Ilustrasi PPPK  Terbaru!!! Afirmasi Fresh Graduate PPPK 2022

Ilustrasi PPPK 2022 /menpan.go.id
Pada tahun 2022, pemerintah cuma akan konsentrasi mengadakan rekrutmen PPPK untuk mendukung pelaksanaan pemerintahan dalam negeri.

Selain konsentrasi pada rekrutmen PPPK 2022, pemerintah juga menyusun aneka macam kebijakan selaku dasar kebijakan dalam pelaksanaan seleksi CASN tahun 2022 ini.

Pada kebijakan untuk merekrut PPPK, pemerintah menyaksikan dari kebijakan yang diimplementasikan oleh beberapa negara maju.

Berdasarkan kebijakan negara maju dipahami bahwa jumlah civil servant atau PNS jumlahnya lebih sedikit. Akan tetapi, jumlah government worker/public services (PPPK) condong lebih banyak.

KemenPAN RB menyampaikan bahwa mengacu pada kebijakan tersebut, untuk itulah pemerintah perlu mengikuti langkah yang ditangani aneka macam negara maju selaku memodernisasi birokrasi secara cepat.

Lihat juga :  Terbaru!!! Pengadaan Pppk 2022 Didirikan Kemenpanrb Untuk Tenaga Honorer

Adapun keputusan adanya perekrutan PPPK sebagimana tertuang dalam Surat Menteri PANRB No. B/1161/M.SM.01.00/2021 tertanggal 27 Juli 2021 mengenai Pengadaan ASN Tahun 2022.

Seleksinya PPPK 2022 akan difokuskan pemerintah untuk merekrut tenaga pendidik, tenaga kesehatan, dan tenaga penyuluh.

Diketahui bahwa pada seleksi CASN 2022, pemerintah tengah menyusun kajian selaku dasar regulasi untuk mengendalikan patokan jabatan yang sanggup diisi oleh PNS dan PPPK.

Selain itu, akan ada pembaruan diberlakukannya adanya transformasi digital yang sedang berjalan menuju implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Sepenuhnya, diinginkan observasi tentang adanya pengaruh kepada keperluan ASN di aneka macam lini pada semua instansi pemerintah.

Maka dari itu, seleksi CASN Tahun 2022 difokuskan pemerintah akan mengangkat tenaga pelayanan dasar kependidikan dan tenaga pelayanan kesehatan.

Lihat juga :  Terbaru!!! Jumlah Cpns Yang Mengundurkan Diri Berkurang, Bagaimana Dengan Pppk Guru Dan Nonguru?

Kabar baik yang lain yakni adanya salah satu patokan yang sedang dikaji pemerintah.

Kajian yang dimaksud yakni pertimbangan bagi lulusan terbaru (fresh graduate) yang ingin mengabdi pada negara lewat jalur PPPK.

Atas hal itu, pemerintah akan memikirkan adanya syarat memiliki pengalaman kerja bagi gugusan PPPK.

Namun, salah satu hal yang menjadi kegundahan pemerintah yakni rekrutmen tenaga honorer yang tidak kunjung selsai oleh instansi pemerintah daerah.

Padahal, sudah dikelola dalam Pasal 8 PP No. 48/2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil, yang melarang untuk merekrut tenaga honorer.

Hal ini juga juga sesuai dengan peraturan dalam Pasal 96 PP No. 49/2018 tentang Manajemen PPPK.

Lihat juga :  Terbaru!!! Detail Gugusan Yang Dibutuhkan Pada 1 Juta Lebih Lowongan Asn 2022

Instansi pemerintah diberikan peluang dan deadline sampai tahun 2023 mendatang untuk menyelesaikan permasalahan tenaga honorer yang dikelola lewat PP yang berlaku.***

Editor: Rita Azlina


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/