kerja yang ada,” kata Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Arianti Anaya.

(aid/zlf) detik

Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/
Pendaftaran.net