Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan SK terhadap CPNS dan PPPK di lingkup Pemp Terbaru!!! 1.765 PPPK Guru Tahap 2 Harap Sabar, Pemprov Sulsel Usul Gajinya di APBD 2023

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan SK terhadap CPNS dan PPPK di lingkup Pemprov Sulsel (Foto: Darmawanti Adellia Adipradana/detikcom)
Pemprov Sulsel sudah menyerahkan SK pengangkatan untuk 1.669 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru tahap 1. Sementara untuk 1.765 PPPK guru tahap 2 harus bersabar alasannya gajinya gres akan dianjurkan dianggarkan 2023.

“Sesuai dengan kesanggupan keuangan daerah, Pemprov gres menganggarkan honor untuk PPPK guru tahap 1. Untuk PPPK guru tahap 2 dijadwalkan dialokasikan tahun 2023,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel Imran Jausi terhadap detikSulsel, Selasa (17/5/2022).

Dia menuturkan memang seleksi PPPK guru ini sedikit berbeda. Ada dua kali tahap seleksi yang dibuka. Rencananya akan dibuka lagi untuk tahap 3.

Lihat juga :  Terbaru!!! Isu Penting Wacana Guru Honorer Sehabis Konferensi Dengan Bkn

“Prosesnya memang PPPK guru beda. Untuk tahap 2 sementara berproses. Memang se-Indonesia belum. Mudah-mudahan bisa tahun ini. Kalaupun menyeberang (tahun depan) tidak terlampau jauh alasannya ini kan seleksi 2021,” jelasnya.

Untuk PPPK guru tahap 1, Pemprov Sulsel mengalokasikan budget sekitar Rp 84 miliar selama setahun. Namun SKnya gres berlaku mulai Juni sehingga budget yang terpakai diperkirakan sekitar Rp 60 miliar.

“Anggaran untuk PPPK guru tahap 2 sekitar itu juga. Bedanya kan cuma sekitar 100-an orang,” beber Imran.

Namun ia menentukan budget untuk PPPK guru tahap 2 belum ada di APBD tahun ini. Apalagi di sekarang ini memang masih berproses administrasinya di Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Lihat juga :  Terbaru!!! Besaran Honor Pppk Guru Dan Tunjangannya Per Bulan

“Tahun ini kelihatannya belum ada. Namun bisa saja disertakan di APBD pergantian atau mungkin nanti ada embel-embel transfer dana pusat,” tukasnya.

Untuk diketahui, Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) menyerahkan surat keputusan (SK) pengangkatan terhadap 270 kandidat pegawai negeri sipil (CPNS) dan 1.701 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Ini tergolong di antaranya 1.669 PPPK guru tahap 1.

Pantauan detikSulsel, Selasa (17/5), penyerahan SK dipusatkan di Lapangan Upacara Kantor Gubernur. Penyerahan SK dipimpin pribadi Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya mengingatkan terhadap CPNS dan PPPK yang gres terkait pentingnya integritas di pemerintahan. Tidak cuma melakukan pekerjaan dengan baik, ASN harus menahan godaan di saat bekerja.

Lihat juga :  Terbaru!!! Dpr Dan Pemerintah Sepakati Afirmasi Untuk Asn Di Papua

“Jika tidak dapat melakukan pekerjaan dengan baik, terlalu berlebih, minimal tidak menggerogoti duit negara, tidak mengambil yang bukan jalannya,” kata Andi Sudirman.

Selain itu, meminta para pegawai menjadi agent of change yang menenteng pergantian pada tata cara birokrasi Pemprov Sulsel. Bisa dimulai dengan saling mengingatkan dan memotivasi antarpegawai untuk tidak termakan dengan gratifikasi serta korupsi.

“Menjadi kepetangan dan dimata-matai, apabila memang ada (pegawai) yang sudah dikasih tahu ya sudah, itulah yang penting untuk kita kasih tahu, kenapa, alasannya uangnya rakyat yang masalah,” paparnya.
(tau/ata)detik


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/