Ilustrasi seleksi CPNS dan PPPK Terbaru!!! Prioritas dan Mekanisme Seleksi Guru ASN PPPK Tahun 2022

Ilustrasi seleksi CPNS dan PPPK. /
Dalam penerimaan seleksi guru ASN PPPK tahun 2022, ada kebijakan gres yang diberikan pemerintah perihal peserta seleksi.

Di tahun 2022 ini, peserta seleksi Guru ASN PPPK ada yang disebut dengan pelamar dengan prioritas.

Pelamar prioritas ini berisikan 3 kategori, yakni prioritas I yang berisikan THK-II, Guru non-ASN, Lulusan PPG, dan Guru Swasta yang menyanggupi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK Guru Tahun 2021.

Yang kedua yakni Pelamar Prioritas II, yakni ialah THK-I,

Ketiga yakni Pelamar Prioritas III, ialah Guru non-ASN di sekolah Negeri yang terdaftar di Dapodik dan memiliki masa kerja terendah tiga tahun.

Menurut data Pemerintah, pelamar dengan prioritas I, berisikan 193.945 guru yang menyanggupi nilai ambang pada seleksi PPPK tahun 2021.

Lihat juga :  Terbaru!!! Pemda Tidak Mengajukan Usikan Ajuan Deretan Pppk 2022 Karena

Jumlah deretan tahun 2022 yakni penjumlahan dari sisa deretan 2021 dan deretan yang sudah disarankan pemerintah kawasan untuk tahun 2022.

Kebutuhan deretan guru ASN PPPK tahun 2022 yakni sebesar 970.410 formasi, sedangkan total deretan yang diajukan Pemerintah Daerah (Pemda) yakni 343.631 guru tergolong guru agama.

Artinya jumlah tersebut gres sekitar 35 persen dari total keperluan deretan yang ada.

Maka dari itu, kunci utama dalam seleksi guru ASN PPPK tahun 2022, dengan adanya deretan yang diajukan oleh oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

Dilansir portalsulut.com lewat unggahan Instagram @kemdikbud.ri tanggal 23 Juni 2022, berikut ini yakni prosedur seleksi Guru ASN PPPK tahun 2022.

Lihat juga :  Terbaru!!! Kesempatan Pengangkatan Tenaga Honorer Jadi Pppk 2022 Dari Hasil Audiensi Komisi X Dpr Ri

Berdasarkan deretan tersedia di daerah, bagi peserta guru yang lulus passing grade pada seleksi ASN PPPK Guru tahun 2021 pribadi penempatan.

Jika masih tersedia alokasi di daerah, dilaksanakan seleksi kesesuaian atau verifikasi bagi THK- II, dan Guru honorer negeri minimal 3 tahun terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Jika masih tersedia deretan di daerah, dilaksanakan tes dengan peserta guru honorer negeri minimal 3 tahun terdaftar pada Dapodik, Lulusan PPG, dan juga Guru honorer swasta dan terdaftar dalam Dapodik.

Rekrutmen Guru ASN PPPK bukan cuma pemenuhan secara kepegawaian, tetapi juga ialah upaya dalam mensejahterakan guru secara layak.

Karena guru akan terus menampilkan layanan pendidikan yang bermutu bagi anak- anak Indonesia.

Lihat juga :  Terbaru!!! Gugusan Cpns 2022, Total Kuota Pppk 1 Juta Dengan Guru Tempat 758 Ribu

Para guru juga sanggup menggunakan layanan sokongan untuk mendapat isu yang lebih rincian dengan mendatangi portal sokongan di https://gurupppk.kemendikbud.go.id/contact atau di nomor telepon 1-500-997 jam operasional mulai pukul 7 pagi hingga pukul 8 malam.***

Editor: Muhamad Zakir Mokoginta/Puspita Novelasari Putri

Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/