Salah satu gedung Poltekpel Banten milik Kementerian Perhubungan Terbaru!!! 5 Sekolah Kedinasan IPA yang Sepi Peminat Peluang Lolos Tinggi

Politeknik Pelayaran Banten. Foto: Poltekpel Banten

Ada beberapa sekolah kedinasan untuk jurusan IPA yang kurang peminat. Lulusan sekolah kedinasan pun berkesempatan diangkat selaku kandidat pegawai negeri sipil (CPNS) sehabis menamatkan pendidikan.

Para taruna nantinya akan mendapat kepraktisan beasiswa yang lengkap. Mulai dari pembebasan ongkos pendidikan, derma hidup, sampai dipekerjakan instansi penyelenggara sekolah kedinasan pasca lulus.

Sekolah kedinasan ini terbuka untuk siswa lulusan SMA/SMK dari banyak sekali jurusan. Meski demikian, lebih banyak didominasi memang terbuka untuk siswa Sekolah Menengan Atas IPA dan Sekolah Menengah kejuruan teknik.

Berdasarkan data registrasi sekolah kedinasan tahun 2021 lewat akun Badan Kepegawaian Negara (BKN) lewat akun media sosialnya, ada beberapa politeknik politeknik pelayaran dan penerbangan milik Kementerian Perhubungan kurang disukai para peserta. Berikut lima di antaranya:

Lihat juga :  Terbaru!!! Detail Besaran Honor Dan Proteksi Yang Diterima Pppk

Sekolah Kedinasan IPA Sepi Peminat

1. Politeknik Pelayaran Barombong (Poltekpel Barombong)

Merupakan sekolah kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan. Poltekpel ini diresmikan pada 28 Juni 1980 dengan nama permulaan Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran Dasar (BPLPD).

Prodi di sekolah kedinasan ini yakni Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.

2. Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar)

Poltekpel Sumbar berada di bawah kerjasama Kementerian Perhubungan. Prodinya yakni D3 Nautika, D3 Teknologi Nautika, dan D4 Transportasi Laut.

3. Politeknik Penerbangan Makassar (Poltekbang Makassar)

Poltekbang Makassar memiliki empat prodi jenjang diploma. Keempat prodi itu yakni Teknik Navigasi Udara/Teknologi Navigasi Udara, Teknik Listrik Bandara/Teknologi Bandar Udara, Teknik Pesawat Udara/Teknologi Pemeliharaan Pesawat Udara, dan Lalu Lintas Udara/Manajemen Lalu Lintas Udara.

Lihat juga :  Terbaru!!! Bkn Telah Terbitkan 111.951 Nip Cpns 2021 Per 24 Juni 2022

Jurusan ini didedikasikan bagi Sekolah Menengan Atas jurusan IPA dan jurusan Sekolah Menengah kejuruan yang meliputi jurusan Teknologi Pesawat Udara, Otomotif, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Mesin, Elektronika, Ketenagalistrikan, dan Teknik Telekomunikasi.

4. Politeknik Pelayaran Sorong (Poltekpel Sorong)

Poltekpel Sorong mulanya berjulukan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2I). Sekolah kedinasan ini memiliki beberapa prodi yakni Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.

Melansir situsnya, sekolah kedinasan yang terletak di tanah Papua ini sedang membuka registrasi kegiatan D3 jalur sanggup bangkit diatas kaki sendiri (non contoh pembibitan) dan kegiatan non diploma diklat pelaut pembentukan tingkat IV.

5. Politeknik Pelayaran Banten (Poltekpel Banten)

Prodi Poltekpel Banten memiliki prodi yang serupa dengan poltek yang lain yang sudah disebutkan di atas.

Lihat juga :  Terbaru!!! Honorer Dihapus Dan Ganti Outsourcing, Honor Bakal Setara Umr

Berdasarkan pemberitahuan penerimaan kandidat taruna tahun lalu, siswa jurusan IPA sanggup mendaftar di ketiga kegiatan studi yang tersedia. Sementara itu, lulusan IPS dan Bahasa cuma sanggup mendaftar di kegiatan studi Manajemen Transportasi Laut.

Nah itulah sekolah kedinasan IPA yang kurang diminati.


(atj/nwy) detik

Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/