Assalamu’alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh, 

 Rabu,  06 Juli  2022 

*Penting Diketahui Guru! 13 Poin Penting Ini Akan Menguntungkan Guru Honorer Pada PPPK 2022.

Pemerintah sudah menampilkan kabar bangga yang menguntungkan bagi guru honorer serta pelamar PPPK 2022. Kabar tersebut berupa hasil audiensi antara Forum Guru Honorer Negeri Lulus Passing Grade Seluruh Indonesia PPPK 2021 dengan BKN terkait regulasi dan prosedur pengangkatan ASN PPPK.

Berdasarkan hasil audiensi tersebut terdapat 13 poin penting yang secara keseluruhan akan menguntungkan bagi guru honorer yang melamar PPPK 2022 utamanya bagi guru yang sudah lulus passing grade.

Ketiga belas poin penting tersebut terbagi ke dalam sembilan poin penting terkait prosedur pengangkatan Guru ASN PPPK dan empat poin ihwal regulasi seleksi ASN PPPK. 

 Berikut 13 poin penting yang yang mau menguntungkan guru honorer pada seleksi PPPK 2022 yaitu selaku berikut:

1. Guru honorer yang mau menjadi data keperluan pada PPPK 2022 akan diambil menurut data yang terdapat pada Dapodik.

2. Proses rekrutmen pegawai ASN PPPK 2022 sudah diperbaiki dari proses rekrutmen PPPK Guru tahun sebelumnya.

3. Kebijakan terkait honorer tidak akan ada penghapusan, melainkan akan dialihkan pada diubahnya status honorer.

4. Guru honorer atau pelamar pada PPPK 2022 sanggup memutuskan deretan menurut pelamar prioritas dengan catatan masih tersedianya deretan di sekolah tersebut.

5. Guru honorer yang berada di sekolah induk akan menggunakan metode penguncian formasi, yaitu Guru tersebut diprioritaskan untuk memutuskan deretan yang tersedia.

6. Guru Honorer yang sudah lulus passing grade (PG) pada PPPK 2021 yaitu selaku pelamar prioritas 1 akan diarahkan oleh metode untuk memutuskan deretan yang tersedia dengan mengkonfirmasi YES atau NO.

7. Guru honorer yang sudah lulus passing grade pada PPPK 2021 kemudian tidak akan mengikuti tes seleksi melainkan cuma daftar pada metode SSCASN saja.

Lihat juga :  Terbaru!!! Besaran Honor Pppk Guru Dan Tunjangannya Per Bulan

8. Guru honorer masih perlu menanti prosedur teknis PPPK 2022 yang diintegrasikan dalam metode SSCASN dari Kemendikbud dan KemenPAN-RB.

9. BKN cuma mengajukan deretan sesuai keperluan yang didasarkan pada tawaran sekolah, kemudian ditetapkan oleh KemenPAN-RB.

 Selain itu, ada 4 poin penting yang lain yang perlu diketahui oleh guru honorer terkait regulasi seleksi ASN PPPK menurut hasil audiensi Forum Guru Honorer dengan BKN yaitu selaku berikut:

1. Untuk kewenangan administrasi ASN di BKN merupakan cuma sebatas untuk mengkoordinasikan metode seleksi saja.

2. Untuk guru honorer yang lulus passing grade yang diberhentikan oleh pihak sekolah maka cukup dengan melampirkan surat pernyataan.

3. Adanya kebijakan sebenarnya guru ASN PPPK tidak sanggup mutasi.

4. Kepada seluruh guru honorer dan seluruh pelamar rekrutmen PPPK mesti berhati-hati terhadap calo yang mengatasnamakan BKN.

Disisi lain, pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2022 merupakan sebuah hal yang dinantikan bagi sebagian orang utamanya bagi seseorang yang ingin melakukan pekerjaan dan mengabdi pada negara.

PPPK merupakan warga negara Indonesia yang menyanggupi syarat tertentu yang diangkat menurut perjanjian kerja untuk rentang waktu tertentu dalam rangka menjalankan kiprah pemerintahan. Kepastian jadwal pembukaan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2022 belum diumumkan secara resmi oleh pemerintah.

Pembukaan registrasi dan seleksi CPNS dan PPPK 2022 sudah diungkap oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) yang mana penerimaan PNS dan PPPK dilakukan lewat analisa secara objektif menurut kompetensi, kualifikasi, keperluan instansi Pemerintah, dan persyaratan lain yang dibutuhkan dalam jabatan.

Agar sanggup mendaftar seleksi CPNS dan PPPK 2022 ada beberapa syarat dan dokumen yang mesti disediakan yaitu selaku berikut:

Lihat juga :  Terbaru!!! Honor Dan Pemberian Pppk 2022 Sama Dengan Pns Cuma Soal Ini Yang Membedakan

#) Dokumen yang mesti disediakan yakni:

1. Scan Pas Foto latar belakang merah optimal 200 Kb format jpeg/jpg.

2. Scan Swafoto optimal 200 Kb format jpeg/jpg. (Harus jelas, tidak blur dan tidak miring).

3. Scan KTP optimal 200 Kb format jpeg/jpg.

4. Scan Surat Lamaran optimal 300 Kb format pdf.

5. Scan Ijazah dan Serdik/STR optimal 800 Kb format pdf

6. Scan Transkrip Nilai optimal 500 Kb format pdf.

7. Scan Dokumen Pendukung yang lain optimal 800 Kb format pdf.

#) Sedangkan persyaratan CPNS 2022 merupakan :

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Pelamar berusia 18-35 tahun.

3. Untuk usia optimal 40 tahun cuma berlaku bagi posisi Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis, dosen, peneliti, dan perekayasa yang memiliki kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor) sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2019.

4. Tidak pernah dipidana penjara 2 tahun atau lebih.

5. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat atau atas seruan sendiri atau dengan hormat selaku PNS/prajurit TNI/ Kepolisian Negara RI.

6. Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat selaku pegawai swasta.

7. Tidak berkedudukan selaku CPNS, PNS, serdadu Tentara Nasional Indonesia atau anggota Kepolisian Negara RI.

8. Tidak menjadi anggota atau pengelola parpol atau terlibat politik praktis.

9. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

10. Sehat jasmani dan rohani sesuai denan persyaratan jabatan yang dilamar.

11. Bersedia diposisikan di seluruh kawasan NKRI atau negara lain yang diputuskan oleh instansi pemerintah.

12. Persyaratan lain sesuai keperluan instansi yang dilamar.

Sedangkan untuk mengikuti seleksi PPPK tahun 2022 sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 ihwal Manajeman PPPK, berikut syarat dan persyaratan untuk sanggup mengikuti seleksi PPPK 2022 yakni:

Lihat juga :  Terbaru!!! Honor Pppk 2022 Mulai Oktober Seleksinya

1. Guru honorer di sekolah negeri dan swasta (termasuk guru eks-Tenaga Honorer Kategori 2 yang belum pernah lulus seleksi menjadi PNS atau PPPK di tahun sebelumnya).

2. Terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

3. Lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang dikala ini sedang mengajar.

Saat ini, ada sebanyak 1.035.811 kandidat PPPK dibutuhkan untuk deretan PPPK tahun 2022 dengan perincian deretan guru di pemerintah tempat memerlukan sebanyak 758.018, deretan PPPK fungsional non guru memerlukan sebanyak 184.239, Formasi PPPK guru di pemerintah sentra memerlukan sebanyak 45.000, deretan jabatan teknis lain memerlukan sebanyak 25.554, deretan dosen (Kemendikbud/Kemenag) memerlukan sebanyak 20.000 dan deretan dokter/tenaga kesehatan di bawah Kemenkes memerlukan sebanyak 3.000.

Sedangkan untuk seleksi CPNS 2022 dibutuhkan dari Papua dan Papua Barat untuk deretan CPNS dan PPPK bagi Papua dan Papua Barat memerlukan sebanyak 41.376. Selain itu, bagi guru PPPK yang diangkat untuk menjalankan jabatan Pemerintahan akan diberikan honor yang besarannya menurut kelompok dan juga masa kerja golongan.

Untuk besaran honor yang diberikan merupakan sebelum dikenakan pemotongan pajak penghasilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang pajak penghasilan dan PPPK juga sanggup mendapat peningkatan honor bersiklus sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri di bidang pendayagunaan aparatur negara.

Bukan cuma peningkatan gaji, ASN PPPK juga akan diberikan sokongan sesuai dengan sokongan Pegawai Negeri Sipil pada Instansi Pemerintah tempatnya bekerja. Tunjangan tersebut berupa sokongan keluarga, sokongan pangan, sokongan jabatan struktural, sokongan jabatan fungsional atau sokongan lainnya. Untuk honor dan sokongan yang diberikan terhadap ASN PPPK akan dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara di masing-masing instansi.

# SemogaBermanfaat&Barokah 

Wassalamu’alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh.


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/