Pada artikel postingan yang lebih dulu hadir di Blog ini, saya sering menyinggung atau bahkan menyebut tentang 5C. Sayangnya, sehabis saya amati lagi artikel postingan saya terdahulu, ternyata belum ada sekalipun saya bercerita tentang 5C tersebut.

Pada artikel postingan yang lebih dulu hadir di Blog ini PRINSIP 5C DALAM KREDIT || PROSES KREDIT A - Z
Prinsip Credit

Dana Cair

Jadi, Kali ini saya akan menjajal mengupas sedikit terhadap Sahabat Infokreditbank apa itu 5C dan bagaimana citra penerapan nya pada Proses Pengajuan Kredit kita di Lembaga Keuangan (Bank, Multi Finance, dll)

Dana Cair

Meskipun “kabarnya” di sekarang ini telah ada 6C, tetapi alasannya yaitu sampai saya berhenti Bekerja di Bank masih 5C yang digunakan, maka saya cuma bisa menjabarkan yang 5C. 5C ini ialah abreviasi dari :

1. Character
2. Capacity
3. Collateral
4. Capital
5. Condition

Dana Cair

Kita akan diskusikan satu persatu dari kelima C tersebut;

Lihat juga :  Baru!!! Pengumuman Hasil Seleksi Snmpn 2022/2023

1. CHARACTER

Character ini yaitu Karakter dalam Bahasa Indonesia, Karakter yang dimaksud disini yaitu Karakter atau Kepribadian dari si kandidat debitur (peminjam). Bagian ini penting untuk mengukur KEMAUAN BAYAR seorang kandidat Debitur yang hendak menjadi Debitur. Cara penelitian nya yaitu lewat acara Cek Karakter, untuk tehnis Cek Karakter sendiri itu berlainan beda tergantung Bank masing masing

2. Capacity

Capacity (Ind : Kapasitas) yaitu pengukuran atau perkiraan SOR (Source Of Revenue) si Calon debitur, perkiraan ini ditangani untuk menyaksikan seberapa besar Kemampuan Bayar si Calon Debitur atas Pinjaman yang di ejekan nya. Nah untuk Kapasitas ini telah pernah saya diskusikan di beberapa artikel sebelumnya, yaitu pada artikel SOR, Kemampuan Bayar dan Istilah Istilah dalam kesanggupan Bayar kandidat Debitur.

3. Collateral

Collateral ini yaitu Jaminan yang di ejekan si Calon Debitur untuk menjamin hutang atau kredit yang di ejekan nya. Collateral ini sering disebut juga dengan Jaminan dan Agunan. Jaminan ini sendiri terbagi atas berbagai jenis dan juga tingkatan. Postingan lengkap nya ada disini

4. Capital

Jika kita lihat dari Bahasa nya, selain dari kata equity, capital di artikan (dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia) selaku Modal. Kaprikornus yang dimaksud pada point ini yaitu Modal Dasar atau Modal Inti dari Sebuah Usaha. Spesifik nya lagi yaitu Modal Inti yang tidak akan di utak atik terkecuali kondisi mendesak, jadi bukan Modal Belanja harian ya.
Lalu jikalau Calon Debitur nya yaitu seorang karyawan atau Pegawai ?? Maka point ini digantikan dengan Tabungan atau Dana Rencana yang dimiliki oleh si Calon Debitur

5. Condition

Condition ini yaitu Bahasa Inggris yang memiliki arti Kondisi. Lalu kondisi apa yang di maksud disini ?
Kondisi Usaha atau Pekerjaan si Calon Debitur di masa datang, untuk mengenali nya bisa di laksanakan dengan Metode Wawancara atau Perhitungan yang bersifat Proyeksi ke Masa Depan.
Perlu dikenali juga dengan adanya beberapa Segmen atau Line Of Business (LOB), maka pada prakteknya ada LOB yang tidak menggunakan keseluruhan 5C tersebut. Seperti Segmen Kredit Mikro dan Konsumen (Consumer Loan), dimana pada Segmen atau LOB ini cuma menggunakan cuma 3C dengan melupakan Capital dan Condition karena untuk kerja keras usaha yang mencakup UMK (Usaha Mikro dan Kecil) masih banyak yang tak punya Capital dan Condition nya juga tidak sanggup di hitung.

Dana Cair


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/