Pemkab secepatnya Merumahkan Ratusan Honorer Daerah Penyebab Terbaru!!! Pemkab secepatnya Merumahkan Ratusan Honorer Daerah Penyebab

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Arni Gusnita. ANTARA/Ferri

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, secepatnya merumahkan 333 dari 783 pegawai kawasan dengan perjanjian kerja (PDPK) atau honorer pendidik dan nonkependidikan tingkat SD per 1 Juli 2022. 

Keputusan itu diambil alasannya yakni berkurangnya budget untuk mengeluarkan duit honor yang bersumber dari budget pendapatan dan belanja kawasan (APBD) 2022 Kabupaten Mukomuko. 

“Terhitung tanggal 1 Juli 2022 sebanyak 333 orang tersebut tidak lagi melakukan pekerjaan selaku tenaga honorer daerah,” kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Arni Gusnita di Mukomuko, Kamis (9/6). 

Menurutnya, Pemkab Mukomuko sudah menggelar asesmen kepada kepala sekolah dan pengawas untuk menganggap dan mengecek tenaga honorer kawasan ini yang masih menyanggupi persyaratan diperpanjang persetujuan kerjanya.

Lihat juga :  Terbaru!!! Honor Jadi Argumentasi Ratusan Cpns Mundur, Berapa Honor Per Bulannya?

Dia menerangkan ada beberapa tolok ukur tenaga honorer kawasan yang tidak diperpanjang lagi persetujuan kerjanya. 

Di antaranya,  orang yang terdaftar selaku honorer kawasan ini tapi tidak pernah masuk kerja. Kemudian, tenaga honorer yang “double job”. 

Sebagai honorer kawasan tapi menjadi perangkat desa yang gajinya bersumber dari APBD dan APBN.

Selain itu, pihaknya juga berpedoman dengan peraturan kawasan yang menertibkan ihwal tenaga honorer yang digaji oleh pemerintah kawasan lokal hingga usia 50 tahun.

Berbagai penolakan kepada tenaga honorer menyerupai kualifikasi pendidikan, jarak tempuh, umur, “double job” atau menggunakan dana dari dua sumber baik APBD maupun APBN.

Dia menyebutkan dari sebanyak 783 tenaga honorer tersebut, guru SD 372, guru Sekolah Menengah Pertama 190, tenaga tata jerih payah SD 154, tenaga tata jerih payah Sekolah Menengah Pertama 67.

Lihat juga :  Terbaru!!! 4 Cara Langkah Mudah-Mudahan Honorer Selamat Dari Pemecatan

Dari 783 tenaga honorer kawasan tersebut, sebanyak 450 di antaranya masih diperpanjang persetujuan kerjanya terhitung tanggal 1 Juli 2022, yakni tingkat SD 300 dan Sekolah Menengah Pertama 150. 

Lebih lanjut ia menerangkan dikala ini Kabupaten Mukomuko memiliki 422 guru pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tingkat SMP. Jumlah itu masih kurang 280 orang dari keperluan 702 orang.

Adapun jumlah tenaga pendidik dan nonkependidikan tingkat SD sebanyak 832 orang, atau masih kurang 472 dari keperluan sebanyak 1.304. (antara/jpnn)


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/
Pendaftaran.net