Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  Terbaru!!! Mengenal Outsourcing

Lihat Foto
Ilustrasi pekerja(THINKSTOCKS/ASKOLD ROMANOV)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo menganjurkan pengangkatan pegawai lewat pola outsourcing.

Hal ini menyusul rencana pembatalan status tenaga non-ASN pada 2023 mendatang.

“Jadi PPK pada kementerian/lembaga/daerah tetap sanggup memberdayakan outsourcing sesuai kebutuhannya, bukan dihapus serta merta,” terangnya, dikutip dari laman Kemenpan RB, Jumat (3/6/2022).

Apa itu outsourcing?

Ap itu tenaga outsourcing?

Di Indonesia, outsourcing sudah dikontrol dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 wacana Ketenagakerjaan, khususnya pada Bab IX Pasal 64-66.

Outsourcing merupakan tenaga kerja yang melakukan pekerjaan di satu perusahaan atau institusi, tetapi secara hukum, mereka ada di bawah perusahaan lain.

Aturan mengenai penerapan outsourcing ini diperbolehkan, sebagaimana dikontrol dalam pasal 64 UU No. 13 Tahun 2003.

Lihat juga :  Terbaru!!! Penempatan Guru Yang Sudah Lolos Pg Pada Pppk 2022 Sudah Dapat Lihat Nama Dan Sekolahnya

“Perusahaan sanggup menyerahkan sebagian pelaksanaan pekerjaan terhadap perusahaan yang lain lewat perjanjian pemborongan pekerjaan atau penyediaan jasa pekerja/buruh yang dibentuk secara tertulis,” tulis aturan tersebut.

Adapun penyerahan tenaga outsourcing ini tertulis di pasal selanjutnya.

Dalam pasal 65 tertulis bahwa penyerahan tenaga outsourcing dijalankan dalam perjanjian secara tertulis.

Sementara perusahaan penyedia tenaga outsourcing tersebut diwajibkan berupa tubuh hukum.

Tugas tenaga outsourcing

Masih dilansir dari UU Nomor 13 Tahun 2003, tenaga outsourcing memiliki kiprah yang berlainan dengan pegawai PNS dan PPPK lainnya.

Sebagai contoh, pekerjaan tenaga outsourcing mesti dijalankan secara terpisah dari kesibukan utama perusahaan tempatnya ditugaskan.

Selain itu, kiprah tenaga outsourcing merupakan kesibukan pendukung perusahaan secara keseluruhan, bukan kesibukan utama perusahaan terkait.

Lihat juga :  Terbaru!!! Pengadaan Asn Bagi Tenaga Honorer Pada Pppk 2022 Resmi Dari Kemenpan Rb Hasil Raker Komisi Ii Dpr

Berikut suara pasal 66 ayat 1 tentang kiprah tenaga outsourcing

“Pekerja/buruh dari perusahaan penyedia jasa pekerja/buruh dilarang digunakan oleh pemberi kerja untuk melaksanakan kesibukan pokok atau kesibukan yang bermitra eksklusif dengan proses produksi, kecuali untuk kesibukan jasa pendukung atau kesibukan yang tidak bermitra eksklusif dengan proses produksi,” tulis pasal tersebut.

Artinya, suatu perusahaan/instansi/lembaga sanggup memberdayakan tenaga outsourcing sanggup diperintahkan di bab penunjang, menyerupai bab keamanan, kebersihan, dan sebagainya.

Status tenaga outsourcing

Berdasarkan pengertiannya, tenaga outsourcing merupakan tenaga kerja yang berada di bawah perusahaan yang berlainan dengan perusahaan tempatnya berkerja.

Dengan begitu, status korelasi kerja tenaga outsourcing merupakan di bawah perusahaan yang mempekerjakannya, bukan perusahaan tempatnya bekerja.

Lihat juga :  Terbaru!!! Kebijakan Untuk Guru Honorer Dan Fresh Graduate Fkip Ikut Seleksi Pppk

Status korelasi kerja ini dibuktikan lewat surat perjanjian tertulis sanggup berupa perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT) atau perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) antara tenaga kerja dengan perusahaan yang memperkerjakannya.

Gaji tenaga outsourcing

Berdasarkan status korelasi kerja tersebut, metode gaji, perlindungan, dan jaminan kemakmuran tenaga outsourcing juga dibebankan terhadap perusahaan yang mempekerjakannya.

Kendati demikian, Tjahjo memastikan bahwa pola ini akan menampilkan kepastian bagi para tenaga outsourcing, khususnya dalam hal status dan gaji.

“Kalau statusnya honorer, tidak terperinci persyaratan pengupahan yang mereka peroleh,” ungkap Tjahjo.

Adapun metode honor tenaga outsourcing di perusahaan sudah dikontrol dalam UU Ketenagakerjaan, di mana ada upah minimum regional/upah minimum provinsi (UMR/UMP).kompas


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/