Cara Langkah Agar Honorer Selamat dari Pemecatan  Terbaru!!! 4 Cara Langkah Agar Honorer Selamat dari Pemecatan

Tenaga honorer yang tidak terakomodir menjadi CPNS dan PPPK terancam nasibnya. Ilustrasi Foto: Ricardo 
Lewat Surat Edaran (SE) Nomor: B/185/M.SM.02.03/2022 tertanggal 31 Mei MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meminta para pejabat pembina kepegawaian (PPK) meniadakan tenaga honorer.

Tjahjo meminta para PPK menyeleksi status kepegawaian tenaga honorer yang ada, apakah diangkat menjadi CPNS, PPPK, atau outsourcing.

Berdasar ketentuan Pasal 96 Ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 49/2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), kebijakan peniadaan tenaga honorer berlaku mulai 28 November 2023.

Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) I Nyoman Slamet mengimbau para tenaga honorer menjalankan persiapan jelang berlakunya kebijakan tersebut.

Sejumlah langkah persiapan sanggup ditangani tenaga honorer, yakni:

Lihat juga :  Terbaru!!! 1.765 Pppk Guru Tahap 2 Harap Sabar, Pemprov Sulsel Seruan Gajinya Di Apbd 2023

1. Honorer membuka kerja keras sendiri

I Nyoman Slamet mengajak tenaga honorer di seluruh tempat sanggup membuka kerja keras sehingga taraf hidup mereka meningkat menjadi lebih makmur dan mapan.

“Menurut saya membuka kerja keras sendiri lebih bagus. Sekarang banyak pekerjaan yang sanggup kita laksanakan dengan mempergunakan pertumbuhan teknologi dan informasi. Jangan disalahpahami bahwa kebijakan peniadaan tenaga honorer tidak pro-rakyat,” kata I Nyoman Slamet di Palu, Senin (20/6).

Politikus PDI Perjuangan itu percaya jikalau para honorer membuka usaha, apa pun jenis usahanya, laba yang diperoleh niscaya lebih tinggi jikalau daripada honor yang diperoleh selama menjadi tenaga honorer.

“Daripada menjadi tenaga honorer yang bahkan ada yang digaji cuma Rp 500 ribu per bulan. Bisa juga pemerintah tempat mengupayakan para tenaga honorer terserap menjadi tenaga kerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) jikalau kebijakan peniadaan tenaga honorer berlaku,” ujar I Nyoman Slamet.

Lihat juga :  Terbaru!!! Persyaratan Seleksi Dan Penambahan Nilai Pada Pengadaan Pppk Guru Tahun 2022

2. Tenaga honorer memajukan kompetensi

Dia menyarankan seluruh tenaga honorer di Sulteng sanggup memajukan kompetensi dan kemampuan yang dimiliki mudah-mudahan sanggup terserap menjadi tenaga kerja di instansi pemerintah maupun swasta.

Ia percaya jikalau honorer tersebut memiliki kemampuan dan kompetensi yang dibutuhkan maka tidak susah baginya mendapatkan pekerjaan meski tidak lagi selaku seorang tenaga honorer. Misal tenaga alih daya atau outsourcing.

“Sekarang ini kompetensi dan kemampuan mesti ditingkatkan mudah-mudahan diterima di dunia kerja misal menguasai bidang teknologi informasi,” tambahnya.

3. Angkat honorer jadi PPPK

I Nyoman meminta pemerintah mengangkat tenaga honorer yang melakukan pekerjaan pada instansi pemerintah tempat di Sulteng selaku Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) jikalau kebijakan peniadaan tenaga honorer berlaku.

Lihat juga :  Terbaru!!! Ramai Cpns Dan Pppk Mengundurkan Diri, Menteri Panrb: Honor Plus Bantuan Padahal Lebih Besar Dari Swasta.

“Jika tenaga honorer itu memiliki kemampuan dan kompetensi yang dibutuhkan oleh instansi di pemerintah tempat serta sudah mengabdi puluhan tahun maka diupayakan diperhitungkan mudah-mudahan sanggup terangkat selaku tenaga PPPK,” kata I Nyoman.

4. Tenaga honorer ikut seleksi CPNS

I Nyoman Slamet meminta pemerintah tempat mudah-mudahan mengajukan penambahan kuota Calon Pegawai Negeri Sipil terhadap pemerintah sentra jikalau seleksi CPNS dibuka.

Tujuannya mudah-mudahan para honorer terancam diberhentikan akhir kebijakan peniadaan tenaga honorer, memiliki peluang diangkat menjadi PNS. (sam/antara/jpnn)


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/