menjalani investigasi validasi dokumen identitas di Gedung sentra Badan Kepegawaian Negara Terbaru!!! Rincian Formasi Lowongan CPNS & PPPK 2022 

Foto: Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Gedung sentra Badan Kepegawaian Negara/BKN, Jakarta, Kamis (2/9./2021). (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki) – Pemerintah menentukan akan kembali membuka lowongan kandidat pegawai negeri sipil (CPNS) 2022 dan pegawai pemerintah negeri sipil (PPPK) untuk tahun budget 2022.

Hal tersebut terungkap dalam rapat kerja antara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Ad Interim Mahfud MD bareng Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), menyerupai dikutip CNBC Indonesia, Rabu (29/6/2022).

“Rencana ajuan rekrutmen kandidat ASN 2022 yakni 1.086.128 orang atau deretan jabatan,” kata Mahfud dalam rapat kerja bareng DPR, menyerupai dikutip Rabu (29/6/2022).

Lihat juga :  Terbaru!!! 5 Sekolah Kedinasan Ipa Yang Sepi Peminat Potensi Lolos Tinggi

Adapun dari total 1.035.811 deretan yang hendak dibuka untuk PNS sebanyak 8.941 orang yang rencananya didedikasikan untuk sekolah kedinasan. Sementara sisanya sebanyak 1.035.811 deretan dibuka untuk PPPK.

Alokasi paling besar deretan PPPK akan terpusat di tempat untuk klasifikasi guru sebanyak 758.018 deretan serta fungsional 184.239 formasi.

Sementara itu, khusus di tingkat pusat, PPPK untuk guru akan dibuka untuk 45 ribu formasi, dosen sebanyak 20 ribu formasi, dokter atau tenaga kesehatan sebanyak 3 ribu formasi, serta jabatan teknis yang lain sebanyak 25.544 formasi,

Sebelumnya, MenPANRB Tjahjo Kumolo mengatakan, pemerintah akan lebih memfokuskan diri untuk merekrut PPPK daripada CPNS. Bahkan kala itu, Tjahjo menyebut deretan CPNS tidak tersedia.

Lihat juga :  Terbaru!!! Klarifikasi Mendikbud Soal Potensi Guru Honorer Pada Seleksi Pppk 2022

“Untuk seleksi CASN tahun 2022, pemerintah konsentrasi melakukan rekrutmen PPPK dan di tahun ini, deretan untuk CPNS tidak tersedia,” kata Tjahjo dalam pemberitahuan resmi permulaan tahun ini.

Tjahjo mengemukakan keputusan ini diambil setelah berkaca dari kebijakan yang diimplementasikan oleh beberapa negara maju. Kebijakan tersebut yakni jumlah ASN yang jumlah civil servant atau pembuat kebijakan (PNS) lebih sedikit, dan jumlah government worker/public services (PPPK) lebih banyak.

“Mengacu terhadap hal pola baik tersebut, maka pemerintah Indonesia perlu mengikuti langkah yang sudah dijalankan oleh banyak sekali negara maju selaku langkah memodernisasi birokrasi secara cepat,” lanjut Tjahjo.

Tjahjo juga menyebutkan bahwa pertimbangan lain untuk tidak membuka deretan CPNS pada Seleksi CASN 2022 yakni perihal kekurangan waktu.

Lihat juga :  Terbaru!!! Lowongan Cpns 2022 Dan Pppk Sebanyak 1.086.128 Formasi, Konsentrasi Ke Honorer

Menurutnya, rangkaian pelaksanaan seleksi CPNS relatif memerlukan waktu yang lebih usang dibandingkan PPPK, sehingga dikhawatirkan tidak akan simpulan sempurna waktu jikalau membuka deretan CPNS pada tahun ini.

(cha/cha)CNBC Indonesia

Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/