penerimaan.polri.go.id-2022/2023Akademi Kepolisian atau sering disingkat Akpol yakni suatu forum pendidikan untuk mencetak perwira Polri. Akpol yakni bagian pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polisi Republik Indonesia yang berada di bawah Kalemdikpol (Wikipedia).

Dilansir dari situs resmi akpol (akpol.ac.id) Akademi Kepolisian (Akpol) memiliki visi “Menjadi Lembaga Pendidikan yang Menghasilkan Polisi Profesional, Cerdas, Bermoral, dann Modern yang Berwawasan Global dan Berstandar Internasional (World Class Police Academy)”.

Pada postingan ini akan diberikan info perihal Pendaftaran Online Taruna/I AKPOL Tahun 2022. Dimana postingan ini sanggup kalian jadikan acuan untuk mengerjakan pendaftaran menjadi kandidat Taruna atau Taruni AKPOL.

Kuota Akpol
Pada tahun 2022 jumlah peserta didik yang diterima sebanyak 175 orang dengan rincian 150 pria dan 20 wanita 

Apabila lulus seleksi Akpol maka akan menempuh pendidikan selama 4 (empat) tahun dengan tempat pendidikan di Akpol Lemdiklat Polisi Republik Indonesia Semarang, Jawa Tengah.

Pada tahun ini pembukaan pendidikan dimulai tanggal 02 Agustus 2022 dan pendaftaran Akpol dimulai dari tanggal 30 Maret s.d 18April 2022.

Bagi kalian lulusan SMA/sederajat yang hendak mendaftar menjadi Taruna/Taruni Akademi Kepolisian (AKPOL) silahkan siapkan berkas-berkas syarat pendaftaran berikut ini.

Sebelumnya untuk diketahui bahwa usang pendidikan Akpol atau Akademi Kepolisian yakni 4 tahun dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA).

A. Persyaratan Umum Pendaftaran Akpol 2022

  1. WNI
  2. Pria atau Wanita
  3. Bertakwa dan beriman Kepada Tuhan Yang Maha Esa
  4. Setia Kepada NKRI Berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
  5. Sehat jasmani dan rohani (Surat pemberitahuan sehat dari institusi kesehatan)
  6. Minimal berusia 18 tahun (pada dikala dilantik menjadi anggota Polri)
  7. Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana (melampirkan SKCK dari Polres setempat)
  8. Memiliki kepribadian yang berwibawa, jujur, dan adil, serta tak punya sifat tercela
  9. Lulus pendidikan dan training pembentukan anggota kepolisian

B. Persyaratan Khusus Pendaftaran Akpol 2022

  1. Belum pernah menjadi anggota atau mantan Polri/TNI atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI
  2. Tidak berkedudukan selaku PNS
  3. Minimal lulusan SMA/MA pada jurusan IPA/IPS (bukan lulusan Paket A,B,dan C), dengan ketentuan:
    • Nilai rata-rata kelulusan Ujian Nasional (UN), dengan ketentuan:
      • Minimal nilai rata-rata 70,00 (lulusan 2016 s.d 2019),
      • Nilai akumulasi Minimal 70 nilai rata-rata ijazah atau nilai ijazah rata-rata B (bagi yang memakai alphabet) (Lulusan 2020 & 2021) 
      • Lulusan tahun 2022 akan diputuskan kemudian.
      • Khusus Papua dan Papua Barat Nilai rata-rata kelulusan Ujian Nasional (UN), dengan ketentuan:
          • Minimal nilai UN rata-rata 60,00 (lulusan 2016 s.d 2018)
          • Minimal nilai UN rata-rata 55,00 (lulusan 2019)  
          • Lulusan tahun 2020 dan 2021 memakai nilai rata-rata ijazah dengan nilai akumulasi minimal 60,00 atau nilai ijazah rata-rata C (bagi yang memakai alphabet)
          • Lulusan 2022 akan diputuskan kemudian.
        • Bagi lulusan 2022 atau yang masih kelas XII melampirkan nilai rapor kelas XII semester I dengan nilai rata-rata 80,00 atau nilai rata-rata rapor minimal A (bagi yang memakai alphabet), khusus Papua dan Papua Barat nilai rata-rata rapor minimal 70,00 atau nilai rata-rata minimal B (bagi yang memakai alphabet).
        • Bagi pelamar yang berusia 16 tahun hingga kurang dari 17 tahun nilai rata-rata rapor dengan akumulasi minimal 85,00 atau nilai rata-rata rapor minimal A (bagi yang memakai alphabet), dan mempunyai kesanggupan Bahasa Inggris dengan nilai rapor Mata Pelajaran Bahasa Inggris minimal 85,00 atau nilai rata-rata rapor minimal A (bagi yang memakai alphabet) serta melampirkan skor TOEFL minimal 500.

      • Bagi lulusan tahun 2016 s.d 2019 yang mengikuti UN perbaikan dan kandidat peserta mengulang di kelas XII baik disekolah sama atau berlainan tidak sanggup mengikuti seleksi Taruna Akpol 2022
      • Bagi pelamar dari Pendidikan Diniyah Formal (PDF) dan Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) pada pondok pesantren mempunyai nilai kelulusan rata-rata hasil imtihan wathioni (Ujian Standar Nasional) atau cobaan tamat muadalah, dengan nilai tamat kelulusan rata-rata 75,00 atau minimal B bagi yang memakai alphabet.
      • Minimal berusia 16 tahun dan optimal 21 tahun pada dikala pembukaan pendidikan
      • Minimal mempunyai tinggi tubuh 165 cm (pria), 163 cm (wanita) dengan berat tubuh ideal
      • Belum pernah menikah/hamil/melahirkan/memiliki anak biologis (anak kandung) dan sanggup tidak menikah/hamil selama pendidikan
      • Tidak pernah memakai tato dan tindik ataupun mempunyai bekas tato dan tindik kecuali ketentuan adat/agama
      • Bagi kandidat taruna/taruni yang pernah gagal/TMS dalam proses seleksi sebab tindak kriminal berkekuatan aturan tetap (inkrah) tidak diperbolehkan mendaftar kembali
      • Mantan Taruna/I atai Siswa/i yang pernah diberhentikan dengan tidak hormat dari forum pendidikan yang didanai oleh budget negara tidak sanggup mendaftar
      • Bebas narkoba (berdasarkan investigasi kesehatan oleh Panpus/Panda)
      • Tidak mendukung atau berpartisipasi dalam organisasi atau paham yang berlawanan dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Bhineka Tunggal Ika
      • Tidak pernah mengerjakan langkah-langkah atau perbuatan yang melanggar norma agama, norma kesusilaan, norma sosial dan norma aturan
      • Melampirkan surat pernyataan bermaterai yang ditandatangai oleh kandidat peserta dan diketahui oleh orang tua/wali wacana kesiapan diperintahkan pada semua bidang kiprah kepolisian dan siap diperintahkan di seluruh kawasan NKRI
      • Membuat surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani kandidat peserta dan diketahui oleh orang tua/wali tidak mempercayai pihak-pihak yang menawarkan, prospektif dan menjamin untuk meluluskan proses seleksi.
      • Membuat surat pernyataan bermaterai yang menyatakan kandidat peserta tidak masuk dalam klasifikasi nomor  13 dan 14.
      • Bagi pelamar yang lulusan dari Luar Negeri wajib menambahkan surat pengukuhan dari Dikdasmen Kemdikbud
      • Berdomisili minimal 1 tahun di kawasan Polda tempat mendaftar dengan melampirkan KTP dan KK (apabila mengerjakan duplikasi/pemalsuan maka akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku)
      • Bagi kandidat peserta yang berasal dari Sekolah Menengan Atas Taruna Nusantara dan Sekolah Menengan Atas Krida Nusantara yang masih kelas XII sanggup mendaftar di Polda asal sesuai dengan alamat KTP/KK, atau sanggup mendaftar di Polda Jateng dan DIY bagi Sekolah Menengan Atas Taruna Nusantara, dan di Polda Jabar untuk Sekolah Menengan Atas Krida Nusantara, dengan ketentuan mengikuti kuota kelulusan pada Polda asal yang tepat dengan alamat KTP/KK
      • Selama 10 tahun setelah diangkat menjadi Perwira Polisi Republik Indonesia siap menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP)
      • Mendapat/memperoleh perjanjian orang tua/wali
      • Tidak mempunyai Ikatan Dinas sengan instansi lain
      • Bagi kandidat Taruna/Taruni yang lulus diwajibkan untuk melampirkan BPJS Kesehatan
      • Melampirkan surat persetujuan/rekomendasi dari pimpinan bagi yang sudah melakukan pekerjaan secara tetap dan siap diberhentikan secara hormat apabila lulus seleksi 

      C. Tahapan Seleksi AKPOL

      Seleksi Akpol dijalankan pada 2 tahap atau tingkatan, yang pertama tingkat tempat dan yang kedua tingkat pusat.

      Sebelumnya proses seleksi Akpol ini memakai metode gugur dan/atau ranking pada setiap tes

      Tahapan Seleksi Tingkat Daerah

      1. Pemeriksaan Administrasi Awal (penilaian secara kualitatif)
      2. Pemeriksaaan kesehatan tahap I (penilaian secara kualitatif)
      3. Pemeriksaan Psikologi tahap I secara Computer Asissted Test (CAT) dengan analisa secara kuantitatff & kualitatif), menyanggupi syarat (MS) apabila nilai tamat minimal 61
      4. Uji Kesamaptaan Jasmani (A, B, dan C) analisa secara kuantitatf & kualitatif, dan Pemeriksaan Anthropometri (penilaian secara kualitatif). Memenuhi syarat (MS) apabila nilai batas lulus (NBL) 41,00 dengan masing-masing item tes tidak terdapat nilai “0”
      5. Uji Akademik memakai Computer Asissted Test (CAT) yaitu:
        • Pengetahuan Umum (termasuk Undang-Undang Kepolisian)
        • Bahasa Indonesia
        • Matematika
        • Wawacan kebanggsaan (Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, Wawasan Nusantara dan Kewarganegaraan)
      6. Pemeriksaan Kesehatan Tahap II (penilaian secara kualitatif)
      7. Tes psikologi tahap II dengan metode wawancara (penilaian secara kualitatif)
      8. Pendalaman Penelusuruan Mental Kepribadian (PMK) (penilaian secara kualitatif)
      9. Pemeriksaan Administrasi Akhir (penilaian secara kualitatif)
      10. Sidang terbuka Kelulusan tingkat Panda

      Baca: Rekrutmen Polisi Republik Indonesia Tips dan Trik Lulus Seleksi Polisi Republik Indonesia (Tamtama,Bintara,Akpol,Sipss)

      Berikut kami berikan link/ alamat situs web untuk masing-masing Polda:

      1. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Aceh (https://aceh.polri.go.id/)
      2. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Sumut (http://sumut.polri.go.id/)
      3. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Sumbar (https://sumbar.polri.go.id)
      4. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Jambi (http://jambi.polri.go.id/)
      5. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Riau (http://riau.polri.go.id/)
      6. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Kepri (http://kepri.polri.go.id/)
      7. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Babel (http://babel.polri.go.id/)
      8. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Sumsel (sumsel.polri.go.id)
      9. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Bengkulu (https://bengkulu.polri.go.id/)
      10. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Lampung (https://lampung.polri.go.id/)
      11. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Metro Jaya (https://metro.polri.go.id/)
      12. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Jawa Barat (http://www.jabar.polri.go.id/)
      13. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Banten (http://banten.polri.go.id/)
      14. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Jawa Tengah (jateng.polri.go.id)
      15. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Yogyakarta (http://jogja.polri.go.id/depan/)
      16. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Jawa Timur (humaspoldajatim.blogspot.co.id)
      17. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Bali (http://bali.polri.go.id/)
      18. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah NTB (http://ntb.polri.go.id/)
      19. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah NTT (http://tribratanewsntt.com/)
      20. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Kalimantan Barat (https://kalbar.polri.go.id/)
      21. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Kalteng (kalteng.polri.go.id)
      22. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Kaltim (https://kaltim.polri.go.id/)
      23. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Kalsel (https://kalsel.polri.go.id/)
      24. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Sulut (sulut.polri.go.id)
      25. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Gorontalo (gorontalo.polri.go.id)
      26. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Sulteng (https://sulteng.polri.go.id/)
      27. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Sultra (http://akpol.ac.id/sultra.polri.go.id)
      28. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Sulsel (http://akpol.ac.id/sulsel.polri.go.id)
      29. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Maluku (http://tribratanews.maluku.polri.go.id/)
      30. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Maluku Utara (https://malut.polri.go.id)
      31. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Papua Barat (http://papuabarat.polri.go.id/)
      32. Pendaftaran Akpol Kepolisian Daerah Papua (http://papua.polri.go.id/)
      Tahapan Seleksi Tingkat Pusat

      1. Pemeriksaan Administrasi (penilaian secara kualitatif)
      2. Pemeriksaan Kesehatan  (penilaian secara kualitatif)
      3. Tes psikologi dengan metode wawancara (penilaian secara kualitatif) menyanggupi syarat (MS) apabila nilai tamat minimal 61
      4. Pendalaman Penelusuruan Mental Kepribadian (PMK) (penilaian secara kualitatif)
      5. Tes kesamaptaan jasmani (samapta A, B, dan C) dengan analisa secara kualitatif, dan Pemeriksaan anthropometri (penilaian secara kualitatif). Memenuhi syarat (MS) apabila nilai batas lulus (NBL) 41,00 dengan masing-masing item tes tidak terdapat nilai “0”.
      6. Tes akademik (TPA & Bahasa Inggris) memakai metode Computer Assisted Test (CAT) (penilaian secara kuantitatif)
      7. Pemeriksaan performa (penilaian secara kuantitatif)
      8. Sidang terbuka kelulusan tingkat pusat

      Baca: Puluhan Trik dan Tips Lulus Akpol

      D. Jadwal Pendaftaran Calon Taruna/Taruni Akpol 2022

      1. Pendaftaran, tanggal 30 Maret s.d 18 April 2022
      2. Verifikasi kandidat dan dokumen, tanggal
      3. Penandatangan pakta integritas & sumpah panitia, kandidat beserta orang tua/wali, tanggal
      4. Pemeriksaan tata kelola permulaan (ukur tinggi dan berat,oleh Tim Rikmin, Rikkes, Uji Jasmani), tanggal
      5. Pengumuman dan kirim hasil, tanggal
      6. Pemeriksaan kesehatan tahap I, tanggal
      7. Pengumuman & kirim hasil, tanggal
      8. Pemeriksaan psikologi tahap I,
      9. Kirim hasil, tanggal
      10. Uji akademik, tanggal
      11. Kirim hasil, tanggal
      12. Uji jasmani & antropometri, tanggal
      13. Uji TKK Bakomsus (keterampilan & perilaku), tanggal
      14. Kirim hasil, tanggal
      15. Persiapan sidang mengikuti Rikkes II, tanggal
      16. Sidang penentuan mengikuti Rikkes II, tanggal
      17. Pemeriksaan kesehatan tahap II, tanggal
      18. PMK & Rikpsi tahap II, tanggal
      19. Pemeriksaan tata kelola akhir, tanggal
      20. Pengumuman & kirim hasil, tanggal
      21. Persiapan sidang, tanggal
      22. Sidang lulus tingkat Panda, tanggal
      23. Kirim hasil, tanggal
      24. Calon Taruna tiba di Akpol Semarang, tanggal
      25. Buka Diktuk Akpol, tanggal
       

      E. Tata Cara Pendaftaran Online Akpol 2022


      Apabila kalian akan mendaftar Akpol , silahkan laksanakan pendaftaran dengan mengikuti alur pendaftaran menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah ini.

      Sebelum mengerjakan pendaftaran online Akpol 2022 silahkan unduh dan lengkapi berkas persyaratan pendaftaran pada link berikut ini.

      1). Silahkan login di: http://penerimaan.polri.go.id/

      Maka akan timbul laman menyerupai pada gambar di bawah ini.Silahkan pilih suguhan “daftar” menyerupai pada bulat merah di bawah.

      Selanjutnya silahkan pilih suguhan pendaftaran “Taruna Akpol” seperti pada pada gambar di bawah ini.

      Maka akan timbul laman menyerupai pada gambar di bawah ini.

      Silahkan klik menu “Informasi Persyaratan”  seperti kotak merah pada gambar di atas untuk membaca persyaratan Akpol 2022
       

      Selanjutnya silahkan laksanakan pendaftaran dengan mengklik suguhan “Daftar” pada kotak biru gambar di atas ini.

      Maka akan timbul formulir pendaftaran. Silahkan isi data secara lengkap dan benar.

      Sebelum mengerjakan pendaftaran online silahkan lengkapi berkas persyaratan pendaftaran.

      Silahkan unduh pada gambar word yang tersedia pada formulir pendaftaran (Gambar word menyerupai yang ditunjukan pada kotak biru gambar di bawah ini)

      Selain itu proses verifikasi berkas ke Polda/Polres optimal cuma 3 hari dari tanggal mendaftar.

      Apabila 3 hari belum mengerjakan verifikasi ke Polda/Polres maka data otomatis akan dihapus.

      Ada beberapa data yang perlu kalian isi dalam formulir pendaftaran, yaitu:


      1. Data Diri Peserta

      Data diri peserta meliputi

      • NIK (Sesuaikan Pada NIK Kartu Keluarga)
      • Waktu Penerbitan E-KTP (Sesuaikan)
      • Nama Lengkap (Sesuaikan dengan Nama di Ijazah)
      • Tinggi (Sesuaikan)
      • Berat (Sesuaikan)
      • Suku (Sesuaikan)
      • HP (Gunakan No HP Calon Peserta yang Masih Aktif)
      • Email (Gunakan Alamat Email yang Masih Aktif)
      • Prestasi (Silahkan Isi Prestasi yang Kalian Pernah Dapatkan)
      • Bahasa Daerah (Bahasa Apa Saja yang Bisa Kalian Kuasai Baik Aktif maupun Pasif)
      • Bahasa Asing (Bahasa Asing yang dikuasasi Baik Aktif maupun Pasif)
      • Foto 4×6 dengan Background Merah dan Kemeja Putih (silahkan unggah pada suguhan Telusuri)

      2. Data Pendidikan Peserta

      Data Pendidikan dimulai dari Pendidikan SD (SD), Pendidikan Sekolah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

      Adapun yang perlu diisi adalah:

      Pendidikan Sekolah Dasar

      1. Nama Sekolah SD
      2. Kota
      3. Provinsi
      4. Tahun
      5. Nila UN

      Data pendidikan SD menyerupai pada gambar di bawah ini.

      Pendidikan Sekolah Menengah Pertama

      1. Nama Sekolah SMP
      2. Kota
      3. Provinsi
      4. Tahun
      5. Nilai UN

      Data pendidikan SMP menyerupai pada gambar di bawah ini.

      Pendidikan Sekolah Menengah Atas

      1. Nama Sekolah SMA
      2. Pendidikan Umum (Pilih SMA/MA)
      3. Jurusan (Pilih Jurusan IPA/IPS)
      4. Kota
      5. Provinsi
      6. Tahun
      7. Nilai UN (Bagi lulusan tahun 2022 diisi 0 (nol)
      8. Rata-rata nilai raport kelas XII Semester 1

      Data pendidikan Sekolah Menengan Atas menyerupai pada gambar di bawah ini. 

      3. Data Ayah

      Data Ayah yang perlu diisi adalah:

      1. Nama
      2. Tanggal Lahir (Masukan pada form yang tersedia)
      3. Agama (Silahkan pilih Agama)
      4. Nomor HP
      5. Kelompok Pekerjaan
      6. Jenis Pekerjaan
      7. Golongan/Pangkat
      8. Jabatan
      9. Nama Kantor
      10. Alamat Kantor
      11. Status (Masih Hidup atau Sudah Meninggal)

      Data pendidikan Ayah menyerupai pada gambar di bawah ini.

      4. Data Ibu
      Data Ibu sama dengan data Ayah yang perlu diisi

      5. Data Wali (Jika Ada Wali)
      Data Wali diisi apabila memakai data Wali. Silahkan diisi sesuai dengan form pendaftaran.

      Data Wali sama dengan data Ayah dan data Ibu

      6. Data Pendaftaran

      1. Polda (silahkan pilih Polda sesuai dengan kawasan Pendaftar masing-masing)
      2. Polres (Silahkan pilih Polres di Wilayah masing-masing/Jika Pendaftar di Polda tidak perlu memutuskan pilhan Polres/Ta/Tabes) 

      Data Pendaftaran menyerupai pada gambar di bawah ini.

      7. Data Akun Sosial Media
      Perkembangan teknologi yang sungguh pesat merasa penting dalam pendaftaran Akpol perlu diisi data sosial media.

      Akun sosial media yang perlu diisi adalah:

      1. Facebook
      2. Twitter
      3. Instagram
      4. Sosial Media Lainnya (Selain ketiga diatas)

      Data Akun Media Sosial menyerupai pada gambar di bawah ini.

      7. Konfirmasi Pendaftaran
      Kode Verifikasi (Silahkan Masukkan Kode Verifikasi yang tersedia)

      Kode Verifikasi menyerupai pada gambar di bawah ini.

      Selanjutnya silahkan klik suguhan “Selanjutnya” Seperti kotak merah pada gambar di bawah ini.

      8. Upload Data Pendukung

      9. Catat/Cetak Kartu Peserta

       

      10. Konfirmasi Pendaftaran di Polda/Polres sesuai dengan data yang dimasukkan pada poin 6.

      Verifikasi sanggup dijalankan secara online dengan mengupload dokumen ke situs web dan menanti verifikasi oleh panitia, tetapi apabila verifikasi online terlalu usang silahkan laksanakan verifikasi secara offline.

      Pada dikala tiba di Polda/Polres lokal dihentikan diwakilkan (datang sendiri) dengan menjinjing hasil cetak form pendaftaran online dan berkas administrasi, dan mengerjakan pengukuran tinggi dan berat badan, serta mengerjakan perekaman tampang (face recognition).

      Bagi yang sukses mengerjakan verifikasi online tetap mengerjakan pengukuran tinggi dan berat tubuh di Polda/Polres.

      Berkas Administrasi

      1. KTP Asli dan FC yang sudah dilegalisir Disdukcapil setempat
      2. KK Asli dan FC yang sudah dilegalisir Disdukcapil lokal (KK yang sudah ada Barcodenya tidak perlu dilegalisir)
      3. Akte Kelahiran Asli dan FC yang sudah dilegalisir Disdukcapil lokal (ada Barcodenya tidak perlu dilegalisir)
      4. Ijazah dan Transkip Nilai (Asli dan FC) tingkat SD,SMP,dan SMA/sederajat (ada Barcodenya tidak perlu dilegalisir)
      5. SKCK Asli dan FC yang sudah dilegalisir oleh Polres setempat
      6. Pas foto berwarna sebanyak 4×6 dengan latar belakang warna merah (10 lembar)
      7. Surat perjanjian orang tua/wali (unduh di https://penerimaan.polri.go.id) dan foto copy
      8. Surat tuntutan menjadi angota Polisi Republik Indonesia (ditulis tangan) dan fotokopi
      9. Surat pernyataan belum pernah menikah (dan fotokopi)
      10. Daftar riwayat hidup (hasil cetak form pendaftaran pada dikala pendaftaran online) dan fotokopi
      11. Surat perjanjian ikatan dinas pertama anggota Polisi Republik Indonesia (dan fotokopi)
      12. Surat perjanjian tidak terikat perjanjian dengan instansi lain (dan fotokopi)
      13. Surat perjanjian orang tua/wali untuk berbincang pemberitahuan dan dokumen yang bahwasanya (dan fotokopi)
      14. Surat pernyataan peserta dan orang tua/wali untuk tidak mengerjakan KKN dan gunakan sponsorship atau ketebelence (dan fotokopi)
      15. Surat pernyataan tidak mendukung atau berpartisipasi dalam organisasi atau paham yang berlawanan dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika
      16. Surat pernyataan tidak mengerjakan perbuatan yang melanggar norma agama,norma kesusilaan,norma sosial, dan norma hukum

      Berkas formulir tata kelola di atas silahkan unduh https://penerimaan.polri.go.id/

       
      Selengkapnya silahkan unduh info pendaftaran Akpol 2022 di https://penerimaan.polri.go.id

      Itulah serangkaian info wacana Pendaftaran Online Taruna/I AKPOL Tahun 2022, semoga postingan ini berfaedah buat kita semuanya, terutama bagi kandidat pelamar Akpol. 
       
      Admin doakan supaya kalian dimudahkan oleh Allah SWT dari proses pendaftaran hingga dengan proses seleksi, sehingga diterima atau lulus menjadi Taruna/Taruni Akpol. Aamiin !!!

      Sumber : http://penerimaan.polri.go.id

      Motivasi Situs! 

      Salam Sukses dari Admin, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia !!!

      Lihat juga :  Daftar Sekolah Tinggi Tinggi Negeri/Swasta Di Sumatera Utara

      Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/
      Pendaftaran.net