Bagaimana nasib guru honorer di masa depan Terbaru!!! Nasib Guru Honorer di Masa Depan Ikut PPPK atau PNS

Ilustrasi Guru Honorer /Dok. Pikiran Rakyat/

Bagaimana nasib guru honorer di masa depan? Masihkah sanggup mengikuti seleksi PPPK dan PNS? Hal tersebut sering dipertanyakan.

Banyak pertanyaan yang timbul terkait nasib guru honorer di masa depan, salah satunya mengenai seleksi PPPK dan PNS.

Sebagaimana sudah diketahui, seleksi PPPK sudah hingga pada tahap ketiga dan terdapat Peraturan Pemerintah mengenai pembatalan tenaga honorer.

Lalu yang menjadi pertanyaan merupakan bagaimana nasib honorer di masa depan?

Nasib guru honorer di sekolah negeri, nasib guru honorer di swasta, nasib honorer yang usianya di atas 35 tahun, nasib guru honorer yang tidak lulus PPPK masih dipertanyakan.

Selanjutnya, bagaimana nasib fresh graduate jurusan kependidikan atau FKIP? Apakah ada cita-cita untuk menjadi ASN atau PPPK?

Lihat juga :  Terbaru!!! Peraturan Gres Pengadaan Pppk Guru Tahun 2022 Untuk Guru Honorer

Bagi yang berada di sekolah negeri, menurut Surat PAN-RB tanggal 21 Mei 2022, mengenai “Status Kepegawaian di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah”.

Atas dasar penegasan dari Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 mengenai administrasi ASN mulai tahun 2023, diberikan deadline tanggal 28 November 2023.

Telah diketahui, di sekolah negeri cuma terdapat dua status kepegawaian.

Status kepegawaian yang dimaksud merupakan PNS dan PPPK. Kaprikornus tidak akan ada honorer di instansi pemerintah dan pusat.

Melalui Surat Edaran tersebut, ada himbauan terhadap PPK mudah-mudahan secepatnya melakukan pemetaan pegawai honorer di masing-masing instansi untuk diikutsertakan menjadi PPPK atau CPNS.

Untuk honorer di sekolah negeri sanggup menjadi penerima PPPK 2022.

Lihat juga :  Terbaru!!! 8 Instansi Buka Registrasi Sekolah Kedinasan Syarat Dan Rinciannya

Bagi guru honorer negeri belum lulus passing grade kerja lebih dari tiga tahun, menanti seleksi PPPK prosedur Kesesuaian/verifikasi.

Akan tetapi, yang masa kerjanya kurang dari tiga tahun akan mengikuti seleksi PPPK klasifikasi pelamar umum.

Untuk guru honorer di sekolah swasta, tidak terpengaruh oleh peraturan yang ada dalam Surat Edaran PAN-RB mengenai pembatalan tenaga honorer.

Adapun guru honorer swasta yang sudah lulus passing grade di seleksi PPPK 2021 tetapi belum mendapat formasi, statusnya cuma menanti penempatan.

Bagi yang tidak lulus passing grade dan pelamar gres di sekolah swasta mengikuti seleksi prosedur pelamar biasa menggunakan CAT-UNBK.

Bagi guru honorer yang memiliki akta pendidik, maka untuk kompetensi teknis sudah 100%, cuma mempertimbangkan seleksi yang lain.

Lihat juga :  Terbaru!!! Bkn Terbitkan 111.940 Nip Cpns 2021 Per 17 Juni 2022

Lalu, bagaimana nasib fresh graduate? Untuk mengikuti PPPK 2022, tidak sanggup mendaftar, lantaran salah satu syarat PPPK 2022 merupakan terdaftar di Dapodik.

Jika memiliki akta pendidik, maka fresh graduate sanggup masuk lewat jalur Program Pendidikan Guru (PPG). Fresh graduate sanggup mengikuti PPG Prajabatan.

Namun, PAN-RB sempat berkata apabila akan dikaji afirmasi. Untuk warta modern mengenai hal tersebut, belum terdapat update resmi mengenai fresh graduate.***

Editor: Rita Azlina


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/
Pendaftaran.net