RB untuk fresh graduate terkait seleksi PPPK  Terbaru!!! Afirmasi dari Kemenpan-RB Terkait PPPK 2022 Untuk Fresh Graduate

Ilustrasi afirmasi dari Kemenpan-RB untuk fresh graduate terkait seleksi PPPK 2022 /Roni Rasi/Pixabay

 Rekrutmen PPPK 2022 dikabarkan akan dijalankan dan sudah menjadi pembahasan utama pemerintah.

Bahkan pemerintah sudah menyusun banyak sekali regulasi yang menertibkan rekrutmen PPPK 2022 untuk mendapat kandidat ASN di pemerintahan dalam negeri.

Mengenai regulasi, pemerintah sudah lama mengkaji regulasi dan kebijakan negara maju dalam pelaksanaan seleksi PPPK 2022.

Faktanya di negara maju, jumlah PNS jauh lebih minim jikalau ketimbang jumlah PPPK.

Berdasarkan hal tersebut, maka Kemenpan-RB mengambarkan bahwa kebijakan tersebut kiranya perlu dibarengi dan dipraktekkan di negara ini dalam wangka merealisasikan modernisasi birokrasi sebagaimana dipraktekkan oleh negara maju.

Lihat juga :  Terbaru!!! Pemkab Secepatnya Merumahkan Ratusan Honorer Tempat Penyebab

Lebih lanjut, seleksi PPPK 2022 ini sudah dikontrol dalam Surat Menteri PanRB No. B/1161/M.SM.01.00/2021 yang diterbitkan pada tanggal 27 Juli 2021 perihal Pengadaan ASN Tahun 2022.

Berdasarkan Surat Menteri tersebut, maka seleksi PPPK tahun 2022 ini lebih tepatnya akan konsentrasi dalam merekrut tenaga pendidik, tenaga kesehatan, dan tenaga penyuluh.

Maka dalam hal ini pemerintah tengah serius dalam menyusun regulasi seleksi CASN 2022 mudah-mudahan menciptakan rumusan yang tepat dengan pengadaan keperluan PNS dan PPPK.

Seperti akan diberlakukannya transformasi digital  yakni Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang mau diimplementasikan.

Dan dari keseluruhan hal itu, pemerintah perlu mengkaji imbas keperluan ASN di seluruh instansi pemerintahan.

Lihat juga :  Pendaftaran Kandidat Taruna Bpsdm Perhubungan Di Sipencatar 2018/2019

Maka, rekrutmen ASN 2022 ini menurut isu akan difokuskan pada tenaga pendidik dan tenaga kesehatan.

Kabar bangga yang mesti dikenali utamanya oleh lulusan gres atau fresh graduate yakni akan ada afirmasi dan pertimbangan yang diberikan oleh pemerintah bagi yang ingin mengabdi menjadi PPPK.

Pemerintah dikabarkan akan menimbang-nimbang syarat pengalaman kerja untuk deretan PPPK yang dapat menjadi kesempatan bagi fresh graduate.

Namun pemerintah juga mencemaskan terkait dengan rekrutmen tenaga honorer di instansi pemerintah wilayah yang nyatanya juga belum tuntas.

Meski sudah dikontrol secara resmi dalam Pasal 8 PP No. 48/2005 wacana Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil, yang secara tegas melarang perekrutan tenaga honorer.

Lihat juga :  Terbaru!!! Cara Yang Disiapkan Pemprov Mudah-Mudahan Honorer Lolos Seleksi Pppk

Hal tersebut juga sama dengan peraturan pemerintah nomor  49/2018 wacana Manajemen PPPK.

Dimana PP tersebut berisi bahwa pemerintah memamerkan deadline hingga 2023 terhadap instansi wilayah untuk secepatnya merampungkan perkara tenaga honorer.***

Editor: Intan Sherly Monica

Sumber: menpan.go.id


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/