Pemerintah Kota Cimahi tidak akan menemukan Calon Pegawai Negeri Sipil pada tahun  Terbaru!!! Formasi CPNS 2022, Total Kuota PPPK 1 Juta dengan Guru Daerah 758 Ribu
CPNS 2021, Pembukaan lowongan ASN 2022 untuk PPPK guru kembali dibuka. Foto: Muhammad Iqbal/detik

Formasi CPNS 2022 kembali tersedia dengan kuota Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) meraih satu juta. Sebanyak 758.018 ditawarkan untuk guru di daerah, sedangkan 184.239 yang lain untuk pegawai fungsional.

“Adapun jumlah rencana proposal rekrutmen kandidat ASN 2022 yakni 1.086.128 orang atau gugusan jabatan,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Ad Interim Mahfud MD, Rabu (29/6/2022).

Formasi ini menjadi angin segar untuk para guru honorer Indonesia, khususnya yang mengajar di daerah. Dibukanya gugusan dengan kuota lumayan banyak setidaknya bisa memamerkan keterjaminan dari pemerintah terhadap mereka.

Lihat juga :  Terbaru!!! Isu Penting Wacana Guru Honorer Sehabis Konferensi Dengan Bkn

Sebelumnya Menpan RB Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa pemerintah cuma akan merekrut PPPK pada CPNS 2022. Keputusan ini mengacu pada metode kerja negara maju, dengan jumlah pelayanan publik (PPPK) lebih banyak ketimbang civil servant (PNS).

Dengan kuota lebih dari 750 ribu, gugusan guru PPPK diperlukan sanggup mengembangkan kemakmuran tenaga pendidikan di Indonesia. Artinya, guru bisa menemukan hak yang pantas atas jasanya.

Tidak cuma di tingkat daerah, pada tingkat sentra PPPK untuk guru juga dibuka sebanyak 45 ribu gugusan dan 20 ribu untuk dosen. Pembukaan kuota dalam CPNS 2022 dan kemakmuran pada alhasil diperlukan sanggup mengembangkan kualitas pendidikan Indonesia.

Mekanisme Seleksi CPNS 2022 untuk PPPK Guru

Lihat juga :  Terbaru!!! Sekolah Kedinasan Buka 8.941 Gugusan Di Lowongan Cpns 2022

Ada tiga tahap prosedur atau teknis seleksi PPPK guru tahun 2022. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) RI Nomor 20 Tahun 2022 mengenai Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2022 selaku berikut.

1. Penempatan untuk yang lulus passing grade

Teknis seleksi pertama yakni penempatan bagi guru yang telah lulus passing grade pada tahun 2021 di tempat kiprah masing-masing atau di satuan pendidikan yang membutuhkannya. Peserta pada prosedur ini ialah guru yang lulus passing grade pada seleksi tahun 2021.

2. Seleksi kesesuaian/verifikasi

Mekanisme seleksi yang kedua diselenggarakan lewat pertimbangan dimensi kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan kepribadian. Pesertanya yakni tenaga honorer klasifikasi II dan guru honorer negeri yang 2-3 tahun terdaftar dalam Dapodik.

Lihat juga :  Terbaru!!! Guru Honorer Lulus Pg Di Suruh Kepala Sekolah Cari Sekolah Lain

3. Seleksi tes

Terakhir yakni prosedur seleksi menurut kompetensi teknis, kompetensi manajerial, serta sosial kultural. Pesertanya yakni guru honorer negeri yang kurang dari 3 tahun terdaftar dalam Dapodik, kemudian lulusan PPG, dan tenaga honorer swasta yang terdaftar dalam Dapodik.

Itulah pemberitahuan seputar kuota CPNS 2022 Formasi PPPK guru tempat serta prosedur seleksi yang mau diadakan. Semoga pemberitahuan ini bisa berharga bagi detikers, khususnya para guru honorer.

(row/row detik

Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/