Badan Kepegawaian Negara  Terbaru!!! Agenda Prioritas BKN pada 2023 Ada Seleksi CASN
Lihat Foto
Laman registrasi CPNS 2021, www.sscasn.bkn.go.id.(sscasn.bkn.go.id) Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengagendakan enam jadwal kerja prioritas nasional pada 2023.

Dilansir dari laman resmi BKN, salah satu jadwal prioritas tersebut perihal revitalisasi metode seleksi kandidat aparatur sipil negara (CASN).

Penyampaian keenam jadwal prioritas BKN pada 2023 dipaparkan oleh Sekretaris Utama BKN Imas Sukmariah pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) atau konsinyering bareng Komisi II dewan perwakilan rakyat RI.

Imas mengatakan, BKN juga akan memperluas pelayanannya dengan pembangunan kantor UPT BKN di beberapa wilayah.

“Tahun depan BKN akan mendirikan gedung UPT BKN untuk mendekatkan pelayanan BKN dalam penyelenggaraan administrasi ASN, utamanya penyelenggaraan seleksi CASN dan Penilaian Kompetensi ASN,” ujar Imas.

Program prioritas BKN 2023

Berikut enam jadwal prioritas BKN yang dicanangkan untuk direalisasikan pada 2023:

  1. Revitalisasi metode seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN)
  2. Pemetaan atau analisa potensi dan kompetensi ASN
  3. Penerapan metode pemberitahuan administrasi kinerja terintegrasi di seluruh K/L/D;
  4. Sistem pemberitahuan ASN terintegrasi;
  5. Sistem pemberitahuan talent pool ASN; dan
  6. Penegakan disiplin ASN.
Lihat juga :  Terbaru!!! 5 Fakta Perbedaan Pppk Dan Pns Dari Honor Sampai Cuti

Pengangkatan CPNS lebih dari 1 tahun percobaan

Sebelumnya diberitakan, BKN meminta Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) instansi untuk menyelesaikan status dan kedudukan CPNS yang sudah menjalani masa percobaan 1 tahun dan sudah menyanggupi persyaratan untuk diangkat menjadi PNS.

Hal itu menindaklanjuti aneka macam permasalahan belum diangkatnya CPNS menjadi PNS yang melebih masa percobaan 1 tahun di beberapa instansi pemerintah.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama BKN Satya Pratama mengatakan, imbauan tersebut disampaikan lewat Surat Edaran (SE) Kepala BKN Nomor 10 Tahun 2022 wacana Pengangkatan CPNS menjadi PNS Lebih dari 1 Tahun.

Berikut persyaratan pengangkatan CPNS menjadi PNS seumpama yang diangkut dalam SE Kepala BKN Nomor 10 Tahun 2022:

Lihat juga :  Terbaru!!! Honor Pns, Pppk & Honorer Dinaikkan Alasannya Merupakan Inflasi Meningkat

Mengusulkan CPNS ke Kepala BKN

Satya menambahkan, BKN meminta PPK Instansi untuk menganjurkan penetapan pengangkatan CPNS yang sudah lulus prajabatan dan lulus tes kesehatan lebih dari 1 tahun terhadap Kepala BKN atau Kepala Kantor Regional BKN dengan melampirkan bukti dukung sesuai aliran dalam SE BKN 10/2022.

Hal itu selaku mekanisme dan mekanisme pengangkatan CPNS yang melampaui 1 tahun masa percobaan dan sudah lulus training prajabatan.

“Berdasarkan ajuan dari PPK tersebut, BKN akan menentukan usulan pengangkatan menjadi PNS bagi CPNS sesuai dengan persetujuan pengangkatan CPNS lebih dari 1 tahun,” ujar Satya

Setelah PPK Instansi mendapatkan hasil usulan pengangkatan yang ditetapkan BKN, PPK menentukan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan CPNS menjadi PNS bagi yang sudah dinyatakan menyanggupi syarat, dan SK Pemberhentian CPNS bagi yang dinyatakan tidak menyanggupi syarat.

Lihat juga :  Terbaru!!! Isi Surat Pemerintah Ke Pemda Terkait Tawaran Gugusan Pppk 2022

Terakhir, keputusan PPK wajib disampaikan terhadap Kepala BKN atau Kepala Kantor Regional BKN paling lambat 30 hari sejak tanggal penetapan SK.kompas


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/
Pendaftaran.net