Pangkat golongan PNS sungguh dipengaruhi oleh waktu lamanya mengabdi Terbaru!!! 7 Perbedaan Mendasar antara PNS dan PPPK

Lihat Foto
Pangkat golongan PNS sungguh dipengaruhi oleh waktu lamanya mengabdi, diklat jabatan yang pernah diikuti, kompetensi, pendidikan, serta prestasi dari PNS bersangkutan. (ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN)
Demi menyanggupi keperluan sumber daya manusia, pemerintah kerap menggelar rekrutmen untuk mengisi aneka macam deretan atau jabatan yang dibutuhkan di aneka macam instansi atau forum mereka.

Di tahun 2021, pemerintah membuka rekruitmen untuk kandidat aparatur sipil negara baik dengan status Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian kerja (PPPK).

Sama-sama melakukan pekerjaan dan mengabdi untuk pemerintah, berikut yakni 7 perbedaan antara PNS dan PPPK:

1. Status hubungan kerja

Perbedaan pertama terletak pada status hubungan kerja yang mereka miliki setelah dinyatakan lolos seleksi.

Mengacu Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 wacana ASN, seorang PNS ialah Warga Negara Indonesia (WNI) yang menyanggupi persyaratan, kemudian diangkat selaku pegawai ASN secara tetap oleh Pegawai Pembina Kepegawaian (PPK) untuk menduduki jabatan pemerintahan.

Sementara itu, PPPK diangkat menurut perjanjian kerja untuk rentang waktu tertentu dalam rangka mengerjakan kiprah pemerintahan.

2. Batas usia melamar

Perbedaan kedua terdapat pada batas-batas usia di saat melamar CPNS atau PPPK.

Lihat juga :  Terbaru!!! Aplikasi E-Formasi Untuk Pemetaan Guru Pppk 2022 Serta Penempatan Guru Lulus Passing Grade Pp

Untuk CPNS, menurut Pasal 23 ayau (1) abjad a Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017, seseorang sanggup melamar menjadi CPNS jikalau usianya minimal 18 tahun dan optimal 35 tahun.

Sementara untuk melamar PPPK, menurut Pasal 16 abjad a PP Nomor 49 Tahun 2018, usia minimalnya yakni 20 tahun dan usia optimal satu tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang mau dilamar.

Misalnya batas usia jabatan A yakni 45 tahun, maka pelamar jabatan tersebut optimal berusia 44 tahun.

3. Tahapan seleksi

Selanjutnya, perbedaan ketiga antara PNS dan PPPK yakni di tahapan seleksi yang dilalui.

Untuk PNS, pelamar mesti lewat 3 proses seleksi, termasuk Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Berbeda dengan pelamar PPPK yang cuma menjalani Seleksi Administrasi dan Seleksi Kompetensi.

Namun, pada Seleksi Kompetensi, pelamar PPPK akan dihadapkan pada 3 bidang tes: manajerial, teknis, dan sosial kultural. Hal itu tertulis dalam Pasal 19 PP Nomor 49 Tahun 2018.

4. Pemberhentian hubungan kerja

Perbedaan keempat yakni bagaimana pemberhentian hubungan kerja yang mau dilaksanakan pada seorang PNS juga PPPK.

Sebenarnya, secara biasa pemberhentian hubungan kerja secara umum, baik pada PNS maupun PPPK akan dilaksanakan menggunakan 2 cara, diberikan predikat tertentu atau diberhentikan dengan hormat.

Lihat juga :  Terbaru!!! Daftar Honor Pppk Modern 2022

Diberhentikan dengan hormat apabila PNS/PPPK:

Perbedaannya, pada PNS ada satu keadaan lagi yang membuat ia diberhentikan dengan hormat, yakni apabila ia meraih usia pensiun.

Sementara pada PPPK, seorang pegawai akan tidak boleh dengan hormat apabila rentang waktu perjanjian kerja sudah berakhir.

5. Kedudukan

Berikutnya yakni perbedaan di lingkup kedudukan yang sanggup dijabat oleh PNS dan PPPK.

Meski sama-sama menjabat di pemerintahan, tetapi ternyata untuk PPPK lingkupnya terbatas. Jika PNS sanggup menduduki seluruh jabatan pemerintahan, maka tidak demikian dengan PPPK.

Jenis jabatan yang sanggup diduduki PPPK dikontrol dalam PP dan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Nomor 76 Tahun 2022.

PPPK disebutkan tidak sanggup mengisi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama.

6. Gaji dan tunjangan

Lanjut ke perbedaan keenam. Kali ini PNS dan PPPK memiliki perbedaan dalam hal elemen honor dan pendapatan yang mereka terima.

Bukan pada detail elemen yang diterima, melainkan landasan aturan yang mengaturnya.

Lihat juga :  Terbaru!!! Seleksi Pppk 2022 Dimulai Sebelum Honorer Di Hapus

Baik PNS maupun PPPK akan mendapat pendapatan dengan elemen selaku berikut:

Komponen pendapatan PNS dikontrol dalam PP Nomor 11 Tahun 2017 jo PP Nomor 17 Tahun 2020 dan Perpres wacana Gaji dan Tunjangan PNS.

Sementara elemen pendapatan PPPK dikontrol dalam Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2020 dan PP Nomor 49 Tahun 2018.

7. Batas usia pensiun

Perbedaan yang terakhir atau yang ketujuh antara PNS dan PPPK terletak pada batas usia pensiunnya.

Pada kalangan PNS, pensiun akan terjadi pada usia 58 tahun untuk Pejabat Administrasi,  60 tahun bagi Pejabat Pimpinan Tinggi, dan sesuai ketentuan perundang-undangan bagi Pejabat Fungsional. 

Sementara PPPK akan pensiun di usia:


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/
Pendaftaran.net