Berikut klarifikasi wacana nasib guru honorer dan fresh graduate FKIP dalam PPPK  Terbaru!!! Kebijakan Untuk Guru Honorer dan Fresh Graduate FKIP Ikut Seleksi PPPK

Berikut klarifikasi wacana nasib guru honorer dan fresh graduate FKIP dalam PPPK 2022 /Instagram ditjen.gtk.kemdikbud
Rapat Kerja Komisi II dewan perwakilan rakyat RI 2022 sudah membahas planning pembatalan tenaga honorer pada tahun 2022/2023.

Rencana pembatalan tenaga honorer ini didasarkan pada Peraturan Perundang-undangan Nomor 49 Tahun 2018.

Peraturan tersebut berisi wacana status tenaga non ASN atau honorer yang hendak dihapus pada tahun 2023 mendatang.

Tenaga honorer akan dihapuskan dengan cara diangkat lewat seleksi CPNS dan PPPK.

rencana bahwa tenaga honorer yang tidak menyanggupi standar menjadi PPPK maupun PNS, sanggup mengikuti outsourcing.

Lebih lanjut lewat Surat Edaran yang diterbitkan menyatakan bahwa di dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014, perihal ASN menyebutkan bekerjsama pegawai ASN berisikan yakni PNS dan PPPK.

Lihat juga :  Terbaru!!! Klarifikasi Mendikbud Soal Potensi Guru Honorer Pada Seleksi Pppk 2022

Kemudian, di dalam isi SE tersebut juga disebutkan bekerjsama jenis kepegawaian akan dihapuskan, kecuali PNS dan PPPK yang berada di lingkungan Instansi Pemerintah.

Untuk guru honorer yang mengajar di sekolah negeri yang sudah dinyatakan lulus seleksi passing grade tahun 2021, maka bagi guru tersebut cuma menanti diangkat menjadi PPPK guru 2022.

Seperti diketahui bekerjsama terdapat 193 ribu lebih guru yang sudah lulus passing grade di tahun 2021 dan cuma menanti penempatan pada PPPK 2022 ini.

Sementara bagi guru honorer yang tidak lulus passing grade di tahun 2021, sanggup mengikuti seleksi yang didedikasikan bagi pelamar lazim yang sudah terdaftar di Dapodik kurang dari tiga tahun.

Lihat juga :  Terbaru!!! Komisi X Dpr Guru Swasta Lulus Pppk Dapat Mengajar Di Sekolah Asal

Bagi pelamar umum, nantinya untuk seleksi akan diberlakukan CAT-UNBK yang ialah prosedur seleksi ketiga dari PPPK 2022.

Nantinya seleksi tes bagi pelamar umum, akan dijalankan setelah guru yang sudah lulus passing grade di tahun 2021 sudah mendapat formasi.

Di segi lain, bagi guru pelamar gres FKIP, maka dari kebijakan Pemerintah tidak sanggup mengikuti seleksi PPPK dan CPNS di tahun 2022 ini.

Akan tetapi, Pemerintah menampilkan penyelesaian bagi pelamar gres FKIP sanggup mengikuti seleksi pada PPG pra jabatan tahun 2022.*** (Aida Annisa)

Editor: Maulida Cindy Magdalena


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/