Ribuan tenaga PPPK DKI Jakarta menandatangani perjanjian kerja yang digelar di Kantor Wali Terbaru!!! Pemerintah Akan Buka Rekrutmen 1,08 Juta PPPK Guru dan Tenaga Kesehatan Tahun Ini

Lihat Foto
Ribuan tenaga PPPK DKI Jakarta menandatangani perjanjian kerja yang digelar di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Senin (25/4/2022).(Dok. Humas Pemkot Jakarta Utara)
Pemerintah akan membuka rekrutmen pengadaan kandidat aparatur sipil negara (ASN) lewat jalur pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) pada tahun ini. Adapun jumlah kandidat PPPK yang dikehendaki sebanyak 1.086.128 orang.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Ad Interim Mahfud MD dikala mengadakan rapat kerja dengan Komisi II dewan perwakilan rakyat RI, Selasa (28/6/2022). Mahfud bilang, gugusan jabatan yang dikehendaki tahun ini merupakan guru serta tenaga kesehatan.

“Pengadaan kandidat ASN tahun 2022 difokuskan pada PPPK guru, tenaga kesehatan, dan tenaga lainnya. Adapun jumlah rencana ajuan rekrutmen kandidat ASN tahun 2022 merupakan 1.086.128 orang atau gugusan jabatan,” kata dia, dikutip Kompas.com pada Rabu (29/6/2022).

Lihat juga :  Terbaru!!! Pemerintah Buka 1 Juta Lebih Lowongan Asn Tahun 2022

Mahfud menjelaskan, sebanyak 1 juta lebih gugusan ASN yang dikehendaki ini sudah disarankan oleh instansi pemerintah sentra maupun daerah, dan sudah mendapat persetujuan dari Kementerian Keuangan untuk pembiasaan budget keperluan perekrutan.

“Berdasarkan UU Nomor Tahun 2014 tentang ASN, serta Peraturan Pemerintah (PP) No. 11 Tahun 2017 sebagaimana diubah dengan PP No. 17 Tahun 2020 tentang administrasi PNS dan PP No. 49 Tahun 2018 tentang administrasi PPPK maka setiap instansi menyodorkan ajuan keperluan ASN terhadap Menteri PANRB dan Kepala BKN dengan pertimbangan dari Menteri Keuangan serta pertimbangan teknis dari BKN,” kata dia.

Namun Mahfud MD belum menyodorkan kesibukan rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja tersebut.

Lebih lanjut ia menyampaikan, Kementerian PANRB juga menyiapkan peraturan pelaksanaannya lewat Peraturan Menteri PANRB Nomor 20, 27, 28, dan 29 Tahun 2001, untuk pengadaan kandidat ASN dan sekolah kedinasan serta Peraturan Menteri PANRB No. 20 Tahun 2022 untuk pengadaan PPPK Guru tahun 2022.

Lihat juga :  Terbaru!!! Detail Gugusan Dan Dokumen Tolok Ukur Yang Dikehendaki Cpns Dan Pppk 2022

“Pengadaan kandidat ASN dipastikan dengan menimbang-nimbang tenaga honorer atau menyanggupi syarat penyegaran birokrasi dan keperluan ASN yang disarankan oleh instansi sentra dan kawasan dengan memperhatikan kesanggupan pembayaran honor dan pinjaman sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, pemerintah akan membuka pengadaan PPPK Guru tahun 2022 yang utamakan untuk klasifikasi pelamar I, II, dan III. Pelamar Prioritas I yakni Tenaga Honorer eks Kategori II (THK-II), guru non-ASN, lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan guru swasta, yang menyanggupi nilai ambang batas pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021, tapi belum mendapat formasi.

Sedangkan pelamar Prioritas II yakni THK-II. Pelamar Prioritas III merupakan guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dan masa kerja minimal tiga tahun. Sementara lulusan PPG yang terdaftar di database kelulusan PPG Kemendikbudristek serta pelamar yang terdaftar di Dapodik bisa melamar lewat klasifikasi Pelamar Umum.

Lihat juga :  Terbaru!!! Gugusan Lowongan Pppk Guru Kembali Dibuka Di 2022

Pengadaan PPPK Guru tahun 2022 sanggup disertai oleh dua klasifikasi pelamar, yakni Pelamar Prioritas dan Pelamar Umum. Pada pengadaan PPPK Guru 2022 terdapat seleksi prioritas yang merupakan hukum gres terkait Seleksi Kompetensi. Seleksi kompetensi bagi pelamar prioritas I menggunakan hasil Seleksi Tahun 2021.

Sementara Pelamar Prioritas II dan Prioritas III dijalankan dengan menganggap kesesuaian kualifikasi akademik, kompetensi, kinerja, dan investigasi latar belakang (background check). Seleksi Kompetensi bagi pelamar biasa masih sama dengan seleksi tahun 2021, menggunakan CAT-UNBK untuk menganggap kesesuaian Kompetensi Manajerial, Kompetensi Teknis, dan Kompetensi Sosial Kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan persyaratan kompetensi jabatan. kompas


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/